Instagram untuk Bisnis? Tips dan Strategi Berhasil Bisnis Online di Instagram.

HALOSIS.CO.ID, JAKARTA – Buat anda yang berbisnis, baik Bisnis Online maupun offline, sudah layak dan sewajarnya anda mengikuti perkembangan jaman.

Di Indonesia khususnya, sekarang ini adalah eranya media sosial. Salah satu media sosial yang lain trend adalah Instagram. Kalau anda belum tahu apa itu Instagram, berarti saatnya anda cari tahu soal Instagram.

Kepopuleran Instagram banyak manfaatkan oleh para pebisnis online. Banyak diantara mereka yang sukses bisnis online di Instagram. Ada pebisnis yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis online mereka, namun ada juga pebisnis yang menggunakan Instagram untuk Online Shop mereka.

Nah pada artikel ini, HaloSis berharap dapat memberikan informasi tentang cara bisnis online di Instagram, baik bagi anda yang baru mau memulai bisnis online di Instagram, maupun anda yang sudah memiliki bisnis dan ingin menggunakan Instagram untuk Bisnis anda.

Menggunakan Instagram untuk Bisnis Online sebenarnya susah-susah gampang. Oleh karena itu HaloSis akan membedakan antara strategi bisnis online di Instagram dengan Tips Berbisnis Online di Instagram.

Banyak Cara Bisnis Online di Instagram. Mana yang terbaik?

Ada banyak artikel yang akan anda temukan mengenai strategi bisnis online di Instagram. Tapi menurut HaloSis, ini adalah 4 strategi awal namun jitu untuk memulai bisnis online di Instagram atau memulai akun bisnis anda di Instagram:

 

  • Profile Bisnis di Instagram.

 

Strategi pertama untuk bisnis online di Instagram adalah membuat profile bisnis di Instagram. Profile Bisnis di Instagram ini adalah fitur baru dari Instagram untuk membedakan personal account dengan business account. Nah untuk menjalankan bisnis di Instagram, anda harus menggunakan business account agar terlihat profesional dan serius sehingga calon konsumen anda yakin kepada anda. Tentunya fitur ini sampai sekarang masih gratis. Anda dapat menemukan bedanya business account dan personal account di Instagram dengan mudah ketika anda memulainya.

 

  • Pengisian Profile Bisnis Anda.

 

Setelah anda membuat business account, anda harus mengisi deskripsi tentang bisnis anda. Beberapa hal yang perlu dilakukan misalnya:

  1. Membuat profil anda terbuka untuk publik
  2. Menuliskan nama bisnis online anda. Samakan dengan nama akun sosial media lain sehingga mudah diingat dan memperkuatkan brand bisnis anda.
  3. Tambahkan link di biodata anda di Instagram. Misalnya Link website atau link facebook page. Anda hanya dapat menuliskan 1 link di biodata anda.
  4. Berikan informasi lokasi bisnis anda.
  5. Berikan informasi jam kerja lengkap anda.

 

  • Buat Konten Yang Sesuai dengan Target Market Anda.

 

Pada awal akun Instagram anda dibuat, anda tidak akan langsung memiliki followers. Tidak masalah! Mulailah menyusun materi konten untuk akun Instagram bisnis anda. Misalnya memberikan informasi seputar ekosistem produk anda, memberikan foto-foto lucu atau motivasi-motivasi singkat yang ada kaitannya dengan bisnis anda. Lakukan posting secara rutin walaupun anda belum memiliki followers.

 

  • Mulai menarik Followers di Instagram Online Shop Anda

 

Ada 2 cara menarik followers instagram untuk online shop anda. Anda dapat menggunakan jasa tambah followers, yang mana kebanyakan adalah spammers yang tidak akan sesuai dengan target konsumen anda. Atau anda dapat melakukannya sendiri dan hasilnya akan lebih sesuai dengan target konsumen anda. Beberapa cara untuk meningkatkan followers Instagram untuk online shop anda :

  1. Follow akun-akun yang sesuai target market anda yang memiliki banyak followers.
  2. Aktif memberikan komen yang bukan spam ke postingan orang lain.
  3. Pastikan akun Bisnis Instagram anda tidak kosong agar orang tidak ragu follow akun anda.

Strategi Bisnis Online ini juga sudah HaloSis buktikan di akun Instagram bisnis kami @halo_sis. Dalam 1 bulan, 1 minggu kami berhasil mendapatkan 1000 followers Instagram dengan Strategi yang HaloSis ceritakan diatas. Lumayan kan ? hehehe….

Selain strategi bisnis online di Instagram yang sudah dijelaskan, ada juga beberapa tips berbisnis online di Instagram yang perlu diingat dalam mengelola akun bisnis Instagram anda. Berikut adalah beberapa tips berbisnis online di Instagram:

 

  • Kualitas gambar produk adalah kuncinya.

 

Jika anda akan memposting gambar, perhatikan kualitas gambar anda. Jangan sampai kelihatan blur. Karena gambar anda akan dinilai oleh konsumen anda. Dan kualitas gambar dapat menunjukan kepercayaan konsumen terhadap toko online anda.

 

  • Buat postingan gambar atau video dengan gaya anda.

 

Kalau anda hanya dapat meng-copy paste gambar orang lain atau ambil dari google, akun bisnis online Instagram anda tidak akan ada bedanya dengan akun abal-abal. Gunakan platform custom gambar di internet, banyak yang gratis.

 

  • Gunakan hastag yang tepat dan cukup.

 

Jangan remehkan kekuatan hashtag (#), coba cari dan periksa hashtag-hashtag yang aktif digunakan oleh target konsumen anda. Jangan gunakan hashtag yang dipakai orang untuk spam.

 

  • Gunakan sistem Call to Action

 

Setiap posting anda harus membuka kesempatan bagi orang-orang yang melihat postingan anda untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Misalnya:

  1. Klik website kami dan dapatkan promo menarik.
  2. Baca artikel tentang cara merawat sepatu kulit di blog kami.

 

  • Koneksikan akun Instagram Bisnis anda dengan akun sosial media lainnya.

 

Ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk membangun komunitas sosial media dari bisnis online anda.

 

  • Tanggap terhadap komentar dari akun lain yang bukan spammer.

 

Anda juga harus aktif membalas pertanyaan maupun tanggapan dari akun lain, apalagi kalau akun tersebut bukan spammer melainkan salah satu dari target konsumen anda.

 

  • Update secara berkala.

 

Tunjukan event-event yang anda akan lakukan atau tunjukan foto tim anda bekerja di “dapur” alias kantor anda untuk menunjukan bahwa bisnis online anda benar-benar nyata.

 

  • Perhatikan hasil postingan anda.

 

Perbedaan dari akun bisnis dan akun personal di Instagram, anda akan dapat melakukan analisa mana postingan yang paling banyak like, reach, comment, dll. Kuasailah istilah-istilah tersebut dan anda akan mengetahui postingan seperti apa yang followers anda sukai.

Sudah siap Sukses Bisnis Online di Instagram?

Sekali lagi, banyak jalan menuju Roma. Banyak juga Cara, Strategi maupun Tips Berbisnis Online di Instagram, namun jika anda melakukannya dengan konsisten, maka Sukses Bisnis Online di Instagram tidak akan lama untuk anda raih!

Yuk share pengalaman-mu menggunkan Instagram untuk Bisnis Online!

Apa strategi mu?

Bagikan Tips mu ke kami juga ya!

Leave a Reply