4 Tips Jadi Toko Online yang Terpercaya

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini jumlah keberadaan toko online semakin meningkat. Jumlahnya yang semakin banyak menjadikan persaingan di dunia online shop juga semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini pun menjadikan pelanggan juga jadi semakin selektif dalam memilih toko online.

Kalau kamu mau pelanggan memilih toko online-mu untuk berbelanja, kamu harus pastikan tokomu memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Untuk memulainya, kamu bisa melakukan dengan langkah kecil. Misalnya dengan memberikan perhatian khusus bagi pelanggan, mendahulukan kepentingan pelanggan, dan memperlakukan pelanggan sebaik mungkin.

Agar kamu semakin tahu bagaimana cara menjadikan toko online-mu terpercaya, langsung saja simak tipsnya di bawah ini ya.


1. Pakai Real Picture untuk Promosi

Hal pertama yang harus diperhatikan agar menjadi toko online yang terpercaya adalah memiliki foto asli produk jualan. Dengan memiliki foto produk yang asli, maka kamu telah membangun kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan adalah kunci agar toko online-mu memiliki citra yang baik.

Tak jarang pelanggan yang menanyakan foto produk asli, karena mereka ingin memastikan bahwa toko online tersebut bukan penipu. Originalitas dalam sebuah foto produk akan mengikis keraguan pelanggan. Selain itu, dengan adanya foto produk asli, pelanggan akan lebih tertarik berbelanja di toko online-mu, karena produknya telah tersedia. 


2. Jangan Buat Pelanggan Menunggu

Dalam hal apapun jangan membuat pelanggan menunggu, baik chat pelanggan, pesanan, kritik, atau pun saran. Semaksimal mungkin, kamu harus selalu merespon pelanggan dengan cepat. Jika respon kamu cepat, maka kemungkinan komunikasimu dengan pelanggan akan berjalan lancar.

Saat komunikasi berjalan lancar, kamu membuka peluang pemesanan. Karena pada dasarnya, setiap pelanggan menginginkan mendapat pelayanan yang terbaik dan tidak ingin menunggu. Apalagi jika pelanggan menunggu terlalu lama, hal tersebut tidak akan baik terhadap penilaian toko online-mu. 


3. Terima Kritik dan Saran Pelanggan

Jika kamu mendapat kritik atau keluhan dari pelanggan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerimanya. Setelah kamu membacanya dengan baik-baik, kamu dapat menanggapi kritik atau saran tersebut. Jika berisi tentang keluhan, maka kamu bisa meminta maaf sebelumnya, lalu berikan penjelasanmu. 

Gunakanlah kata-kata yang nyaman untuk didengar dan sopan. Saat mendapatkan kritik dengan kata-kata yang kurang baik, jangan langsung terbawa emosi, tetap perlakukan pelanggan dengan baik. Selain itu, jika mendapatkan saran dari pelanggan, ucapkanlah terima kasih atas perhatian dan kesediaannya memberikan saran untuk menjadikan toko online-mu lebih baik lagi.


4. Tunjukkan Testimoni Positif

Testimoni menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan. Testimoni yang positif akan membangun kepercayaan pelanggan. Dengan adanya testimoni baik dari pelanggan akan mencerminkan bahwa toko online-mu bisa dipercaya dan terjamin.

Misalnya, kamu bisa menunjukkan testimoni tersebut melalui akun media sosial toko online-mu. Namun, perlu diingat bahwa testimoni tersebut benar adanya dan jujur. Jangan pernah sekali-kali mencoba untuk membuat testimoni palsu, karena hal tersebut tentu akan merusak kepercayaan pelanggan yang berdampak juga pada citra toko online.  

Testimoni memiliki dampak yang cukup besar dalam mempengaruhi keputusan pelanggan. Saat ini, rata-rata pelanggan lebih percaya pada sebuah produk setelah melihat referensi dari pelanggan lain. Artinya, bahwa ada bukti nyata tentang produk tersebut yang diakui oleh pelanggan lain.


Nah, itu dia tadi tips-tips menjadi toko online yang terpercaya. Gimana, kamu sekarang jadi lebih tahu dong cara supaya pelanggan mempercayai toko online-mu? Penting untuk diingat, bahwa untuk menjadi toko online yang terpercaya, kontribusi dari pelanggan sangat besar. Mulailah dari membangun kepercayaan pelanggan, maka toko online-mu bisa menjadi toko online yang terpercaya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply