Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Gambar Produk Yang Berkualitas.

HALOSIS.CO.ID, JAKARTA – Hal yang selalu dicari-cari oleh para pebisnis online adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online mereka. Berbagai cara mereka lakukan untuk mengembangkan bisnis online mereka. Menurut kami, salah satu kunci dalam meningkatkan penjualan toko online adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online anda. Meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah proses yang panjang dan harus dijalankan seumur hidup selama bisnis anda berjalan. Proses ini dimulai dari saat pelanggan pertama kali melihat toko online anda, hingga pelanggan merasakan manfaat produk anda setelah pembelian, hingga pelanggan melakukan pembelian ulang.

Apa yang pertama kali dilihat pelanggan anda ? Ya tentu yang pertama kali dilihat adalah gambar produk anda. Pelanggan akan tertarik masuk ke toko online anda ketika mereka melihat gambar produk yang berkualitas. Untuk itu, pada tulisan ini HaloSis akan membagikan bagaimana teknik pengambilan gambar produk agar mendapat gambar produk yang berkuliatas sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

“Keseluruhan nilai dari toko online dan produk yang anda tawarkan akan dilihat dari gambar produk yang berkualitas!”

 

Berbicara soal toko online, tentu tidak asing dengan yang namanya persaingan. Produk anda mungkin unik, tapi banyak barang subtitusi lainnya yang dapat orang temukan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghadapi persaingan tersebut adalah dengan memiliki gambar produk yang berkualitas.

Yang Anda Butuhkan!

Untuk mendapatkan gambar produk berkualitas, inilah beberapa peralatan dan perlengkapan yang anda butuhkan:

  • Kamera

Untuk memulainya, anda disarankan untuk menggunakan kamera apapun yang anda punya. Tidak perlu memulainya dengan kamera dengan harga jutaan rupiah, jika anda hanya memiliki smartphone berkamera, anda dapat menggunakannya. Kamera adalah 1 alat saja, sedangkan fotografi adalah kombinasi dari lighting, exposure, editing, dan pengambilan angle. Jika anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya juga untuk memiliki kamera yang lebih berkualitas dari sekedar smartphone. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan menggunakan tripod untuk pengambilan gambar.

  • Latar Belakang Putih, Selotip dan Meja

Latar belakang putih dapat anda temukan di toko fotografi di kota anda. Latar belakang putih dapat membantu untuk menonjolkan produk anda sehingga hasil gambarnya nanti fokus terhadap produk anda. Ini juga menjadi salah satu teknik mengambil gambar produk yang berkualitas. Meja yang kokoh dan kuat, juga cantik kalau memang anda memilikinya, dapat menjadi nilai plus untuk pengambilan gambar produk yang berkualitas.

  • Ruangan yang Cukup Cahaya.

Semakin besar jendela, maka akan semakin banyak cahaya masuk. Kalau anda memang memiliki budget lebih, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli all-in-one-photo studio portable yang mudah dipindah dan dibawa kemana-mana. Jika tidak, maka pemilihan ruangan akan menjadi yang utama untuk pengambilan gambar produk yang berkualitas.

Teknik Pengambilan Gambar

Step 1 – Pengaturan Meja.

Aturlah posisi pengambilan gambar anda kurang lebih seperti denah diatas. Jangan lupa untuk mematikan lampu lain yang ada di sekitar ruangan yang anda pilih. Anda dapat mengatur posisi meja dengan jendela mulai dari 90 derajat dan 45 derajat untuk mencoba perbedaan lighting. Anda dapat mencoba variasi pengambilan gambar dengan jendela terbuka maupun tertutup. Fotografi adalah tentang percobaan, dimana pada akhirnya andalah yang memilih hasil terbaik dari gambar yang anda ambil. Untuk itu, cobalah mengambil gambar lebih banyak agar anda memiliki banyak pilihan.

Step 2 – Pastikan Semua Bersih dan Rapi

Anda juga harus pastikan area anda sudah bersih. Mulai dari meja, latar belakang tidak lecek, dan juga kebersihan dari lensa kamera anda. Anda dapat membeli kain mikrofiber untuk membersihkan lensa dari sidik jari atau kotoran lainnya.

Step 3 – Pengaturan Kamera

Kini saatnya bermain dengan kamera anda. Setiap kamera smartphone memiliki kualitasnya masing-masing, namun kebanyakan pengaturannya adalah standar internasional. Jadi anda harus memahami betul setiap fungsi pengaturan dari kamera yang anda gunakan. Beberapa yang dapat anda temukan misalnya:

  • Pengaturan White Balance menjadi Auto.
  • Flash menjadi off
  • Image settings, atur untuk largest quality image.
  • ISO menjadi 100
  • Bermain dengan Exposure, Auto atau Manual
  • Zoom in, Zoom out.

Step 4 – Penempatan Posisi Produk

Penempatan posisi produk bisa terlihat sangat mudah padahal ini merupakan yang tersulit dan bisa memakan waktu lebih lama. Beberapa tips yang mungkin anda perlukan untuk mendapat gambar produk yang berkualitas misalnya, pastikan label produk anda terlihat dan berada di tengah-tengah. Pastikan semua dalam posisi dan kondisi terbaik. Penempatan posisi produk juga harus memperhatikan bayangan dari benda-benda disekitar, termasuk bayangan produk anda. Jadi cobalah ambil beberapa angle agar anda dapat menemukan hasil terbaik.

Step 5 – Setelah Pemotretan, Tugas Anda Belum Selesai.

Bagian terpenting namun paling sering dilupakan atau dilewatkan orang adalah editing. Editing adalah satu hal yang dilakukan para fotografer profesional untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Oleh karena itu anda juga harus terbiasa dengan editing gambar anda agar anda dapat menghasilkan gambar produk yang berkualitas. Untuk editing ini anda juga perlu tahu standar size image untuk website atau toko online anda agar anda dapat memastikan ukuran gambar yang anda hasilkan dapat di upload ke toko online anda.

Kesimpulan

Peningkatan penjualan toko online anda bukan lagi mimpi, saatnya eksekusi rencana anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan gambar produk yang berkualitas.

Pengambilan gambar dengan latar putih adalah yang termudah dan tecepat untuk dilakukan ketimbang harus memikirkan teknik kombinasi warna, lighting dan penempatan posisi produk lainnya. Anda dapat mencobanya hari ini juga!

 

Kalau anda mencoba melakukan apa yang HaloSis sampaikan diatas, beri kami tanggapan dan tunjukan pada kami hasilnya yaa… !

 

Selamat Motret!

Leave a Reply