5 Tips Optimalkan Konten Jualan di Bulan Ramadhan

Halosis.co.id, Jakarta –  Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti-nantikan umat Muslim sepanjang tahun. Bulan ini tidak hanya membawa berkah untuk orang-orang yang merayakan, tapi juga untuk orang-orang yang berjualan online.

Faktanya, transaksi online saat Ramadhan bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan transaksi online di bulan biasa. Terlebih lagi, Ramadhan tahun ini akan terasa berbeda karena kita masih berjuang melawan pandemi COVID-19. Itu artinya, pembelian secara online akan semakin meningkat, tidak hanya karena bulan Ramadhan tapi juga karena saat ini seluruh kegiatan berbelanja lebih dianjurkan secara online.

Kesempatan emas karena peningkatan pembelian secara online ini tentu harus dibarengi dengan strategi pemasaran digital yang baik. Nah, sebagai seorang pedagang online, kamu tentu tahu kalau konten adalah jantung pemasaran digital. Karena itu, kamu harus bisa memaksimalkan konten promosi produk untuk meningkatkan penjualan bulan ini.

Bagaimana sih cara mengoptimalkan konten yang efektif dalam berjualan online di bulan Ramadhan? Yuk, langsung simak aja tipsnya di bawah ini!


1. Buat Giveaway Lewat Kuis atau Game

Untuk menarik minat pelanggan saat bulan Ramadhan, kamu bisa mengadakan giveaway. Kamu bisa memberikan hadiah berupa produk yang kamu jual sebagai giveaway tersebut. Selain untuk mempromosikan produkmu, kamu bisa mendapatkan testimonial jujur dari pelanggan yang mendapat giveaway tersebut.

Giveaway dapat dilakukan lewat sebuah kuis atau game. Misalnya, kamu bisa membuat tebak-tebakan, atau yang saat ini sedang tren yaitu tangkap sesuatu. Biasanya, dibagian caption akan ada keterangan berupa peraturan untuk pelanggan dapat mengikuti giveaway tersebut. Sebagai contoh, pelanggan diminta follow akun medsos toko online-mu terlebih dahulu dan menyukai postingan giveaway tersebut. Lalu kamu bisa menambahkan keterangan agar audience menulis jawabannya di kolom komentar dan mengajak teman untuk ikut berpartisipasi.


2. Perbanyak Konten Video

Faktanya menarik lainnya, saat bulan Ramadhan pelanggan lebih sering menonton video. Konten video menjadi salah satu konten yang paling dicari dan diminati selama bulan Ramadhan. Selain video dengan tema-tema religius, konten video masak-masak, makan, serta tutorial make up juga ikut meningkat.

Kamu bisa memanfaatkan ketertarikan orang akan video dengan mulai membuat konten video. Karena selain bisa meningkatkan traffic di mesin pencarian, konten video juga dianggap ampuh untuk meningkatkan engagement. Untuk memulai, kamu bisa membuat video sederhana menggunakan tiktok yang saat ini sedang tren.


3. Posting Konten Saat Prime Time

Selain harus membuat konten yang menarik, kamu juga harus memperhatikan waktu tayang konten yang kamu buat. Akan sangat disayangkan kalau konten yang sudah kamu buat dengan baik tidak bisa menjangkau banyak pelanggan potensial karena kamu salah waktu posting. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan waktu melakukan promosi di medsos.

Dilansir oleh Google, prime time media sosial saat Ramadhan adalah di waktu istirahat siang. Di waktu ini pengunjung media sosial meningkat drastis selama bulan Ramadhan. Kamu tentunya tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini dengan memposting konten di waktu ini. Faktanya, pelanggan sangat suka berdonasi dan memberikan like untuk postingan di jam-jam ini.


4. Optimalkan Promosi Secara Online dan Offline

Promosi bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Jika biasanya kamu berpromosi melalui media sosial saja atau secara online, kamu bisa juga lho melakukan promosi secara offline. Sebagai contoh, kamu bisa menawarkan produkmu dari mulut ke mulut saat sedang ada perkumpulan, atau buka bersama.

Promosi yang dilakukan bersamaan secara online dan offline akan lebih maksimal hasilnya. Namun, promosi yang dilakukan sebaiknya tidak bersifat hard-selling, cobalah memulainya dari sebuah percakapan yang bisa disambungkan dengan promosi produk jualanmu. Karena, biasanya pelanggan akan malas mendengarkan jika promosi terlalu kelihatan seperti beriklan. 


5. Fokuskan Pemasaran ke Segmentasi Keluarga

Saat bulan Ramadhan, kamu pasti bisa melihat banyak iklan di televisi yang menampilkan potret keluarga. Hal ini sangat tepat dilakukan karena bulan Ramadhan ini identik dengan waktu berkumpul keluarga. Idul fitri selalu identik dengan mudik dan berkumpul bersama keluarga.

Oleh sebab itu akan baik jika konten promosi memang dibuat untuk menyasar keluarga sebagai target pasarnya. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan promosi product bundle untuk keluarga, misal baju anak dan orangtua, atau tas anak dan sepatu dewasa.


Nah itu tadi 5 tips mengoptimalkan konten jualan saat bulan Ramadhan. Sekarang kamu jadi lebih paham dong, yang terpenting kamu harus mengerti dan paham betul kondisi yang sedang terjadi saat ini. Saat kamu membuat konten yang berhubungan dengan kondisi yang terjadi, maka kontenmu akan lebih optimal dan menarik lebih banyak engagement.
Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply