5 Promo Paling Dicari di Bulan Ramadhan

Halosis.co.id, Jakarta – Bulan Ramadhan menjadi sangat ditunggu-tunggu bukan hanya karena disebut bulan yang penuh berkah, tetapi juga promo Ramadhan yang begitu melimpah. Pelanggan sangat menyukai promo, dan salah satu momen yang tepat untuk memberikan promo pada pelanggan adalah di bulan Ramadhan.

Mengingat akan merayakan Hari Besar, bulan Ramadhan menjadi bulan untuk berburu hal-hal yang dibutuhkan maupun diinginkan, agar bisa memberikan penampilan terbaik di Hari Raya. Dengan adanya fakta tersebut, maka permintaan pun meningkat, dan ini adalah peluang besar untuk meningkatkan penjualanmu. Untuk menjadikan penjualanmu meningkat dengan maksimal, kamu bisa menggunakan metode pendukung, salah satunya melalui promo.

Promo yang diberikan akan menarik perhatian pelanggan untuk membeli produkmu. Ada beberapa promo yang paling dicari pelanggan saat bulan Ramadhan. Nah, kalau kamu memberikan promo yang paling dicari pelanggan, maka kemungkinan penjualanmu akan meningkat. Yuk, simak promo apa saja yang paling dicari oleh pelanggan saat bulan Ramadhan di bawah ini.


1. Diskon

Promo pertama yang sangat dicari pelanggan saat bulan Ramadhan adalah diskon. Diskon akan memberikan kesan bahwa penawaran yang kamu berikan sangat menguntungkan bagi para pelanggan. Berikanlah potongan harga khusus untuk pelanggan tertentu, terutama yang berbelanja lebih banyak.

Diskon juga biasanya efektif untuk dijadikan promosi yang menarik perhatian calon pelanggan. Calon pelanggan mungkin tertarik untuk mencoba produk karena harganya yang sedang murah. Namun, jika produkmu bermanfaat dan dirasa baik, maka pelanggan akan melakukan repeat order.

Kalau kamu baru pertama kali mengadakan diskon, kamu bisa coba memberikan diskon up to ..% dengan yarat dan ketentuan tertentu. Misalnya untuk mencapai diskon maksimal up to 40%, maka diskon produk-produk yang kamu jual bisa mencapai maksimal 40%.


2. Flash Sale

Waktu yang terbatas atau dalam sebuah periode tertentu menjadikan flash sale  lebih menarik. Trik yang digunakan pada promo ini adalah siapa cepat dia dapat. Adanya hal tersebut tentu akan semakin mendorong pelanggan untuk segera membeli produkmu.

Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan juga sebelum kamu memberikan flash sale yaitu waktunya. Pastikan waktu flash sale yang kamu adakan sudah sesuai dengan waktu luang target pasar. Sebagai contoh, di bulan Ramadhan ini adalah momen yang tepat untuk mengadakan flash sale, namun waktu yang dipilih sangat penting, misalnya setiap pemesanan di jam 17.00-19.00, karena dalam waktu tersebut biasanya pelanggan banyak bermain media sosial dan sering mengecek promo sebuah toko online.


3. Promo Bundling

Promo bundling adalah promo yang menggabungkan beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih ekonomis. Hal ini sangat dicari pelanggan saat bulan Ramadhan, karena kebutuhan untuk hari Raya. Misalnya, kamu menjual produk fashion, kamu bisa memberikan promo bundling gamis dan kerudung, sehingga mampu menarik pelanggan untuk membeli karena produk tersebut saling mendukung.

Atau mungkin bisa juga kamu membuat promo bundling dengan mencampur produk best seller dengan produk yang kurang populer supaya semuanya bisa terjual habis


4. Cashback

Pada dasarnya promo cashback mirip dengan promo diskon, karena sama-sama memberikan potongan harga. Hanya saja, promo ini memberikan potongan tersebut dengan mengembalikannya kepada pelanggan, biasanya akan dikembalikan melalui virtual account atau e-wallet.

Promo cashback yang diberikan oleh toko online biasanya juga bisa berupa potongan pada pembelian selanjutnya. Jadi, di pembelian selanjutnya pelanggan akan mendapatkan potongan senilai dengan cashback yang didapatkan. Promo ini bukan hanya menguntungkan bagi pelanggan saja, tetapi juga kamu sebagai penjual online. Jika pelanggan mendapat keuntungan karena pembeliannya lebih murah, maka kamu mendapatkan keuntungan customer loyalty, karena pelanggan akan melakukan repeat order untuk dapat menggunakan promo cashback ini. 


5. Bonus Produk

Satu lagi promo yang paling dicari pelanggan saat bulan Ramadhan, yaitu bonus produk. Promo ini memungkinkan pelanggan mendapatkan bonus produk saat pembelian produk-produk tertentu. Bonus produk dapat berupa produk yang sama atau juga produk yang masih saling berkaitan. Misalnya, jika kamu menjual sepatu, maka bonus produknya bisa berupa kaos kaki.

Selain itu, pemberian bonus pada pelanggan harus dilakukan secara terpisah dari produk utama agar pelanggan melihat perbedaannya. Jika seandainya toko lain menjual celana dan sabuk seharga Rp200.000,- , maka kamu bisa tetap menjual celana dan sabuk tersebut dengan harga yang sama namun dengan fokus perhatian berbeda, yaitu menjual celana seharga Rp200.000,- dengan bonus sabuk. Pada intinya memanglah sama, namun dengan kata bonus dan pemisahan dari produk utama, pelanggan akan lebih tertarik.

Cara lainnya, kamu bisa memberitahukan pelanggan bahwa akan ada bonus menarik pada produk yang sudah ditentukan. Kamu tidak perlu memberitahu pelanggan apa bonus yang akan mereka dapatkan, tawarkanlah dengan kata yang semenarik mungkin, contohnya: dapatkan hadiah menarik untuk pembelian kaos ini! 


Nah, itu dia tadi promo-promo yang paling dicari oleh pelanggan selama bulan Ramadhan. Kamu berencana untuk memberikan promo yang mana nih? Yang mana pun, kamu tentu harus memperhatikan apa saja yang harus dipersiapkan, serta memastikan bahwa waktu yang ditentukan sesuai dengan waktu target pasarnya. 

Selain membuat promo-promo di atas, kamu juga bisa meningkatkan performa jualan online-mu dengan menggunakan aplikasi Halosis lho. Aplikasi Halosis juga punya fitur untuk mengatur promo yang tentunya akan mempermudah kamu membuat promosi khusus untuk pelanggan-pelangganmu. Gimana, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera GRATIS

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply