5 Tips Menulis Deskripsi Produk yang Menarik Minat Konsumen

Deskripsi produk harus informatif dan menarik untuk calon pelanggan.
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id, JakartaDeskripsi produk mungkin terlihat sebagai hal yang sepele. Namun deskripsi sebenarnya sangat penting dan bisa mempengaruhi minat seseorang untuk membeli produk. Dalam penulisan produk, pastikan calon pembeli mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dengan kalimat sesingkat-singkatnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat deskripsi produk yang bisa membuat penjualanmu closing.

1. Jelaskan Manfaat dan Kelebihan Produk

Cantumkan manfaat dan kelebihan produkmu, yang mungkin tidak dimiliki toko lain.

Yang paling utama yang harus kamu cantumkan dalam deskripsi produk adalah manfaat dan kelebihan produk. Kamu harus memberikan alasan, kenapa orang harus membeli barang jualanmu. Selain itu, kamu juga harus menonjolkan setidaknya satu keunggulan produkmu dibandingkan dengan produk orang lain. Dengan ini, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli.

2. Tuliskan dengan Singkat dan Persuasif

Buat deskripsi singkat, padat, jelas, tapi tetap menarik.

Walau harus memberikan banyak informasi, deskripsi produk tidak boleh terlalu panjang. Usahakan untuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan pemilihan kata yang persuasif dan tidak membosankan. Membuatnya mungkin memakan waktu, tapi hasilnya bisa membuat penjualan tokomu naik.

3. Cantumkan Variasi Warna dan Ukuran

Cantumkan ukuran untuk menghindari komplain pelanggan, yang punya ekspektasi ukuran yang berbeda.

Walaupun sudah ada foto produk, kamu tetap harus memasukkan varian ukuran dan warna. Informasi ini juga akan membantu kamu yang hanya memiliki satu foto, padahal memiliki banyak varian warna. Info ini juga sangat berguna untuk customer yang mungkin malas membaca atau men-scroll kembali ke atas. Dalam mencantumkan variasi warna dan ukuran, kamu bisa menggunakan tabel, agar memudahkan orang untuk membacanya.

4. Tips Penggunaan atau Perawatan

Tips penggunaan atau perawatan akan membuat tokomu terlihat lebih informatif dan profesional.

Berikutnya, yang sebaiknya ada dalam deskripsi produk adalah tips penggunaan atau perawatan produk. Tips ini sebaiknya kamu cantumkan, agar kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menjelaskannya secara personal, kalau ada yang bertanya mengenai ini. Dengan mencantumkannya, orang dengan mudah akan mengetahui cara penggunaan dan perawatannya. 

5. Jangan Lupa Keywords

Tambahkan tags yang sesuai dengan produk.

Kalau kamu berjualan di marketplace, jangan lupa isi keywords yang sesuai dengan produk. Keywords ini akan sangat membantu performa SEO tokomu. Pilihlah keywords yang populer dan bisa mewakili produk secara keseluruhan. Saat membuatnya pakailah sudut pandang seseorang yang ingin membeli. Pikirkan, kata-kata yang akan mereka gunakan, kalau mereka ingin mencari produk, seperti yang kamu jual. Ini akan sangat membantu toko onlinemu menjadi salah satu yang teratas pada mesin pencarian otomatis website jualan online yang kamu gunakan.


Demikianlah beberapa tips untuk mengoptimalkan fungsi deskripsi produk dalam berjualan. Jangan sia-siakan kolom deskripsi produk ini dengan sesuatu yang kurang menjual, atau tidak memberikan informasi pada calon pembeli. Gunakan juga bahasa yang persuasif, yang memancing minat orang untuk membeli. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



1 comment

  1. 7 Kemampuan Marketing Yang Harus Kamu Miliki, Kalau Mau Jadi Pengusaha – Halosis Blog

    […] Tidak hanya identik dengan berbicara, marketing juga identik dengan menulis. Sebagai seorang yang mau jadi pengusaha sukses, kamu harus bisa menulis. Skill ini mungkin terlihat mudah, tapi sama dengan public speaking, tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Kemampuan ini akan sangat berguna, ketika kamu mau membuat sebuah iklan ataupun rancangan promosi lainnya.  […]

Leave a Reply