5 Rahasia Sukses di Usia Muda


Kesuksesan tidak selalu identik dengan kematangan usia. Orang yang masih muda juga bisa sukses.

Halosis.co.id, Jakarta Sukses di umur dua puluhan merupakan idaman semua anak muda. Memiliki penghasilan besar, rumah sendiri, aset lainnya adalah idaman semua orang. Namun hanya sedikit orang yang bisa meraih kesuksesan tersebut di usia muda. Berikut ini adalah rahasia sukses di usia muda, yang bisa kamu tiru, agar kamu juga bisa menjadi sukses di usia muda.

1. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Jangan cuma kerja keras, tapi juga kerja cerdas.

Agar dapat sukses di usia muda, tentunya kamu harus bekerja dengan keras dan cerdas. Bekerja keras saja tidak cukup, untuk menjadikanmu orang yang sukses. Kamu juga harus bekerja dengan cerdas, untuk dapat maju lebih cepat dari orang lain. Bekerja cerdas berarti bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada. Kamu tidak hanya bekerja dengan keras, tapi kamu bekerja dengan efisien. Kamu bisa memanfaatkan waktu dan tenagamu dengan seefisien mungkin.

2. Kemauan Terus Belajar

Biasakan diri untuk banyak belajar, sejak usia muda.

Orang yang sukses adalah orang yang mau terus belajar. Ini adalah salah satu rahasia untukmu agar sukses di usia muda. Teruslah belajar, dan jangan mudah puas diri. Belajar merupakan proses sepanjang masa. Belajar bisa dari siapa saja, dan di mana saja. Selalu buka pikiranmu untuk hal-hal baru dan pelajari hal-hal baru tersebut. Kamu harus semakin membuka wawasanmu dengan pengetahuan-pengetahuan baru.

3. Bergaul dengan Orang-orang Sukses

Tiru kebiasaan baik dari teman-temanmu yang sudah sukses, supaya kamu juga bisa ketularan.

Salah satu hal yang mungkin tidak terlalu diperhatikan, padahal juga penting, adalah memilih circle pertemananmu. Kalau kamu mau menjadi sukses, maka kamu juga harus bergaul dengan orang-orang yang dapat memberikan contoh dan teladan padamu. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh bergaul dengan orang-orang yang belum sukses. Namun kamu harus memperbanyak waktumu bersama dengan orang-orang yang lebih darimu, agar kamu tertularkan hal yang baik. Berinteraksi dengan orang-orang ini, juga bisa membuatmu dapat pengetahuan baru seputar dunia usaha.

4. Tidak Boros

Jangan terpancing diskon atau potongan harga.

Hal lain yang harus kamu perhatikan, terutama ketika kamu muda, adalah gaya hidupmu. Jangan gampang tergoda akan sesuatu hal yang baru atau menggiurkan. Dengan kata lain, jangan boros. Jangan mudah tergoda oleh gadget-gadget baru, atau tempat-tempat makan mewah, yang akan menguras kantongmu. Sebelum membeli sesuatu, pastikan bahwa itu adalah yang benar-benar kamu butuhkan, bukan sekadar kepingin. Melakukan ini bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hidup, seperti yang kamu inginkan. Hanya saja, kamu harus membatasi pengeluaran, sampai kamu sudah benar-benar settle secara finansial.

5. Menabung dan Berinvestasi

Supaya uangmu nggak habis-habis begitu aja.

Selain tidak boros, kamu juga harus belajar untuk menabung dan berinvestasi. Untuk anak muda di usia 20an, idealnya harus menyisihkan 25% dari penghasilan tiap bulan, untuk ditabung. Lalu tabunganmu tersebut dapat kamu gunakan untuk berinvestasi. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam berinvestasi. Pilihlah investasi yang kamu pahami betul, agar nantinya kamu tidak mengalami kerugian.


Demikianlah beberapa rahasia agar kamu bisa sukses di usia muda. Kalau kamu mau sukses di usia muda, bekerja saja tidaklah cukup. Kamu juga harus memiliki strategi, untuk mengembangkan diri dan usahamu. Manfaatkanlah setiap peluang yang ada di hadapanmu. Selamat #berUsaha!



Leave a Reply