4 Alasan Wajib Beriklan Kalau Mau Jualan Efektif

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini, penggunaan iklan sebagai media promosi toko online semakin marak, baik untuk toko online yang sudah besar maupun yang masih kecil.

Media iklan yang paling dekat dengan online seller adalah media elektronik dan media sosial. Karena itu memasang iklan di media sosial adalah langkah pertama dan paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk beriklan. Saat ini beriklan di media sosial sangatlah mudah dan efektif karena bisa disesuaikan dengan target pasarmu.

Tidak hanya sebagai media promosi, beriklan juga bisa membuat brand toko online-mu lebih dikenal. Itu sebabnya, penting bagi kamu untuk membuat sebuah iklan. Ingin tahu mengapa kamu wajib beriklan? Yuk, simak alasan dan pembahasannya di bawah ini.


1.  Membangun Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan menjadi kunci utama agar jualan online-mu lebih baik. Dengan adanya rasa percaya, pelanggan akan lebih mudah memutuskan untuk membeli produk toko online-mu.

Salah satu cara membangun rasa percaya tersebut adalah dengan memasang iklan. Semakin sering iklan produk atau pun toko online-mu muncul, maka brand-mu akan terlihat semakin meyakinkan di mata calon pelanggan baru.

Jika kepercayaan pelanggan sudah terbangun, kamu akan semakin mudah untuk memenangkan hatinya. Jika pelanggan puas dengan pembelian pertama yang dia lakukan di toko online-mu, besar kemungkinan dia akan melakukan repeat order. Jika kamu beruntung, pelanggan bahkan bisa saja memberikan testimoni positif secara sukarela.


2. Memperluas Jangkauan Penjualan

Dengan beriklan kamu bisa memperluas jangkauan penjualanmu. Mengapa demikian? Karena iklan bisa menyasar target yang lebih luas dibanding mempromosikannya hanya melalui feed media sosial atau marketplace. Jika target yang disasar bisa lebih luas, maka penjualanmu pun bisa meningkat dan tentu akan membuat penjualanmu lebih efektif.

Kamu bisa menyasar target tertentu, misalnya jika ada calon pelangganmu yang merupakan target pasarmu hanya saja berada di luar kota, kamu bisa menjangkaunya melalui iklan. Bahkan, kamu bisa menyasar target dari luar negeri juga, jika memang dirasa cocok dengan target market-mu, tentunya dengan bentuk penyampaian yang disesuaikan, misalnya: menggunakan bahasa internasional.


3. Ampuh Membujuk Calon Pelanggan

Iklan juga bertujuan untuk membujuk pelanggan agar membeli produk jualanmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot memberitahu pelangganmu satu persatu untuk membeli produkmu. Bahkan, calon pelangganmu pun bisa mengetahui produkmu dan kemungkinan tertarik untuk membelinya.

Agar pelanggan bisa tertarik dengan iklanmu, kamu harus memperhatikan dari segi desain. Kemaslah iklanmu sesuai dengan target market-mu, jika target market-mu adalah anak muda, maka buatlah desain yang seanak muda mungkin. Mulai dari pemilihan warna, elemen pendukung, juga copywritingnya. Buat pelanggan dan calon pelanggan yang melihat iklanmu tertarik untuk setidaknya mengunjungi toko online-mu, namun tentu harapan tertingginya untuk membeli produkmu.

Jenis iklan persuasif atau yang bersifat mengajak adalah iklan yang meyakinkan pelanggan terkait informasi yang terdapat dalam iklanmu. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih meyakinkan pelanggan, seperti penggunaan kata ayo, mari, cobalah, nikmatilah, dan masih banyak lagi.


4. Memudahkanmu Menyampaikan Value Produk

Seperti yang diketahui, bahwa iklan memiliki fungsi untuk menginformasikan sesuatu terkait toko atau produk jualanmu kepada pelanggan atau calon pelanggan. Pelanggan akan lebih tertarik saat membaca keuntungan yang akan didapatkannya. Itu sebabnya, kamu bisa menginformasikan tentang value produkmu kepada pelanggan melalui iklan.

Selain membuat pelanggan mengetahui value produkmu, kamu juga membuat pelanggan mengetahui apa saja manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan saat membeli produk jualanmu. Hal ini tentu menguntungkan bagimu juga bagi pelanggan. Kamu bisa memperlihatkan kelebihanmu yang bisa menjadi nilai tambah bagi pelanggan dan meningkatkan rasa ketertarikan pelanggan untuk membeli.


Itu dia 4 alasan kamu wajib beriklan kalau ingin jualanmu efektif. Banyak produk yang bisa sukses terjual laris berkat penggunaan iklan. Apalagi jika kamu ingin memperkenalkan produk baru kepada pelanggan, agar informasi mengenai produk barumu tersampaikan lebih efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply