5 Jenis Konten Interaktif Buat Ningkatin Engagement di Media Sosial

Halosis.co.id, Jakarta – Di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat Indonesia dihimbau untuk tetap tinggal di rumah. Kamu sebagai online seller tentu sudah tidak kaget dengan fenomena ini karena sudah terbiasa bekerja dari rumah.

Namun fenomena ini mungkin sangat baru untuk orang-orang yang belum terbiasa bekerja dari rumah. Akibatnya, orang-orang semakin aktif dan menghabiskan waktu lebih lama di media sosial untuk mencari kesibukan atau sekadar mengusir rasa bosan. Hal ini tentu saja tidak boleh kamu pergunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan penjualanmu.

Bagaimana caranya? Dengan membuat konten interaktif melalui media sosial. Untuk menarik perhatian pelanggan, kamu harus memancing mereka untuk berinteraksi dengan akun IG toko online-mu terlebih dahulu. Kamu sudah tahu belum jenis konten interaktif apa saja yang bisa bikin engagement meningkat? Yuk, langsung aja simak selengkapnya di bawah ini:


1. Siaran Live di Instagram dan Facebook

Saat ini penggunaan fitur live streams sangat booming di Instagram dan Facebook. Fitur ini sering dijadikan online seller untuk memperkenalkan produk terbaru pada pelanggan atau memperlihatkan cara dan perawatan produk. Selain itu, akun-akun besar juga sering menggunakan fitur ini untuk berbincang-bincang atau mengadakan permainan.

Kamu sangat bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjalin interaksi dengan pelangganmu dengan memperlihatkan audience produk-produk yang kamu jual. Dengan begini, bahkan audience yang belum mengenal online shop-mu pun bisa lebih mengetahui produkmu,. Selain itu, bisa juga dengan membuka sesi tanya jawab agar pelanggan lebih mengenal brand-mu. 


2. Fitur Kuis di Instastory

Kamu sudah pernah coba fitur kuis di Instastory kamu? Fitur ini juga sangat bagus untuk digunakan membangun interaksi dengan pelanggan. Kuis menjadi fitur instagram story yang paling disukai karena memberikan sensasi menyenangkan jika kamu berhasil menebak jawaban yang tepat.

Selain fitur kuis, masih ada fitur question, polling, comment, dan chat yang bisa kamu manfaatkan. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan jenis pertanyaan yang mau kamu berikan. Tidak hanya bisa membuat kuis yang berkaitan dengan produkmu, kamu juga bisa membuat pertanyaan-pertanyaan yang bisa membantumu lebih mengenal karakter pelangganmu.


3. Quotes

Quotes menjadi konten yang selalu menarik dan berpeluang mendapatkan engagement tinggi. Buatlah konten quotes yang mudah untuk dibagikan pelanggan. Misalnya, kamu bisa sesuaikan quote yang bisa memotivasi keadaan yang saat ini sedang terjadi.

Kamu bisa menambahkan visual yang sederhana tapi manis agar semakin banyak orang yang tertarik dan me-like postinganmu. Sangat mudah untuk mengedit posting semacam ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi editing yang kualitasnya bagus, sebagai contoh kamu bisa menggunakan aplikasi canva untuk membuat quotes yang shareable. Kamu bisa mengunggahnya di feed maupun story Instagram atau Facebook.


4. Infografis

Tampilannya yang eye-catching membuat infografis menjadi salah satu jenis konten interaktif yang menarik. Selain tampilannya yang menarik, infografis juga berisi fakta atau data yang informatif yang bisa menambah pengetahuan pelanggan. Konten ini biasanya sering dibagikan kembali oleh pelanggan.

Buatlah infografis yang menarik dan unik dan berkaitan dengan brad-mu. Misalnya infografis mengenai penggunaan internet di Indonesia. Kamu bisa menggunakan aplikasi canva jika belum terbiasa membuat infografis. Carilah info-info yang menarik juga dibarengi dengan visual yang menarik. Infografis ini bisa kamu unggah di Instagram.


5. Adakan Kontes

Selanjutnya, jenis konten interaktif yang bisa bikin penjualanmu lebih efektif adalah kontes. Konten ini selalu melibatkan audience dan berhasil menarik engagement. Kamu bisa membuat kontes yang menarik dan seru, tidak perlu berhadiah mewah atau mahal, jika kontes buatanmu menarik dan seru sekalipun hadiahnya tak seberapa, audience akan lebih tertarik untuk mengikutinya.

Misalnya kamu bisa memberikan kontes seperti : like dan komen untuk menangkan hadiahnya, berikan alasan di kolom komentar semenarik mungkin dan tag teman, upload untuk menang, atau berikan caption untuk menang. Kamu bisa menggunakan platform instagram untuk mengunggah konten ini.


Nah,itu dia beberapa jenis konten interaktif yang bisa ningkatin engagement. Gimana? Kamu jadi terinspirasi untuk mencoba konten tersebut? Yang terpenting adalah bagaimana kamu mengemas konten yang kamu buat melalui fitur yang ada dan dengan platform yang tentunya tepat juga. Dengan begitu, maka kamu akan menarik banyak engagement dan membuka peluang penjualan yang lebih efektif dan maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply