7 Sifat yang Menghambat Kesuksesan Berbisnis

Buanglah sifat-sifat yang menghambatmu jadi orang sukses.
Gambar: https://apessay.com/order/?rid=e0b8a3df6e8a38ad&edugram_request_id=5d00366a692043.70596174

Halosis.co.id, JakartaMenjalankan sebuah bisnis memerlukan proses yang panjang dan tidak instan. Dalam proses ini, sering kali muncul hambatan, yang diakibatkan oleh sifat yang kamu miliki sendiri. Untuk dapat merubah atau bahkan menghilangkan sifat-sifat negatif tersebut, kamu harus mengetahui terlebih dulu, sifat-sifat seperti apa yang sebenarnya menghambatmu dari kesuksesan berbisnis. Berikut ini adalah beberapa sifat yang bisa menghambat kesuksesanmu dalam berbisnis.

1. Takut Mencoba Hal Baru

Kalau kamu takut, namanya kalah sebelum berperang.
Gambar: https://intisari.grid.id/read/03100001/takut-itu-wajar-kok-tapi-seberapa-wajarkah-ketakutan-anda-temukan-jawabannya-lewat-kuis-ini?page=all

Takut mencoba hal yang baru merupakan salah satu sifat yang tidak boleh dimiliki oleh seorang pengusaha. Kamu harus selalu siap untuk mencoba hal-hal yang baru, karena dunia bisnis penuh dengan tantangan dan perubahan. Kalau kamu tidak berani mencoba, maka kamu akan tertinggal. Takut mencoba hal yang baru juga menunjukkan bahwa kamu orang yang tidak mampu beradaptasi dan tidak fleksibel. Sifat-sifat semacam ini tentunya sangat tidak boleh dimiliki oleh seorang pengusaha.

2. Mudah Mengeluh

Kalau terus-terusan ngeluh, lama-lama orang jadi males kerja sama kamu.
Gambar: https://medium.com/impactful-changes-hypnosis/so-what-was-the-point-of-complaining-again-a1edde41cb96

Mudah mengeluh merupakan salah satu sifat, yang sering kali tidak mau diakui orang. Mudah mengeluh menunjukkan kelemahan dan ketidaksiapan dalam menjalankan bisnis. Mudah mengeluh juga merupakan sifat yang sangat merugikan orang lain. Mungkin kamu tidak sadar, tapi orang lain juga merasa terganggu, kalau mendengar seseorang terus-menerus. Setiap orang memiliki tantangan hidup yang berbeda-beda. Namun bukan berarti seluruh dunia harus tau apa tantangan hidupmu.

3. Suka Membanding-bandingkan

Jangan iri, lalu membanding-bandingkan usahamu dengan orang lain.
Gambar: https://stevelaube.com/proposals-comparing-your-writing-to-icons/

Hal lain yang juga sering kali mengganggu orang lain, adalah sifat suka membanding-bandingkan. Sifat ini sangat tidak baik dan bisa memicu perilaku merusak diri sendiri. Kamu mungkin suka membanding-bandingkan antara bisnis temanmu dan bisnismu. Berhentilah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain, karena kamu dan orang lain tidaklah sama. Kamu juga tidak tahu bagaimana orang lain bekerja, dan masalah apa yang dihadapi. Fokuslah pada usahamu sendiri, dan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik

4. Tidak Jujur

Mengawali usaha dengan tidak jujur, hanya akan membawamu kepada kehancuran.
Gambar: https://www.elegantthemes.com/blog/business/how-to-stop-comparing-yourself-to-others

Dari seluruh sifat yang ada, inilah sifat yang paling berbahaya, yaitu tidak jujur. Sifat tidak jujur bisa saja kamu lakukan kepada partner bisnismu atau bahkan ke pembelimu. Sifat tidak jujur dengan partner, bisa menghilangkan rasa kepercayaan, berujung pada perpecahan. Apabila sudah ada ketidakjujuran dalam hubungan bisnis, maka bisnis itu bisa hancur dalam sekejap. Selain itu, tidak jujur pada pembeli adalah hal yang bisa sangat merugikanmu. Pembeli yang sadar akan ketidakjujuran yang kamu lakukan pastinya akan merasa kecewa.

5. Sulit untuk Berkomitmen

Mengawali sesuatu memang mudah, tapi mempertahankannya akan sangat sulit.
Gambar: http://www.usahalaundry.co.id/2015/01/19/6-cara-untuk-menghadapi-pasangan-yang-sedang-marah/

Sulit untuk berkomitmen juga merupakan satu sifat yang harus kamu hindari. Berkomitmen berarti tidak hanya memulai, tapi juga konsisten menjalankan hingga akhir. Salah satu tanda kamu sulit berkomitmen adalah kamu hanya bersemangat di awal. Namun kemudian tidak dapat bertanggung jawab hingga akhir. Sifat ini bukanlah sifat seorang pengusaha, karena kalau tanpa komitmen, bisnismu tidak akan berjalan dengan baik.

6. Tidak Terbuka pada Masukan Orang Lain

Jangan takut terhadap kritik, karena kritik akan menjadikanmu orang yang lebih baik.
Gambar: https://www.gadis.co.id/Cinta-Melulu/sahabat-punya-teman-baru

Tidak terbuka pada masukan orang lain merupakan suatu hal yang sangat tidak boleh dilakukan jika kamu berbisnis. Terlebih lagi jika kamu merupakan orang yang baru saja memulai bisnis, kamu harus terbuka pada masukan semua orang. Memang kamu perlu menyaring, setiap masukan dari orang lain. Namun kamu tidak boleh menolaknya secara gamblang. Menerima kritik berarti kamu menghargai orang yang memberi masukan padamu. Terimalah semua masukan dari orang lain, lalu saringlah sesuai dengan visi dan misimu.

7. Cepat Puas


Cepat puas akan membuatmu sombong.

Sifat terakhir, yang juga tidak boleh dimiliki seorang pengusaha adalah cepat puas. Perasaan cepat puas akan menghambat kamu untuk meraih potensi dirimu yang paling maksimal. Merasa cepat puas juga bisa membuatmu cepat sombong. Selain itu perasaan cepat puas juga dapat membuatmu menjadi malas untuk berusaha. Kamu boleh merasa bangga akan pencapaianmu, tapi kamu tidak boleh merasa cepat puas.


Itulah dia beberapa sifat yang tidak boleh dimiliki seorang pebisnis. Kalau kamu masih memiliki sifat-sifat ini, cobalah introspeksi diri, dan ubah kebiasaanmu. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat #berUsaha



Leave a Reply