Jangan Salah Kelola Media Sosial Toko Online-mu! Cek Tipsnya

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini kegiatan berjualan dan berbelanja online semakin marak dilakukan masyarakat Indonesia, terutama semenjak Indonesia berperang melawan pandemi COVID-19. Platform online yang digunakan untuk berjualan pun beragam. Namun biasanya online seller menggunakan lebih dari satu platform agar jangkauan penjualan semakin luas. Jika jangkauan penjualan luas, maka peluang peningkatan penjualan pun semakin besar.

Salah satu platform online yang sering digunakan oleh online seller untuk berjualan adalah media sosial. Penggunaan media sosial yang dinilai lebih mudah dan praktis, menjadikan online seller memilih berjualan di media sosial, selain itu masyarakat Indonesia juga lebih suka berbelanja melalui media sosial. Tentu hal tersebut menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan penjualan toko online-mu.

Meskipun begitu, ternyata penggunaan media sosial juga tidak bisa dianggap remeh, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pengelolaan media sosial yang baik tentu akan memberikan hasil yang efektif, terkait hubungannya dengan berjualan online. Nah, supaya kamu tidak salah mengelola media sosial toko online-mu, simak tipsnya di bawah ini.


1.  Sesuaikan dengan Target Audience

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah target audience. Kenalilah siapa yang menjadi target audience-mu. Saat kamu sudah mengetahui target audience-mu, kamu bisa menyesuaikan konten dengan kesukaan dan kebutuhan mereka.

Saat kamu sudah paham akan target audience-mu, maka hal-hal yang kamu lakukan terkait penjualan akan jauh lebih efektif. Misalnya, saat kamu mengeluarkan biaya untuk beriklan, kamu tidak akan membuang uangmu secara sia-sia dengan menargetkan calon pelanggan yang tidak tertarik atau tidak membutuhkan produkmu. Itu sebabnya, penting bagi kamu mengetahui bagaimana target audience-mu.

Mengenal target audience juga akan membantumu membuat promosi yang menarik dan tepat sasaran. Kamu hanya perlu menyesuaikan promosi dengan insight para calon pelangganmu.


2. Tampilan Visual yang Menarik

Mata manusia senang dimanjakan dengan visual yang menarik. Itu sebabnya, penting untuk membuat desain yang menarik. Desain ini bukan hanya mencakup konten saja, tetapi juga logo toko online-mu serta tampilannya secara keseluruhan.

Jika toko online-mu memiliki warna khas, maka kamu bisa memakai warnanya sebagai warna utama untuk desain-desain konten toko online-mu. Tujuannya adalah untuk membuat toko online-mu terlihat lebih konsisten dan profesional. Memiliki warna khas akan menguatkan branding toko online-mu.


3. Mengundang Interaksi

Interaksi dengan pelanggan merupakan bentuk komunikasi yang paling penting. Semakin banyak kamu berinteraksi dengan pelanggan, semakin mudah untukmu mengenal dan memahami mereka. Selain itu, mereka akan lebih mudah percaya terhadap toko online-mu.

Buatlah konten-konten yang bisa mengundang interaksi, seperti selalu menyelipkan CTA di akhir caption unggahanmu. Jika kamu menggunakan media sosial instagram, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur di story yang mengundang sebuah interaksi, seperti quiz, QnA, ataupun polling. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa membuat acara atau hal menarik yang bisa memunculkan interaksi, seperti konten menghibur tebak-tebakan, permainan, serta giveaway.

Konten tebak-tebakan atau konten permainan yang menghibur lainnya biasanya akan mudah menarik perhatian pelanggan, karena konten tersebut ringan dan bisa dijadikan bahan refreshing untuk pelanggan. Juga, jika kamu memanfaatkan hashtag sebaik mungkin, maka kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, bahkan calon pelanggan. Gunakanlah hashtag-hashtag terkait untuk memudahkan kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang.


4. Konten Bervariasi

Tidak semua konten media sosial toko online harus diisi dengan konten jualan. Terkadan kamu juga harus menyelinginya dengan konten lain. Jika akun toko online-mu hanya berisi jualan saja, maka pelanggan akan mudah bosan. Selain itu, konten yang beragam akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan untuk mengunjungi akun toko online-mu. 

Kamu bisa membuat konten-konten menarik yang disesuaikan dengan toko online-mu. Misalnya, jika kamu menjual produk fashion, kamu bisa membuat konten “outfit of the day ala toko online-mu”. Selain pelanggan mendapat inspirasi, hal tersebut akan berdampak baik juga untuk toko online-mu, karena pelanggan akan lebih tertarik dan sering mengunjungi akun toko online-mu.

