Menyusun Skala Prioritas Usaha

Prioritas juga harus ada urutannya.
Gambar: https://christianquestions.com/character/1065-jesus-priorities/

Halosis.co.id, JakartaKesuksesan dalam usaha merupakan impian semua orang yang menjalani usaha. Untuk dapat meraih kesuksesan, kamu harus tahu dulu skala prioritas untuk usahamu. Namun, sebelum menyusun skala prioritas, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah tiga hal yang harus dipertimbangkan, sebelum kamu menyusun skala prioritas.

1. Urgensi

Perhatikan, mana yang lebih mendesak
Gambar: https://www.dictio.id/t/bagaimana-melatih-sense-of-urgency/6729

Kalau kamu ingin membuat skala prioritas, pertimbangkanlah urgensi dari apa yang mau kamu kerjakan. Urgensi berarti harus dilakukan dengan segera, dan tidak bisa ditunda. Ini berarti kamu harus menilai, apa tindakan yang paling penting untuk diambil dalam usahamu untuk saat ini.

2. Kesempatan

Kesempatan mungkin tidak datang dua kali.
Gambar: https://employmentoffice.com.au/attracting-retaining-millennials-opportunity-learn-grow/

Berbicara mengenai usaha berarti berbicara tentang kesempatan. Kesempatan merupakan suatu hal yang terkadang tidak bisa diduga datangnya, dan tidak datang dua kali. Dalam menentukan skala prioritas, kamu harus peka terhadap setiap kesempatan yang ada. Kamu juga harus bisa mengambil keputusan, untuk mengambil kesempatan tersebut atau tidak.

3. Masa Depan Usaha

Pikirkanlah rencana jangka panjang untuk usahamu.
Gambar: https://www.kochiesbusinessbuilders.com.au/6-myths-preventing-businesses-from-profiting-from-purpose/purpose-vision-future/

Hal lain yang sangat penting dalam membuat sebuah skala prioritas adalah masa depan usaha. Dalam membuat prioritas, kamu juga harus memikirkan masa depan usahamu. Ini berarti memikirkan perencanaan untuk jangka panjang. Ini berarti pula kamu harus memikirkan, ke mana usahamu ingin kamu bawa dalam lima atau sepuluh tahun ke depan

Setelah kamu mempertimbangkan ketiga aspek di atas, barulah kamu bisa menyusun skala prioritas dengan baik. Berikut ini langkah-langkah untuk menyusun skala prioritas.

1. Catat Semua Aktivitas yang Harus Dilakukan

Jangan sampai ada aktivitas yang terlewatkan.
Gambar: https://www.asx.com.au/listings/index.htm

Setelah kamu mengingat-ngingat seluruh aspek di atas, mulailah untuk mencatat segala aktivitas yang harus kamu lakukan untuk bisnismu. Kamu harus memasukkan semuanya, tanpa terkecuali, supaya kamu bisa menilai semua aktivitasmu dengan skala prioritas.

2. Tentukan Prioritas Tertinggi

Urutkan setiap prioritas dari paling atas hingga paling bawah.
Gambar: https://exceldatapro.com/rank-numbers/

Setelah itu tentukanlah skala prioritas yang paling tinggi dan paling rendah. Dalam menentukannya, kamu harus mempertimbangkan ketiga aspek yang sudah disebutkan, yaitu urgensi, kesempatan, dan masa depan usaha. Urutkanlah aktivitas dengan prioritas paling tinggi hingga paling rendah. Dari situ kamu bisa menilai, dan menentukan langkah, apa yang harus kamu lakukan, dan apa yang bisa kamu lakukan belakangan.

3. Kerjakan dengan Konsisten

Kalau perlu, buatlah penanda kalau kamu setelah mengerjakan sesuatu.
Gambar: https://www.thoughtfulgrowth.com/how-to-be-consistent/

Langkah selanjutnya adalah mengerjakan semuanya dari yang paling penting hingga paling tidak penting dengan konsisten. Konsisten merupakan kunci keberhasilan dari tindakan yang kita ambil. Walaupun telah memiliki skala prioritas, tapi kalau tidak dijalankan dengan konsisten, maka skala prioritas kita akan sia-sia.

4. Tetap Fokus

Tetap pusatkan perhatianmu pada target yang sudah kamu tentukan.
Gambar: https://worldarchery.org/Archery

Untuk bisa tetap konsisten dalam menjalankan setiap prioritasmu, kamu harus fokus. Kamu harus memusatkan perhatian sepenuhnya pada tujuan dan skala prioritas tertinggi. Jangan sampai kamu malah menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang sebenarnya ada pada skala prioritas terendah.


Demikianlah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menyusun skala prioritas, dan cara menyusun skala prioritas dengan baik. Dengan memiliki skala prioritas, kamu akan menjalankan usaha dengan lebih terarah dan efisien. Selamat #berUsaha!



3 comments

  1. 7 Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan – Halosis Blog

    […] Hal pertama yang bisa membantumu menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan adalah membuat to do list harian. Kamu tidak boleh pergi melakukan aktivitas tanpa memiliki rencana, apa yang mau kamu kerjakan. Setiap hari, tentukanlah apa yang mau kamu kerjakan, sebelum memulai usahamu. Jangan lupa juga untuk membuatnya sesuai dengan prioritasmu. […]

  2. 5 Cara Cerdas Untuk Memaksimalkan Waktu Yang Kamu Punya – Halosis Blog

    […] Cara cerdas berikutnya untuk mengefisiensikan waktu adalah dengan mengerjakan prioritas lebih dulu. Kamu mungkin punya segudang pekerjaan, tapi biasakan untuk mengerjakannya sesuai urutan prioritas. Tanamkan dalam pikiranmu, untuk tidak banyak menghabiskan waktu pada pekerjaan yang bukan prioritasmu.  […]

Leave a Reply