5 Alasan Pentingnya Customer Service Untuk Bisnis Kamu

Wajib baca, buat yang suka mandang CS sebelah mata.
Gambar: https://www.salesforce.com/ca/blog/2016/11/train-customer-service-team.html

Halosis.co.id, JakartaCustomer service adalah salah satu bagian ataupun divisi yang sangat dibutuhkan di manapun. Walaupun fungsi CS berbeda-beda, tapi divisi ini hampir selalu ada di setiap perusahaan. Kenapa peran customer service ini sangat penting? Simak beberapa alasannya di bawah ini.

1. Face of The Company

Citra usahamu dilihat dari pelayanan yang diberikan oleh stafmu.
Gambar: https://www.jobs.ie/job-talk/customer-service-cv/

Customer service adalah satu divisi yang selalu ada di depan dan menjadi perwakilan sebuah perusahaan/usaha untuk pelanggan. Di beberapa perusahaan besar, customer service juga berperan sebagai resepsionis ataupun menjaga meja depan. Di kebanyakan kasus, customer service bertugas untuk melayani pelanggan melalui telefon, email, maupun chat

Walaupun tugas yang berbeda-beda, tugas utama dari seorang customer service adalah langsung berhubungan dengan customer. Karena itu, sangat penting untuk memberikan pelayanan customer service yang baik, karena mereka adalah orang pertama yang akan dinilai pelanggan. Citra dari sebuah usaha ataupun perusahaan dapat dilihat dari bagaimana customer service tempat tersebut menangani pelanggan

2. Menjadi Pusat Informasi

Mau tanya apapun seputar sebuah produk atau jasa, langsung telepon CS.
Gambar: https://socialmediaexplorer.com/social-media-marketing/how-to-provide-social-customer-service-skills-like-4-of-our-favorite-brands/

Selain menjaga citra perusahaan, customer service juga memiliki fungsi sebagai bank informasi. Pelanggan yang ingin bertanya, pasti akan pergi ke customer service. Karena itu, penting sekali untuk CS selalu update segala info yang terbaru seputar promo, ataupun hal lain yang berkaitan dengan perusahaan. Jangan sampai, pegawai CS tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan.

3. Menampung Keluh Kesah Pelanggan

Kadang banyak pelanggan yang malah curhat dengan CS.
Gambar: https://blog.glia.com/empathy-key-customer-experience/

Selain itu, customer service juga berfungsi untuk menampung seluruh keluh kesah dari pelanggan. Terkadang keluh kesah pelanggan tidak hanya tentang produk. Mungkin pelanggan punya keluh kesah akan pelayanan,, pengiriman, dan sebagainya. Seorang customer service harus selalu siap sedia untuk mendengarkan keluh kesah dari pelanggan. TIdak jarang, customer service bahkan bertugas seperti konsultan, yang membantu pelanggan untuk menemukan produk yang sesuai. Atau bahkan mendengarkan pelanggan-pelanggan lain yang bercerita mengenai masalah pribadi.

4. Menangani Komplain dan Retur

Jadi CS harus banyak-banyak bersabar, apalagi kalau ngadepin pelanggan yang marah-marah.
Gambar: https://www.stuff.co.nz/travel/kiwi-traveller/ask-an-expert/108780676/travel-etiquette-how-to-complain-at-a-hotel

Tugas lain dari customer service adalah menangani komplain dan retur. Bisa dikatakan, sangat sedikit orang yang mau mendengarkan omelan setiap hari. Saat melayani komplain dari pelanggan, pasti tidak jarang seorang yang bekerja di bagian ini akan terkena omelan ataupun mendapat perkataan yang kurang menyenangkan dari customer. 

Proses retur barang yang cukup panjang juga kadang menyulut emosi customer, hingga membuatnya memarahi customer service. Di tengah situasi yang kurang menyenangkan, pegawai CS dituntut untuk tetap tenang dan tidak boleh terbawa emosi. Pelanggan selalu benar.

5. Menjaga Kualitas Pelayanan

CS secara tidak langsung juga berperan dalam menjaga kualitas pelayanan pelanggan.
Gambar: http://www.parselday.com/blog/kebutuhan-customer-service-yang-mampu-meningkatkan-pendapatan/

Selain itu, customer service juga punya tugas tak tertulis lainnya yang sering kali tidak kita sadari. Seorang customer service adalah orang di “layer pertama” yang tugasnya menjaga sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan. Bahkan tidak jarang, CS juga memberikan banyak masukan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk. 

Setelah menerima keluhan dari pelanggan, bagian customer service merekap dan merangkum seluruh hasil komplain yang didapat. Hasil dari evaluasi ini tentunya bisa berguna, tidak hanya untuk bagian customer service, tapi juga bidang-bidang lain.


Itu dia beberapa alasan, mengapa customer service sangatlah penting dalam usahamu. Tidak hanya untuk bisnis offline, bisnis online juga memerlukan tenaga customer service untuk menjaga kualitas pelayanan toko onlinemu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



1 comment

Leave a Reply