Halosis.co.id, Jakarta – Sebagai seorang pengusaha, kamu tentunya tahu, kalau waktu adalah hal yang sangat berharga. Kamu juga mungkin pernah merasa, kalau 24 jam dalam sehari tidaklah cukup, karena kegiatanmu yang sangat banyak.
Manusia memang memiliki waktu yang terbatas setiap harinya, tapi caramu untuk mengatur waktu bisa kamu ubah. Berikut ini beberapa cara cerdas, supaya kamu bisa memanfaatkan waktu yang singkat untuk mengerjakan seluruh pekerjaan.
1. Buat Daftar Tugas Beserta Durasinya
Supaya bisa punya hari yang super efektif, kamu harus tahu apa yang mau kamu lakukan di hari itu. Buatlah daftar yang berisi seluruh pekerjaan yang harus kamu lakukan beserta waktunya. Dengan membuat planner, kamu bisa tahu dan ingat, apa saja yang harus kamu lakukan dalam sehari. Selain itu, kamu juga akan jadi lebih bijak dalam menggunakan waktumu yang terbatas.
Kalau kamu tidak suka menulis atau membawa-bawa buku catatan, kamu bisa membuatnya di smartphone-mu. Yang terpenting, kamu bisa melihat planner dan mengikutinya dengan disiplin.
2. Efektifkan Waktu Meeting
Meeting memang sebuah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Namun tanpa kamu sadari, meeting sering kali menghabiskan sebagian besar waktumu dalam satu hari. Waktu untuk rapat yang seharusnya hanya 2 jam, aktualisasinya jadi 3 sampai 4 jam.
Kenapa bisa terjadi? Mungkin pembahasan dalam rapat jadi terlalu meluas, atau terlalu banyak membicarakan hal-hal pribadi dalam rapat. Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa mengantisipasi hal-hal seperti ini. Buatlah batasan pembahasan setiap kali mengadakan meeting. Kamu mungkin masih ingin berbincang-bincang, tapi ingatlah kalau kamu masih punya pekerjaan lain.
3. Kerjakan Prioritas Terlebih Dulu
Cara cerdas berikutnya untuk mengefisiensikan waktu adalah dengan mengerjakan prioritas lebih dulu. Kamu mungkin punya segudang pekerjaan, tapi biasakan untuk mengerjakannya sesuai urutan prioritas. Tanamkan dalam pikiranmu, untuk tidak banyak menghabiskan waktu pada pekerjaan yang bukan prioritasmu.
4. Delegasikan Tugas
Dalam menjalankan usaha yang sudah cukup berkembang, tentu kamu tidak sendirian. Namun terkadang, kamu ingin melakukan semua pekerjaan usahamu dari A sampai Z sendirian. Kurangi tindakan semacam ini. Berikanlah beberapa tugas pada orang yang bisa kamu percaya, untuk dikerjakan. Jangan membebani dirimu sendiri dengan mengerjakan seluruh pekerjaan yang ada dalam usahamu. Belajarlah untuk mempercayakan tugas kepada orang lain, karena kamu tidak akan bisa mengerjakan semua hal sendirian.
5. Maksimalkan Waktu Weekday
Jangan suka menunda-nunda pekerjaan hingga weekend. Coretlah weekend dari daftar waktumu untuk bekerja. Kerjakan seluruh pekerjaanmu di hari kerja. Kalau kamu merasa bisa mengerjakan suatu pekerjaan di akhir pekan, kamu akan terbiasa untuk menunda-nunda pekerjaan. Batasi dirimu untuk bekerja hanya di waktu kerja, supaya kamu bisa punya waktu untuk keluarga.
Demikian beberapa tips manajemen waktu ala Halosis. Bijaklah dalam menggunakan waktu dan jangan sampai lupa waktu untuk keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.