Kenapa Konten Video Penting untuk Akun Media Sosial Toko Online?

Halosis.co.id, Jakarta – Konten media sosial bisa terbagi menjadi dua jenis. Ada konten yang berupa gambar biasa dan ada juga konten berbentuk video. Masing-masing konten memiliki keunggulan dan peran yang berbeda di media sosial. Namun saat ini, konten video adalah jenis konten yang lebih disukai.

Konten video yang menarik dan inspiratif, bisa akan mengundang banyak penonton. Peluang pelanggan membagikan unggahanmu tersebut pun akan lebih besar. Dengan begitu, akun media sosial toko online-mu dapat dikenal lebih luas. Hal ini tentu juga bisa menambah calon pelanggan untuk toko online-mu. Semakin banyak orang yang tertarik dengan kontenmu, maka akan semakin banyak peluang penjualanmu.

Itu sebabnya, konten video untuk akun media sosial toko online-mu memiliki peran penting untuk penjualanmu. Karena hal tersebut memberikan efek domino. Efek ini akan berdampak baik untuk penjualanmu lho. Supaya kamu lebih paham apa pentingnya konten video untuk akun media sosial toko online-mu, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Meningkatkan Engagement

Engagement yang tinggi akan memberikan dampak baik untuk akunmu. Semakin tinggi engagement berarti semakin banyak orang yang berkunjung ke akun OL shop-mu. Itu tandanya semakin besar peluangmu untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Selain itu, konten video juga bisa memicu interaksi dengan audience karena lebih dinamis dan lebih bisa menarik. Biasanya konten-konten yang bisa memicu interaksi adalah konten yang banyak dibicarakan. Misalnya konten yang berhubungan dengan situasi sekarang, seperti COVID-19 atau new normal life. Bukan hanya itu saja, kamu bisa membuat konten video yang menyentuh emosi, atau juga bisa disesuaikan dengan target marketmu.


2. Menyegarkan Tampilan Akun Media Sosialmu

Seperti yang diketahui, pelanggan akan bosan jika konten akun toko online-mu hanya tentang berjualan saja. Karena itu, penting untuk memberikan sentuhan menarik dan segar dengan variasi konten video. Konten video bisa memberikan tampilan yang berbeda pada akun media sosial toko online-mu, itu sebabnya penting untuk membuat konten video. Tampilan yang menarik dan baru akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan, bahkan calon pelanggan yang juga melihat.

Calon pelanggan yang mengunjungi toko online-mu mungkin tidak akan langsung membeli produk jualanmu, tetapi setidaknya, ia sudah mengetahui bagaimana toko online-mu, apa produk yang kamu jual, dan jika suatu saat tertarik, ia akan menjadi pelanggan toko online-mu.


3. Bisa dijadikan Sebagai Media Promosi

Membuat konten di luar konten berjualan juga tetap bisa dijadikan sebagai media promosi lho. Pengemasan yang berbeda, yaitu dengan bentuk video, bisa juga menjadi alat promosi yang efektif. Promosi tersebut bisa secara langsung dibuat ataupun dipicu oleh faktor luar.

Promosi yang secara langsung dibuat adalah jika kamu membuat konten berjualan, namun mengemasnya dalam bentuk video. Sebagai contoh, kamu bisa membuat video testimoni dari beberapa pelangganmu, atau bisa juga video yang membahas tentang produk jualanmu, namun dengan metode soft-selling, jadi dibangun melalui sebuah cerita, tidak secara langsung mempromosikannya.

Selain itu, konten videomu bisa saja tidak berkaitan dengan penjualan, tapi tampilannya menarik, atau memberikan informasi yang penting, atau juga bisa menginspirasi penonton, maka penonton akan dengan mudah membagikan konten videomu tersebut. Hal ini tentu merupakan sebuah promosi yang dipicu dari faktor luar, yaitu pelanggan.

Tanpa harus mempromosikannya, pelanggan akan dengan mudah dan senang hati akan membagikan konten videomu jika dirasa bermanfaat baginya.  Dengan begitu, kamu tidak usah repot meminta orang lain untuk mempromosikannya, karena pelanggan akan menarik calon pelanggan untuk setidaknya berkunjung ke toko online-mu, walaupun tujuan awalnya hanya untuk melihat konten video tersebut. Namun, siapa yang tahu jika mungkin nanti calon pelanggan tersebut akan tertarik juga dengan produk jualanmu dan mencoba membelinya.


4. Memicu Interaksi dengan Pelanggan

Konten yang mendapat banyak comment serta like, secara tidak langsung akan terpromosikan dengan sendirinya, artinya, unggahan tersebut akan lebih banyak ditayangkan di media sosial, terutama di beranda akun pengguna yang sesuai dengan target marketnya. Konten video bisa menjadi salah satu konten yang dapat memicu interaksi dengan pelanggan.

Hal ini bukan semata-mata untuk meningkatkan tayangan kontenmu saja lho, tetapi membangun komunikasi dengan pelanggan juga. Pasalnya, komunikasi dengan pelanggan menjadi hal yang sangat penting, karena dari komunikasilah bisa tercipta transaksi jual-beli. Selain itu, jika komunikasimu dengan pelanggan baik, hal tersebut juga menjadi langkah awal yang baik.

Pelanggan akan merasa lebih nyaman membeli di sebuah toko online jika komunikasi dengan online sellernya pun nyaman. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat konten yang bisa memicu interaksi dengan pelanggan. Kamu jadi bisa lebih paham bagaimana pelangganmu, dan tentu kamu bisa menjadikan toko online-mu lebih baik lagi berdasarkan insight dari pelanggan yang kamu dapatkan. 


Nah itu dia pentingnya konten video untuk akun media sosial toko online-mu. Dari sebuah konten video, kamu tidak hanya bisa menghibur pelanggan tapi bahkan juga bisa meningkatkan penjualan toko online-mu. Namun bagaimanapun, bukan hanya konten video saja yang bisa membantu meningkatkan penjualanmu. Ada faktor lain juga yang berperan, seperti pelayanan toko online. Jika keduanya sudah maksimal, dapat dipastikan penjualanmu bisa semakin maksimal.

Kabar baiknya, saat ini kamu bisa berjualan online lebih mudah dan maksimal dengan menggunakan aplikasi Halosis. Ada banyak fitur-fitur aplikasi Halosis yang mempermudah berjualan online, seperti: manajemen order 24 jam, hitung ongkir otomatis, laporan penjualan, dan masih banyak lagi. Kamu cuma perlu registrasi untuk bisa langsung pakai aplikasi Halosis. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website Halosis atau hubungi kami lewat Instagram.

Leave a Reply