7 Tips Sukses Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Jangan sampai rumah nggak keurus, karena kamu sibuk ngerjain bisnis online, moms.
Gambar: https://www.babycenter.com/609_8-reasons-online-shopping-is-my-ultimate-mom-bff-hint-peri-b_20002708.bc

Halosis.co.id, Jakarta – Menjalankan bisnis online bagi seorang ibu rumah tangga memiliki tantangan tersendiri. Mungkin sudah banyak ibu rumah tangga yang mencoba menjalankan bisnis online, tapi akhirnya gagal. Kegagalan yang kamu alami, bisa jadi karena kamu belum mengetahui beberapa hal berikut. Ini dia tips sukses dalam menjalankan bisnis online untuk ibu rumah tangga.

1. Tetap Prioritaskan Keluarga

Jangan sampai kamu lupa mengurus anakmu karena terlalu sibuk bales chat customer.
Gambar: https://www.jeffbullas.com/7-figure-online-business/

Prinsip utama dalam segala usaha, adalah tetap memprioritaskan keluarga. Sebagai seorang ibu rumah tangga, kamu memiliki tanggung jawab lebih terhadap keluargamu. Namun sering, karena terlalu sibuk berbisnis, kamu melupakan kewajiban utamamu dalam mengurus keluarga. Hal ini bisa menimbulkan protes dari anggota keluarga, seperti anak dan suami, karena waktumu lebih banyak tersita untuk bisnis. Jangan sampai hal ini terjadi padamu, dan tetaplah memprioritaskan keluarga.

2. Siap Sedia Gadget Pendukung

Smartphone wajib hukumnya untuk berbisnis online.
Gambar: https://guide.servify.in/get-phone-notifications-laptop/

Gadget adalah hal yang wajib dimiliki setiap ibu rumah tangga yang ingin memiliki bisnis online. Gadget yang sangat dibutuhkan untuk mendukung bisnis online adalah smartphone dan laptop atau komputer. Smartphone pastinya sangat wajib kamu miliki, untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta mengakses media sosial, dan marketplace. Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto dan video produk yang kamu jual, dengan hanya menggunakan smartphone. Disamping smartphone, kamu juga mungkin membutuhkan laptop/komputer untuk memudahkanmu dalam mengakses marketplace. Terlebih lagi jika kamu berjualan di situs jualan online, akan lebih mudah kalau kamu mengupload produk dari laptop/komputer.

3. Gunakan Media Sosial dan Marketplace

Jangan hanya berjualan di medsos, tapi gunakan juga situs belanja online yang tersedia.
Gambar: https://techno.okezone.com/read/2018/10/17/207/1965177/media-sosial-jadi-sumber-sejarah-peradaban-masa-depan

Dalam memasarkan produk, kamu harus mencoba media sosial dan marketplace, jangan hanya salah satu. Kamu bisa memasarkan produk di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Selain lewat media sosial, kamu juga harus memasarkan produk di marketplace. Saat ini, sangat banyak situs-situs belanja online yang dapat kamu jadikan tempat berjualan dengan mudah. Perlu kamu ketahui, kalau peluang jualan laris di marketplace sebenarnya lebih besar, dibandingkan dengan media sosial. Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan ini.

4. Buat Jadwal Khusus untuk Mengurus Bisnis

Buat to do list dan setel alarm kalau kamu pelupa.
Gambar: https://variety.com/2019/tv/news/mom-renewed-season-7-8-cbs-1203129527/

Time management adalah yang terpenting untuk ibu rumah tangga yang juga mengerjakan bisnis online. Karena masih harus mengurus kepentingan-kepentingan rumah tangga, kamu harus pintar dalam membagi waktu. Buatlah jadwal-jadwal khusus untuk mengurus bisnismu. Pastikan kamu memiliki jadwal rutin untuk posting di media sosial dan marketplace. Begitu pula jadwal untuk membalas chat dari customer, packing, dan mengirimkan paket. Semua harus terjadwal, dan disiplinkan diri agar tidak lari dari jadwal yang sudah kamu tentukan.

5. Tahan Diri dari Stalking

Nggak usah kepo sama kehidupan orang lain.
Gambar: https://www.modernmom.com/eaa153ea-3b3d-11e3-be8a-bc764e04a41e.html

Diantara beberapa semua tips yang ada, mungkin ini dia yang terberat untuk seorang ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga, kamu mungkin terbiasa bermain di media sosial untuk menghabiskan waktu atau mengatasi kebosanan. Namun kalau kamu sudah berkomitmen untuk memulai bisnis online, kurangilah kebiasaan ini. Jangan sampai, jadwal yang sudah kamu susun dengan rapi, rusak karena waktu untuk membalas chat pelanggan malah kamu pakai untuk stalking. Tahanlah diri dari melihat-lihat profil teman-temanmu, dan fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan.

6. Luangkan Waktu untuk Mencari Ilmu

Jangan malas untuk belajar, karena belajar adalah proses seumur hidup.
Gambar: http://www.theonlinemom.com/tablet-vs-laptop-one-right/

Kalau kamu sedang memiliki waktu luang, gunakanlah untuk mencari ilmu berbisnis online sebanyak-banyaknya. Kamu bisa menonton video-video tentang bisnis online di youtube. Atau, kamu juga bisa membaca artikel-artikel yang memuat tips-tips dalam berbisnis online. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kelas atau training online yang tersedia gratis di internet.

7. Berikan Beberapa Tugas untuk Dikerjakan ART


Walau sudah ada ART, bukan berarti kamu bisa lepas tangan dan tidak mengontrol pekerjaanya.
Gambar: https://parentalk.id/asisten-rumah-tangga/

Karena kamu sudah memiliki kesibukan lain selain mengurus rumah, pastinya fokusmu akan terpecah. Karena itu, kamu bisa menyerahkan beberapa tugas teknis pada pada asisten rumah tangga. Misalnya untuk membersihkan rumah, mencuci baju, menyetrika, merapikan kebun, dan sebagainya. Namun kamu juga harus bijaksana dalam memberikan tugas. Kalau bisa, jangan berikan tugas memasak dan membantu anak mengerjakan PR pada ART. Kamu juga harus tetap mengontrol apa yang dilakukan asisten rumah tanggamu.


Itu dia beberapa tips untuk menjadikanmu ibu rumah tangga yang sukses berbisnis online. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menjalankan tugasmu sebagai ibu rumah tangga, sekaligus pengusaha yang sukses. Selamat #berUsaha!



1 comment

Leave a Reply