5 Tips Mendapatkan Loyal Customer dan Repeat Order

Halosis — Saat mulai berjualan online, biasanya kebanyakan penjual hanya fokus pada cara mendapatkan customer baru. Padahal, sebenarnya mencari pembeli baru itu lebih sulit dan lebih banyak menghabiskan sumber daya dibandingkan mendapatkan repeat order dari customer. Karena customer yang pernah melakukan transaksi pasti sudah memiliki kepercayaan pada bisnis Anda, sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menarik perhatian mereka kepada produk atau bisnis online Anda.

1. Jenis produk

Salah satu faktor terbesar untuk customer tetap melakukan transaksi dengan toko online Anda adalah jenis produk. Ada beberapa jenis produk yang bisanya akan dibeli oleh customer karena mereka benar-benar membutuhkan produk tersebut, beberapa yang paling populer adalah produk kecantikan, makanan, pakaian, dan kesehatan.

Produk-produk yang disebutkan di atas memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan repeat order karena jumlahnya terbatas, sehingga ketika dikonsumsi, customer perlu mendapatkan produknya lagi. Jika customer menyukai produk Anda, mereka dapat melakukan repeat order berkali-kali.

2. Berikan promosi

Berikan penawaran khusus kepada customer yang dapat berupa potongan harga atau bonus produk. Awalnya, hal ini memang tidak terlihat menguntungkan bagi bisnis Anda, namun cara ini sangat efektif untuk membuat customer untuk kembali melakukan pembelian di toko online kita.

3. Jalin hubungan

Bangunlah komunikasi yang baik dengan customer Anda, tidak hanya sebagai pembeli, namun juga sebagai teman Anda. Jika memiliki hubungan yang baik dengan customer, maka mereka tidak akan segan untuk membeli di toko online Anda secara berkala.

4. Informasi produk baru

Berikan informasi menarik yang berkaitan dengan produk baru Anda. Dengan adanya informasi baru, maka customer dapat tertarik untuk mendapatkan produk baru yang Anda jual.

5. Pelayanan maksimal

Seringkali alasan customer melakukan repeat order tidak hanya berdasarkan kualitas dan harga produk saja. Pengalaman jual-beli yang dilakukan oleh customer juga bisa membuat mereka menjadi pelanggan setia. Jadi, perhatikanlah sikap Anda ketika customer berbelanja. Jawablah pertanyaan customer dengan sopan dan ramah, tunjukkan rasa terima kasih untuk pembelian customer, tangani keluhan customer dengan cepat, dan berikan respon dengan tanggap.

 

Ada banyak cara utuk mendapatkan repeat order dari customer, Anda bisa mulai terlebih dahulu dengan beberapa cara di atas.

Jika butuh bantuan customer service untuk online shop Anda, gunakan layanan jasa Admin professional dari Halosis.

Leave a Reply