4 Cara Ampuh Tingkatkan Brand Awareness Toko Online

Halosis.co.id, Jakarta – Kamu pasti sering mendengar istilah ‘brand awareness bukan? Apa sih brand awareness itu? Kata brand sendiri bukan hanya berarti merk, tapi juga merupakan identitas. Sedangkan arti dari awareness adalah kesadaran.

Jadi, jika diterjemahkan secara harfiah, brand awareness berarti kesadaran akan sebuah brand. Dengan kata lain, brand awareness bisa diartikan dengan seberapa kenal pelanggan dengan brand-mu.

Nah, untuk meningkatkan kesadaran atau pengenalan pelanggan akan brand toko online-mu, kamu harus memperhatikan beberapa hal, seperti penggunaan untuk branding, desain yang menarik, dan masih banyak lagi.

Apa saja faktor terpenting yang harus kamu perhatikan untuk bisa meningkatkan brand awareness toko online-mu? Lihat pembahasannya di bawah ini.


1. Punya Warna Khas Sendiri

Warna adalah elemen penting dalam sebuah brand. Meskipun kerap kali sering dianggap sepele, nyatanya warna sangat berpengaruh lho. Warna dapat menimbulkan emosi dan menyampaikan sebuah pesan.

Ketika toko online-mu memiliki warna yang khas, maka pelanggan lebih mudah mengenalinya. Dengan begitu, kesadaran pelanggan akan brand-mu pun meningkat. Sebelum kamu menentukan warna khas dari toko online-mu, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Bagaimana toko online-mu ingin dilihat pelanggan? Warna apa yang disukai target pasarmu? Kamu harus mempertimbangkannya secara matang, sebelum menentukan warna branding-mu.

Sebagai contoh, jika toko online-mu menjual sayur-sayuran, kamu bisa menggunakan warna hijau yang merepresentasikan produk jualanmu, dan juga memiliki arti menyatu dengan alam, natural. Atau jika toko online-mu menjual pakaian atau mainan anak-anak, kamu bisa menggunakan warna jingga atau kuning karena warna tersebut mewakili keceriaan yang adalah sifat anak-anak.


2. Pakai Desain Kemasan yang Menarik

Desain kemasan ternyata juga cukup berpengaruh untuk meningkatkan brand awareness toko online-mu. Desain kemasan yang menarik akan berkesan bagi pelanggan dan membuatnya terus mengingat toko online-mu sebagai toko online yang unik.

Untuk membuat desain kemasan yang menarik, kamu harus memperhatikan 2 hal. Pertama, dari segi keindahan. Buatlah visual semenarik mungkin, seperti menambahkan ornamen pita, atau kamu bisa menghias bungkusnya dengan doodle dan sticker. Kamu juga bisa menambahkan pita sebagai pemanis kemasan produkmu. Tetapi, itu semua tergantung pada bagaimana produk atau toko online-mu ingin dilihat.

Bukan hanya keindahannya saja, tetapi kegunaannya pun harus tetap jadi perhatian. Fungsi utama dari sebuah kemasan produk adalah untuk melindungi produk di dalamnya. Jadi, tetap perhatikan kegunaannya, apakah sudah aman dan mampu melindungi produk di dalamnya atau belum. Pastikan juga  bahan kemasan produkmu aman digunakan.


3. Ciptakan Keterikatan Emosional melalui Caption

Selanjutnya adalah melalui sebuah caption. Caption bukan hanya sebagai pelengkap atau penjelas dari konten bergambar. Lewat caption, kamu bisa menciptakan interaksi dengan pelangganmu. Caption bisa diibaratkan sebagai perwakilan suara dari brand-mu.

Kamu bisa membangun emosi pelanggan dengan captionmu. Meskipun kamu hanya ingin memberikan informasi produk pada caption, kamu tetap bisa membangun emosi pelanggan dengan menceritakan hal yang relevan dengan produkmu. Sebaiknya, kamu menceritakan cerita yang bisa menyentuh emosi pelanggan.

Sebagai contoh, misal kamu menjual produk tas wanita. Kamu bisa menyambungkannya dengan tipe-tipe kepribadian wanita berdasarkan tas yang digunakannya. Atau jika kamu menjual produk makanan seperti frozen food, kamu bisa mengaitkannya dengan kondisi saat ini. Di masa pandemi COVID-19 ini, akan lebih baik jika tidak sering ke luar rumah, untuk mempermudah makan, sebaiknya makan makanan yang awet seperti frozen food.


4. Berikan Reward kepada Pelanggan

Selanjutnya adalah memberikan reward. Seperti yang diketahui, pelanggan sangat senang jika merasa dirinya diperhatikan dan diberikan keuntungan. Untuk itu, kamu bisa mengambil hati pelanggan dengan memberikan reward. Pemberian reward ini juga bisa meningkatkan brand awareness.

Kamu bisa memberikan voucher, diskon, atau promo lainnya kepada pelanggan. Saat memberikannya, kamu bisa meminta pelanggan untuk membagikan informasi terkait produk atau toko online-mu. Dengan begitu, pelanggan akan sadar akan keberadaan brand toko online-mu, serta banyak calon pelanggan yang juga sadar.


Nah, itu dia tadi 4 cara meningkatkan brand awareness toko online-mu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan. Selain cara di atas, kamu bisa meningkatkan brand awarenessmu dengan memaksimalkan media sosial toko online-mu lho. Kalau kamu bingung cara menghasilkan konten yang menarik dan kesulitan mengelola media sosial toko online-mu, kamu bisa banget nih pakai jasa tim sosmed Halosis. 

Halosis Social Media Team bisa membantu kamu membuat konten-konten yang menarik, yang mencakup isi konten, tampilan visual, dan caption. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu repot untuk mencari hashtag dan mengupload konten karena semuanya juga akan dikerjakan oleh tim sosmed Halosis. Selain itu, Halosis akan membantu kamu meningkatkan traffic melalui Ads di instagram dan Facebook. Kamu juga akan mendapatkan laporan bulanan untuk memudahkanmu memantau perkembangan akun IG OLshopmu. 

Kamu benar-benar tinggal terima beres untuk semua konten yang akan disiapkan oleh tim sosmed Halosis. Kamu bisa klik di sini untuk mendaftar penggunaan jasa tim sosmed Halosis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply