4 Tips Ampuh Menulis Caption Instagram yang Menarik

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini instagram bisa dikatakan sebagai media sosial yang paling populer di dunia. Hampir seluruh negara menggunakan media sosial tersebut. Tercatat dalam sebuah penelitian, bahwa Indonesia menjadi negara ke-4 di dunia dengan jumlah pengguna instagram terbanyak, yakni sebesar 56 juta pengguna. Angka tersebut setara dengan 20,97% dari total populasi penduduk. 

Tidak hanya berfungsi sebagai wadah berkomunikasi, media sosial instagram juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Kini instagram sudah banyak digunakan untuk tujuan bisnis seperti berjualan online. Tampilan instagram yang sangat menonjolkan visual ternyata sangat disukai dan menunjang untuk kegiatan jual beli.

Selain visual, ada satu hal penting lain yang tidak kalah penting, untuk menunjang kegiatan berjualan di instagram, yaitu caption. Kamu yang sudah menggunakan instagram, pasti tidak asing dengan kata caption. Caption adalah deskripsi keterangan dari foto yang kamu unggah. 

Caption sangatlah penting dalam menunjang visual iklan sekaligus membuat orang tertarik untuk mmebeli produkmu. Karena itu, menulis caption tidak boleh sembarangan. Caption yang bagus adalah caption yang mampu membuat pelanggan ingin membaca sampai akhir dan akhirnya membeli produkmu.

Jadi bagaimana kamu sebaiknya menulis caption? Yuk, simak tips ampuh menulis caption instagram yang menarik di bawah ini!


1. Buat Beberapa Alternatif

Jangan pernah menyepelekan caption, karena faktanya, caption bisa menjadi salah satu faktor orang bisa tertarik melihat sebuah iklan di instagram. Oleh sebab itu, sebaiknya saat kamu menulis sebuah caption jangan terburu-buru untuk mengunggahnya. 

Buatlah beberapa alternatif caption. Terkadang, untuk mendapatkan ide menulis caption instagram yang menarik tidak selalu bisa dengan cepat muncul di pikiran kita. Seringkali juga ide tersebut muncul secara tiba-tiba. Nah, maka dari itu agar caption instagrammu bisa membuat pelanggan tertarik melihat iklanmu, sebaiknya kamu membuat beberapa alternatif caption, hal ini juga membantu kamu mendapatkan hasil yang terbaik.

Setelah kamu membuat beberapa alternatif, kamu bisa menilainya dengan membacanya seolah-olah kamu adalah pelanggan. Jika kamu merasa ada banyak hal yang tidak kamu mengerti, atau kamu merasa informasi yang ada belum lengkap, maka caption yang kamu buat belum menjadi caption yang terbaik.


2. Pentingnya 5 Kata Pertama

Untuk membuat pelanggan mau membaca dibutuhkan hal yang dapat menarik perhatian dalam waktu yang cepat. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang juga harus dipikirkan saat kamu menulis caption instagram untuk jualanmu. Karenanya, kata-kata awalan dari caption-mu harus dibuat semenarik mungkin, setidaknya pada 5 kata pertama.

Karena 5 kata pertama tersebut penting, maka kamu harus pintar-pintar memilih penggunaan katanya. Mengapa harus 5 kata pertama? 5 kata pertama menentukan, apakah pelanggan akan melanjutkan membaca caption-mu dan memperhatikan iklanmu. Karena itu, gunakanlah kata-kata yang familiar dengan target pasarmu.


3. Ajak Pelanggan Berinteraksi

Caption yang baik bersifat dua arah yang melibatkan pengunggah dengan audience. Dalam hal berjualan, tentu saja komunikasi ini melibatkan kamu sebagai online seller dengan pelanggan. Jika komunikasi dua arah, maka berarti keduanya saling berinteraksi. Bukalah kesempatan untuk pelanggan dapat berinteraksi denganmu.

Sebagai contoh, kamu bisa menulis ajakan untuk berdiskusi atau pertanyaan yang masih berhubungan di akhir caption. Dengan begitu, kamu akan lebih dekat dengan pelanggan dan memungkinkan pelanggan untuk membeli produkmu.


4. Gunakan Kata yang Catchy

Setelah memperhatikan tips-tips di atas, tips lain yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan kata yang catchy. Seperti pada poin kedua, bahwa 5 kata pertama sangatlah penting, maka hal tersebut juga dipengaruhi oleh penggunaan katanya. Pilihlah kata-kata yang menarik perhatian pelanggan.

Kamu bisa menggunakan kata-kata yang saat ini sedang sering digunakan, hal tersebut akan mempermudah pelanggan atau calon pelangganmu melihat unggahanmu terlihat menarik. Kamu juga bisa menyesuaikan penggunaan kata-katamu dengan target marketmu. Jika taget marketmu adalah milenial, maka kamu mungkin bisa menggunakan kata-kata yang tidak asing di telinga mereka, seperti : “kuy (dari kata yuk), sabi (dari kata bisa), atau mantul (mantap betul). 


Nah, itu dia tips-tips ampuh menulis caption instagram yang menarik. Gimana, ada tips yang sudah kamu coba belum? Yuk, dicoba tipsnya, yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa mengemas iklanmu dengan menggunakan pemilihan kata yang menarik dan tepat, sehingga peluang usahamu bisa semakin besar.  

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply