4 Tips Ampuh Bikin Pelanggan Repeat Order

Halosis.co.id, Jakarta – Istilah repeat order atau pemesanan kembali sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama di kalangan online seller. Setiap online seller tentu ingin pelanggannya melakukan repeat order karena membuat penjualannya terus meningkat. Namun, untuk membuat pelanggan melakukan repeat order tentu harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pelanggan, misalnya saja melalui pelayanan toko online-mu.

Pelanggan selalu ingin mendapatkan pelayanan terbaik di setiap pembeliannya. Faktanya, memberikan pelayanan yang baik akan membuat reputasi toko online-mu dikenal baik juga oleh pelanggan dan terpercaya. Selain itu, pelanggan jadi mengetahui bahwa kerjamu bagus dan tentu akan memberikan testimoni yang baik, kamu juga telah membangun kepercayaan terhadap pelanggan. Hal tersebut adalah hal-hal yang mempengaruhi peluang pelanggan melakukan repeat order. 

Terjadinya repeat order bukan semata-mata hanya karena keinginan pihak pelanggan, tapi juga ditunjang dengan pelayanan yang baik dari online seller. Dengan memaksimalkan setiap pelayananmu terhadap setiap pelanggan ternyata mampu memperbesar peluang pelanggan melakukan pembelian berikutnya. Nah, untuk memberikan pelayanan yang terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk, langsung saja simak tipsnya di bawah ini.


1. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan menjadi pondasi utama pelanggan dapat melakukan repeat order. Jagalah kepercayaan pelanggan dengan selalu meresponnya dengan baik dan selalu berkata jujur. Usahakan untuk selalu membalas chat pelanggan dengan cepat, dan tentu dengan respon yang baik. Berlaku ramahlah terhadap pelanggan, misalnya kamu bisa menyelipkan emot senyum dalam setiap percakapan. 

Selain itu, kejujuran juga sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Jika mungkin ada kesalahan yang kamu lakukan, jangan malu untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf pada pelanggan. Misalnya mungkin kamu memberikan pesanan pelanggan dengan warna yang tidak sesuai dengan yang dipesan, katakanlah pada pelanggan yang sejujurnya mengapa hal tersebut dapat terjadi. Pelanggan akan lebih suka saat kamu berkata jujur, daripada berusaha menutupi kesalahan. Jangan sesekali membuat pelanggan sampai marah.


2. Ajak Jadi Member

Saat menjadi member suatu tempat berbelanja, biasanya akan ada beberapa keuntungan yang didapatkan yang orang di luar anggota tidak bisa dapatkan. Karena pelanggan pun menginginkan keuntungan, maka kamu bisa mengajaknya menjadi member. Misalnya saja, kamu memberikan potongan 5% setiap kelipatan Rp50.000, atau mendapatkan poin member yang dapat ditukarkan dengan barang nantinya. 

Dengan adanya hal tersebut, besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian berikutnya, karena ada poin yang ingin dikumpulkan. Ini bukan hanya menguntungkan pihak pelanggan saja, tapi sebagai online seller yang memberikannya pun kamu mendapatkan keuntungan, karena pelanggan tersebut melakukan repeat order. 

3. Berikan Hadiah

Menangkan hati pelanggan dengan membuatnya senang. Salah satu caranya adalah memberikan kejutan bagi mereka. Setiap pelanggan senang jika mendapatkan sebuah hadiah atau kejutan, meskipun bukan suatu kejutan yang besar dan mewah, namun tetap dapat memberikan kesan dalam hati pelanggan.

Misalnya, kamu bisa menyelipkan hadiah kecil saat mengirim orderan pelanggan, atau kamu bisa memberikan voucher belanja untuk dapat digunakan di pembelian selanjutnya. Bukan hanya itu saja, memberikan kejutan atau hadiah pada pelanggan bisa membuat pelanggan mempromosikan produkmu lho dan bahkan memberikan testimoni baik tanpa harus diminta. 


4. Berikan Kesan Pertama Terbaik pada Pelanggan

Kesan pertama pelanggan dalam pengalaman jual-beli di toko online-mu sangat penting dan cukup mempengaruhi psikologi pelanggan untuk melakukan pembelian berikutnya. Berikan kesan pertama yang terbaik pada pelanggan, misalnya dari hal yang terkecil terlebih dahulu, seperti dalam hal membalas chat yang sudah dibahas pada poin pertama, selanjutnya dalam ketepatan waktu pengiriman. Jika pengirimanmu bisa tepat waktu, pelanggan akan senang, apalagi jika pengirimanmu lebih cepat dibanding waktu estimasinya, pasti pelanggan akan mengapresiasi pelayananmu. 

Meskipun kamu mengirmkan pesanan dengan waktu yang cepat, tetapi kamu tidak boleh lupa untuk tetap memperhatikan keamanan produkmu ya. Pastikan packing-an yang kamu buat sudah rapi, aman, dan terjamin. Ingat, pelanggan sangat memperhatikan keamanan pesanannya dan bagaimana kualitas produkmu, jadi pastikan pesanan yang dikirim terjaga, sehingga pelanggan puas. 


Nah itu dia 4 tips supaya pelanggan melakukan repeat order. Gimana nih, pengalaman kamu mengenai repeat order dari pelanggan? Apakah berkat salah satu tips di atas? Yang terpenting, sebagai online seller kamu juga harus bisa menciptakan faktor agar pelanggan mau melakukan repeat order ya, tentu dengan memberikan pelayanan terbaik. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply