5 Alasan Untuk Tidak Menyerah Menjalankan Usaha

Masalah akan selalu ada, tapi menyerah bukan pilihan.
Gambar: https://www.michigancougar.com/2018/02/50-never-give-up-hd-images.html

Halosis.co.id, Jakarta – Menjalankan usaha bukanlah hal yang mudah. Dalam prosesnya, kamu mungkin menghadapi banyak tantangan yang membuatmu ingin menyerah. Keinginan untuk menyerah bisa saja terbersit padamu satu, atau bahkan berkali-kali. Namun ketahuilah, masih banyak alasan, kenapa kamu tidak boleh menyerah dalam menjalankan usaha. Ini dia beberapa alasan, untuk tidak menyerah dalam menjalankan usaha.

1. Kegagalan Adalah Hal Yang Biasa Terjadi

Jatuh, bukan berarti kamu tidak bisa berdiri lagi.
Gambar: https://www.ted.com/topics/failure

Kegagalan merupakan salah satu penyebab utama, kenapa seseorang menyerah. Namun sebenarnya, kegagalan adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi. Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan. Salah satu faktor terbesarnya adalah kamu tidak siap. Bagaimana pun juga, kamu boleh saja gagal, tapi kamu tidak boleh menyerah. Ada banyak sekali pengusaha sukses yang pernah mengalami kegagalan, bahkan lebih banyak dari yang bisa kamu bayangkan. Namun satu hal yang membedakannya darimu adalah, mereka tidak menyerah. Jadikan ini sebagai motivasi dan move on dari kegagalanmu.

2. Menyerah Tidak Menyelesaikan Apa-apa

Menyerah tidak akan mengurangi, malahan menambah beban hidupmu.
Gambar: https://yourstory.com/2016/06/10-real-problems-india-startups-can-aim-solve

Kamu juga perlu tahu, kalau menyerah bukanlah jawaban dari apapun. Kalau kamu menyerah, kamu membiarkan masalahmu tidak terselesaikan sampai selamanya. Sebaliknya kalau kamu memutuskan untuk tidak menyerah, masih ada harapan, bahwa masalahmu bisa terselesaikan. Karena itu, berpikirlah 1000 kali terlebih dahulu, sebelum kamu memutuskan untuk menyerah.

3. Jalan Hidupmu Masih Panjang

Kamu masih punya banyak kesempatan, yang tidak boleh disia-siakan.
Gambar: http://www.stephendale.com/2012/11/30/the-evolution-of-social-media/

Umur manusia memang tidak bisa diprediksi. Namun, kalau saat ini kamu masih bisa menjalankan usaha, berarti kamu masih memiliki kesempatan besar untuk terus naik level dalam hidup. Kalau kamu menyerah sekarang, bagaimana dengan masa depanmu? Belum lagi masa depan keluargamu, yang pastinya membutuhkanmu. Kamu masih bisa bernafas dan masih harus terus melanjutkan hidupmu untuk waktu yang tidak diketahui. Jangan sia-siakan waktu yang kamu miliki hanya untuk penyesalan.

4. Pikirkan Orang-orang Yang Bekerja Padamu

Gimana dengan pegawaimu dan keluarganya?
Gambar: https://www.aidt.edu/3-ways-the-labor-force-in-alabama-has-changed/

Apalagi untuk kamu yang sudah memiliki pegawai. Pikirkanlah orang-orang yang telah lama bekerja padamu. Tidak hanya nasibnya sendiri, nasib keluarga mereka sepenuhnya bergantung padamu. Terlebih lagi kalau orang-orang yang bekerja padamu sudah berusia lanjut, sehingga akan sangat sulit untuk mereka mencari pekerjaan lain. Pikirkanlah, bagaimana selama ini kamu bisa menginspirasi merekam, dan bagaimana kamu bisa terus menginspirasi mereka.

5. Kamu Hanya Satu Langkah Lagi Dari Tujuanmu

Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan seumur hidup, karena menyerah.
Gambar: https://davidmcelroy.org/?p=9964

Hal yang terakhir yang harus kamu tanamkan dalam pikiranmu, adalah kamu sudah sangat dekat dengan tujuanmu. Kamu sudah tinggal sekali melangkah, untuk sampai pada apa yang sudah kamu idam-idamkan sejak dahulu. Kalau kamu menyerah, berarti kamu mundur, dan menarik diri, menjauh dari tujuan hidupmu. Pikirkanlah itu agar kamu bisa bangkit kembali dan menjadi lebih baik.


Demikianlah beberapa alasan supaya kamu tidak menyerah. Ingat, bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Dan ingat juga bahwa selama ini kamu telah menjadi inspirasi bagi orang lain. Teruslah menjadi inspirasi bagi orang lain. Selamat #berUsaha.



Leave a Reply