5 Cara Tingkatkan Loyalitas Konsumen Online Shop

Konsumen yang loyal adalah salah satu aset berharga dari sebuah usaha.
Gambar: https://www.franchiseindia.com/gallery/how-to-ensure-customer-loyalty-for-your-business.10856

Halosis.co.id, JakartaMembangun sebuah loyalitas konsumen merupakan hal yang sulit dalam menjalankan online shop. Customer online shop biasanya cenderung mudah bergonta-ganti toko dalam berbelanja. Namun bukan berarti loyalitas tidak bisa dibangun. Loyalitas bisa didapatkan dengan beragam strategi. Simak beberapa cara dari Halosis berikut, yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

1. Menghargai Konsumen

Ketika kamu menghargai konsumen, kamu juga akan dihargai oleh konsumen.
Gambar: http://nihonscope.com/etiquette-in-japan/japanese-bowing-etiquette-101-crash-course/

Salah satu kunci untuk mendapatkan loyalitas konsumen, adalah dengan menghargai mereka. Siapapun yang menjadi konsumen tokomu, dan berapapun banyaknya dia berbelanja, kamu harus memperlakukannya dengan baik. Dengan menghargai konsumen, kamu sudah menanamkan bibit loyalitas terhadapnya. Sesekali, mintalah juga feedback ataupun saran dari konsumenmu. Konsumen akan semakin merasa dihargai, ketika pendapatnya didengarkan. 

2. Memberikan Sentuhan Personal

Sentuhan personal akan membuat konsumen merasa nyaman berbelanja di tokomu.
Gambar: https://www.thepackagingcompany.us/knowledge-sharing/10-e-commerce-packaging-tips-customer-orders/

Cara yang kedua, yang tak kalah pentingnya adalah memberikan sentuhan personal. Memberikan sentuhan personal berarti kamu membangun sebuah kedekatan komunikasi dengan pelanggan. Saat berkomunikasi dengan customer, usahakan menggunakan bahasa yang nyaman dan personal. Memiliki template chat memang baik, tapi jangan sampai template yang kamu miliki membuatmu seperti robot. Dalam chatting, pastinya konsumen menginginkan komunikasi dua arah, yang mirip dengan komunikasi antara teman. Selain itu, rajin-rajinlah untuk follow up customer, supaya mereka merasa diperhatikan. 

3. Membuat Membership

Membuat membership juga akan membuat branding tokomu semakin kuat.
Gambar: https://sail420.com/2017/01/19/time-to-renew-your-membership/

Saat online shop yang kamu jalankan sudah cukup besar, kamu bisa membuatkan membership untuk para pelanggan setiamu. Dalam membership itu, kamu bisa memberikan penawaran-penawaran menarik, yang hanya bisa didapatkan hanya jika menjadi member. Atau kamu juga bisa sesekali mengadakan event dengan para member. Berawal dari membuat member, jika semakin besar, kamu bahkan bisa membuat komunitas untuk pelanggan loyal yang sudah kamu miliki. 

4. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

Kualitas adalah alasan nomor satu orang belanja di tokomu.
Gambar: https://www.lynda.com/Project-Management-tutorials/Project-Management-Foundations-Quality/159186-2.html

Cara berikutnya adalah dengan terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan toko onlinemu. Dengan meningkatkan kualitas produk, akan semakin banyak orang yang ingin membeli produkmu. Kalau kamu terus meningkatkan kualitas, maka orang dengan sendirinya akan berdatangan. Pelayanan yang baik juga akan membuat orang betah untuk berbelanja di tokomu. Karena itu, selalu berikan pelayanan yang terbaik pada seluruh konsumenmu.

5. Membuat Inovasi

Inovasi akan membuat usahamu tetap hidup.
Gambar: https://tradinginsider.fr/2019/02/great-innovation-great-marketing/

Cara yang terakhir adalah dengan selalu berinovasi. Hadirkanlah produk-produk baru secara berkala, dan selalu berikan inovasi baru. Inovasi akan semakin menghidupkan tokomu. Kalau kamu hanya menghadirkan produk yang itu-itu saja, lama-kelamaan orang akan menjadi bosan. Karena itu, teruslah berinovasi untuk menghadirkan sesuatu pada tokomu. Inovasi yang kamu buat bisa dalam bentuk produk baru, metode pembayaran baru, kemudahan baru, atau konten-konten menarik baru. Ikutilah trend yang sedang berkembang, dan jangan mau kalah dengan kompetitormu.


Itulah dia beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Ingatlah selalu, bahwa pembeli adalah raja. Kalau kamu mau usahamu semakin maju, maka buatlah konsumen loyal padamu. Jangan biarkan pelanggan tokomu berpindah ke toko lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



1 comment

  1. 5 Strategi Menghadapi Persaingan Online Shop – Halosis Blog

    […] Strategi yang terakhir adalah menjaga loyalitas pelanggan. Mendapatkan pelanggan baru mungkin adalah sesuatu yang mudah, tapi menjaga agar pelanggan lama tetap loyal merupakan pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Supaya customer tetap setia pada toko onlinemu, buatlah keanggotaan khusus, dan berikan promo menarik kepada mereka. Ini akan sangat membantumu untuk setia pada toko online milikmu. […]

Leave a Reply