Tips Berbisnis Kuliner Online

Halosis.co.id, Jakarta – Bisnis online memang tidak ada batasnya, dari produk fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga makanan. Usaha kuliner juga bisa dijual online, bahkan hal ini sangat disarankan karena market pasar dari bisnis kuliner sangat tidak terbatas. Awalnya memang terlihat susah, karena konsumen tidak bisa menyentuh dan merasakan makanan secara langsung. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mendirikan bisnis kuliner online:

 

Punya Kesan Pertama Yang Menarik

Sebetulnya tidak hanya bisnis kuliner saja yang membutuhkan hal ini, tapi semua bisnis online harus memberikan kesan menarik untuk pertama kali. Salah satu caranya adalah melalui foto makanan yang ditawarkan, oleh sebab itu pasanglah foto maknan semenarik mungkin, Anda juga bisa menampilkan foto kegiatan produksi di toko Anda. Usahakan untuk sealu menggunakan beresolusi tingi untuk foto makanan Anda, jika dibutuhkan sewalah jasa fotografer khusus makanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Tentukan Menu Andalan

Jika memiliki berbagai jenis toko makanan di toko online Anda, tentukan menu andalan Anda. Anda bisa menunggah foto beriskan menu andalan tersebut dan berikan juga testimonial dari beberapa konsumen yang sudah pernah mencoba menu tersebut. Hal ini akan menjadi perhatian bagi konsumen yang ingin membeli produk Anda.

 

Deskripsikan Makanan Yang Dijual

Menjual makanan secara online membuat konsumen tidak bisa mencicipi atau merasakan bagaimana makanan Anda, salah satu cara untuk bisa menciptakan imajinasi tentang produk kepada konsumen adalah melalui deskripsi produk yang Anda cantumkan, tuliskan juga deskripsi secara umum tentang produk dan apa keunggulannya. Anda bisa mencantumkan bahan yang ada di dalam makanan tersebut, tapi jika resep merupakan hal yang tidak seharusnya dibagikan, Anda tidak perlu menuliskan deskripsi bahan secara detail. Tulislah deskripsi produk semenarik mungkin, ciptakan emosi konsumen Anda sehingga mereka ingin member produk Anda.

 

Memanfaatkan Sosial Media

Sosial media memegang peranan penting dalam proses promosi dan penjualan produk, terutama untuk toko online. Gunakan foto dan deskripsi produk yang menarik, Anda juga bisa memberikan tag kepada teman di sosial media, usahakan tag orang yang berbeda-beda untuk setiap foto.

 

Selalu Buat Inovasi

Dalam bisnis kuliner, Anda harus selalu membuat inovasi baru bukan hanya berkaitan dengan makanan, tapi juga strategi penjualan. Anda bisa mencari referensi mengenai resep masakan baru yang sedang digemari oleh masyakarat, Anda harus mampu membaca lingkungandi masyarakat dan mengetahui apa yang masyarakat inginkan. Jangan pernah berhenti berinovasi.

Leave a Reply