5 Cara Cerdas Untuk Memaksimalkan Waktu Yang Kamu Punya

Jangan sampai kamu jadi budak usahamu, karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik.
Gambar:http://blog.core-ed.org/blog/2018/07/the-curse-of-busy-6-questions-to-ask-yourself.html

Halosis.co.id, JakartaSebagai seorang pengusaha, kamu tentunya tahu, kalau waktu adalah hal yang sangat berharga. Kamu juga mungkin pernah merasa, kalau 24 jam dalam sehari tidaklah cukup, karena kegiatanmu yang sangat banyak. 

Manusia memang memiliki waktu yang terbatas setiap harinya, tapi caramu untuk mengatur waktu bisa kamu ubah. Berikut ini beberapa cara cerdas, supaya kamu bisa memanfaatkan waktu yang singkat untuk mengerjakan seluruh pekerjaan.

1. Buat Daftar Tugas Beserta Durasinya

Selalu buat plan, supaya kamu tahu mengalokasikan waktumu.
Gambar: https://www.amazon.in/Nourish-A5-Size-Daily-Planner/dp/B076DF93RM

Supaya bisa punya hari yang super efektif, kamu harus tahu apa yang mau kamu lakukan di hari itu. Buatlah daftar yang berisi seluruh pekerjaan yang harus kamu lakukan beserta waktunya. Dengan membuat planner, kamu bisa tahu dan ingat, apa saja yang harus kamu lakukan dalam sehari. Selain itu, kamu juga akan jadi lebih bijak dalam menggunakan waktumu yang terbatas. 

Kalau kamu tidak suka menulis atau membawa-bawa buku catatan, kamu bisa membuatnya di smartphone-mu. Yang terpenting, kamu bisa melihat planner dan mengikutinya dengan disiplin.

2. Efektifkan Waktu Meeting

Jangan ubah fungsi meeting jadi ajang untuk bergosip.
Gambar: https://dianegottsman.com/2017/03/23/business-meeting-conference-etiquette/

Meeting memang sebuah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Namun tanpa kamu sadari, meeting sering kali menghabiskan sebagian besar waktumu dalam satu hari. Waktu untuk rapat yang seharusnya hanya 2 jam, aktualisasinya jadi 3 sampai 4 jam. 

Kenapa bisa terjadi? Mungkin pembahasan dalam rapat jadi terlalu meluas, atau terlalu banyak membicarakan hal-hal pribadi dalam rapat. Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa mengantisipasi hal-hal seperti ini. Buatlah batasan  pembahasan setiap kali mengadakan meeting. Kamu mungkin masih ingin berbincang-bincang, tapi ingatlah kalau kamu masih punya pekerjaan lain. 

3. Kerjakan Prioritas Terlebih Dulu

Kerjakan dari yang terpenting.
Gambar: https://trust-edshop.com/search.html?key=viagra

Cara cerdas berikutnya untuk mengefisiensikan waktu adalah dengan mengerjakan prioritas lebih dulu. Kamu mungkin punya segudang pekerjaan, tapi biasakan untuk mengerjakannya sesuai urutan prioritas. Tanamkan dalam pikiranmu, untuk tidak banyak menghabiskan waktu pada pekerjaan yang bukan prioritasmu. 

4. Delegasikan Tugas

Jangan cuma kerja keras, kamu juga harus kerja cerdas.
Gambar: www.freepik.com

Dalam menjalankan usaha yang sudah cukup berkembang, tentu kamu tidak sendirian. Namun terkadang, kamu ingin melakukan semua pekerjaan usahamu dari A sampai Z sendirian. Kurangi tindakan semacam ini. Berikanlah beberapa tugas pada orang yang bisa kamu percaya, untuk dikerjakan. Jangan membebani dirimu sendiri dengan mengerjakan seluruh pekerjaan yang ada dalam usahamu. Belajarlah untuk mempercayakan tugas kepada orang lain, karena kamu tidak akan bisa mengerjakan semua hal sendirian.

5. Maksimalkan Waktu Weekday

Weekend itu waktunya keluarga.
Gambar: https://memeshappen.com/meme/consuela/no-no-nooo-i-no-work-is-weekend-41882/2

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan hingga weekend. Coretlah weekend dari daftar waktumu untuk bekerja. Kerjakan seluruh pekerjaanmu di hari kerja. Kalau kamu merasa bisa mengerjakan suatu pekerjaan di akhir pekan, kamu akan terbiasa untuk menunda-nunda pekerjaan. Batasi dirimu untuk bekerja hanya di waktu kerja, supaya kamu bisa punya waktu untuk keluarga


Demikian beberapa tips manajemen waktu ala Halosis. Bijaklah dalam menggunakan waktu dan jangan sampai lupa waktu untuk keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



1 comment

  1. 5 Tips Ubah Bisnis Jadi Menyenangkan – Halosis Blog

    […] Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Ada orang-orang yang harus bangun di pagi hari, karena merasa bisa lebih fokus di pagi hari. Namun ada juga orang yang lebih bisa mengerjakan semua hal di sore atau bahkan malam hari. Karena kamu seorang pengusaha, kamu bisa mengatur sendiri waktu kerja yang cocok untukmu. Kalau memang tidak bisa bangun pagi, mundurkanlah jam kerjamu ke siang sampai sore hari. Pokoknya, kamu harus memaksimalkan waktu-waktu produktifmu untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.  […]

Leave a Reply