Cara Menggunakan Fitur Swipe Up di Instagram

Kamu bisa dengan mudah membawa audience Instagram tokomu menuju link yang kamu mau.

Halosis.co.id, Jakarta Fitur swipe up merupakan salah satu fitur baru di Instagram story. Swipe up dapat menghubungkan audience dari Instagram, langsung ke link tujuan yang disediakan. Tampilan fitur ini sangat menarik perhatian dan pastinya membuat orang ingin mencoba. Sesuai dengan namanya “swipe up”, cara kerjanya cukup dengan menyentuhkan jari, lalu menarik ikon panah ke atas.

Fitur ini juga dinilai sebagai salah satu andalan, untuk kamu yang berjualan di Instagram. Kemudahan yang diberikan, membuat pembeli mudah terhubung dengan link tokomu, atau channel lain yang kamu miliki. Sudahkah kamu tahu cara membuat swipe up di Instagram? Sebelum masuk ke cara pembuatannya, mari simak terlebih dulu, persyaratan untuk bisa membuat swipe up.

Persyaratan

Swipe up memang tidak berbayar, tapi kamu harus punya minimal 10.000 followers dulu.

Saat ini, fitur swipe up belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna instagram di dunia. Fitur ini memang masih cukup eksklusif, karena untuk menggunakannya, ada ketentuan yang harus dipenuhi. Untuk bisa menggunakan swipe up, kamu harus memiliki minimal 10.000 followers Instagram. Angka ini adalah angka pasti. Kalau kamu belum memiliki sejumlah followers di atas, sayang sekali, kamu belum bisa menggunakan fitur swipe up di Instagram. Giatlah untuk menambah followers, supaya kamu bisa menggunakan fitur ini.

Setelah mengetahui syarat yang harus dipenuhi, mari simak tutorial membuat swipe up di bawah ini.

1. Posting Sebuah Story

Supaya makin menarik, buatlah juga story yang membuat orang penasaran.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa menggunakan swipe up, adalah membuat sebuah story. Tidak ada ketentuan apapun dalam membuat story. Namun, lebih baik, kalau kamu membuat yang berkaitan dengan link yang ingin kamu hubungkan. Misalnya kamu ingin memasukkan link youtube, kamu bisa menampilkan capture dari video yang akan kamu hubungkan. Perlu kamu tahu juga, kalau swipe up tidak bisa digunakan, untuk story yang kamu ambil dari Feed.

2. Tekan Ikon Rantai

Nggak hanya untuk link eksternal, kamu juga bisa menghubungkan story ke IGTVmu.

Setelah kamu selesai membuat story, klik ikon rantai yang ada di bagian atas tampilan story. Letak ikon ini, mungkin akan berbeda, tergantung device dan versi Instagram yang kamu miliki. Sebelum kamu mengklik ikon rantai ini, pastikan kamu sudah mengcopy link yang ingin kamu tautkan. Ini adalah sebuah tips, agar kamu tidak perlu bolak-balik membuka dan menutup Instagram, saat ingin membuat swipe up. Kalau kamu sudah klik, akan muncul dua pilihan, untuk menghubungkan audience ke IGTV atau Web Link.

3. Masukkan Link

Kamu bisa banget promosi website toko online punyamu, pakai fitur ini.

Kalau ingin menghubungkan story ke website atau channel lain, kamu tinggal klik Web Link, dan masukkan linknya. Kalau kamu mau menghubungkan ke IGTV, kamu tinggal pilih IGTV Video. Nantinya kamu akan langsung dihubungkan dengan IGTV milikmu. Setelah itu, kamu hanya perlu memilih dan mengklik video yang ingin dimasukkan. Mudah banget ya?

4. Tekan Done

Kalau nggak yakin, cek link yang kamu lampirkan dengan preview your link.

Setelah selesai memasukkan link, kamu bisa menekan tombol done yang terletak di sisi kanan atas. Namun kalau kamu masih ragu, apakah link yang kamu tulis sudah benar, kamu bisa menekan preview your link. Kamu akan terhubung ke link yang kamu tuliskan, sebelum story milikmu dipost. Kalau sudah menekan done, kamu secara otomatis akan kembali lagi ke halaman story yang sudah kamu buat.

5. Tidak Terlihat di Tampilanmu

Gambar kiri adalah tampilan dari akun Halosis, sedangkan yang kanan tampilan dari akun lain.

Perlu kamu tahu, ikon swipe up di halaman storymu tidak akan terlihat. Fitur swipe up hanya akan terlihat oleh audience, setelah kamu memposting story, yang sudah kamu hubungkan. Kalau kamu merasa belum yakin swipe up sudah muncul di storymu, kamu bisa mengeceknya dengan IG temanmu atau mungkin second account punyamu.


Itu dia cara membuat swipe up di story Instagram. Mudah bukan? Tapi jangan lupa, kamu harus punya 10.000 followers dulu, baru bisa menggunakan swipe up. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat #berUsaha.



1 comment

  1. Cara Membuat Swipe Up Tanpa 10K Followers | Halosis Blog

    […] digemari di instagram. Swipe up menjadi fitur andalan, untuk kamu yang suka promosi di instagram. Persyaratan untuk mendapat fitur ini adalah dengan memiliki minimal 10.000 followers di instagram. Namun saat ini, kamu yang belum memiliki followers sebanyak itu juga dapat membuat fitur serupa. […]

Leave a Reply