Konten-konten lain yang menarik juga bisa kamu coba, seperti konten edukasi, quotes, zodiak, tips dan trik, tutorial, video, dan konten yang menghibur (games atau trivia). Kamu juga bisa membuat konten-konten yang sesuai dengan keadaan saat ini, apa yang saat ini sedang booming atau ramai dibicarakan. Pasalnya, dengan konten tersebut kamu bisa mendapat impresi yang tinggi dari pelanggan, dan bahkan calon pelanggan yang mungkin bukan merupakan target market-mu.


5. Maksimalkan Hashtag

Seperti yang diketahui, penggunaan hashtag di media sosial memiliki pengaruh yang besar untuk sebuah konten. Hashtag akan memudahkan pelanggan menemukan unggahanmu. Semakin relevan hashtag yang kamu gunakan, peluang tersebar luasnya pun akan membesar.

Hashtag-hashtag yang kamu gunakan sebaiknya sesuai dan terkait dengan unggahanmu. Selain itu, perhatikan juga berapa jumlah hashtag tersebut sudah digunakan, semakin banyak penggunaan hashtag tersebut, maka jangkauan penjualanmu akan semakin luas juga.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan hashtag, karena meskipun penggunaannya gratis dan mudah, penggunaan hashtag yang berlebihan juga akan beresiko buruk. Itu sebabnya, kamu harus bijak dalam menggunakan hashtag. Manfaatkan sebaik mungkin hashtag dengan wajar.


6. Posting Teratur

Konten-konten yang kamu buat, sebaiknya diunggah secara teratur agar terlihat lebih rapi. Konten yang diunggah secara teratur akan menjaga impresi dan interaksi dengan pelanggan. Tujuan dari mengunggah konten secara teratur adalah agar pelangganmu mengetahui bahwa akun toko online-mu aktif.

Biasanya, saat pelanggan melihat-lihat unggahan akun toko online, pelanggan akan melihat tanggal diunggahnya. Jika kamu terlalu lama sudah tidak mengunggah konten, maka pelanggan akan berpikir akunmu sudah tidak aktif. Pelanggan jadi malas untuk melanjutkan melihat-lihat akunmu. Hal tersebut tentu tidak boleh terjadi, maka dari itu, tetaplah mengunggah konten-konten secara teratur.

Jika kamu merasa berat untuk mengunggah sebuah konten setiap hari, kamu bisa memanfaatkan fitur story untuk tetap menjaga impresi dan interaksi dari pelanggan. Misalnya, kamu mengunggah konten di hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, maka di hari lainnya, kamu bisa membuat story untuk tetap menjaga interaksi dengan pelanggan meskipun tidak ada unggahan konten.


7. Evaluasi Setiap Bulan

Untuk menjadikan akun media sosial toko online-mu semakin baik, sebaiknya lakukan evaluasi bulanan secara rutin. Evaluasi bertujuan agar apa yang kurang dari akun toko online-mu bisa dijadikan lebih baik, dan yang sudah baik bisa dipertahankan, atau bahkan dibuat semakin lebih baik.

Waktu sebulan adalah waktu yang paling ideal untuk mengevaluasi akun toko online-mu, karena jika kamu mengevaluasi setiap minggu, hal tersebut akan melelahkan dan kurang efektif. Jika mengevaluasi diatas sebulan sekali pun terlalu lama, mungkin kamu akan melewatkan kesempatan baik untuk menjadikan akun toko online-mu menjadi lebih baik.

Kamu bisa memanfaatkan fitur analytics untuk memudahkan proses evaluasi. Kamu bisa melihat unggahan mana yang berpotensi baik untuk dikembangkan dan dipertahankan dan unggahan mana yang sebaiknya tidak kamu lanjutkan. Kamu juga bisa mengevaluasi dari segi desain, isi, maupun fungsinya. 


Ternyata, mengelola media sosial toko online tidak semudah kelihatannya ya. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan agar akun media sosial toko online-mu bisa semakin lebih baik lagi. Kamu tidak punya cukup waktu untuk mengelola media sosial toko online-mu? Kamu bisa serahkan sosmedmu ke Halosis Social Media Team.

Tim profesional Halosis yang telah berpengalaman dalam membantu online seller berjualan bisa membantumu mengelola akun sosmed toko online-mu. Mulai dari membuat konten (termasuk desain & caption), posting, memasang Ads, dan masih banyak lagi. Tim Sosmed Halosis juga akan membantu akun OL Shopmu mendapat lebih banyak followers dan menaikkan engagment.

Tertarik dengan jasa kami? Kamu bisa melihat detail service dan harga paket yang tersedia dari Halosis Social Media Team di sini.

Leave a Reply