Toko Online Mulai Sepi? Atasi dengan Cara Ini!

Halosis.co.id, Jakarta – Tak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya zaman, toko online mulai menyebar ruak dan tentu bagi kamu pengusaha online pasti jadi punya banyak saingan. Selain itu, semenjak pandemi COVID-19, banyak juga toko online yang mnegalami penurunan omzet secara drastis karena berbagai hal.

Untuk kamu yang saat ini toko online-nya mulai sepi, nggak usah khawatir, mungkin kamu sebenarnya hanya kurang konsisten dan mengamati saja. Nah, untuk mengatasi sepinya toko online-mu, kamu mungkin bisa menggunakan cara ini pada akun media sosial toko online-mu: 


1. Amati dan Perbaiki

Cobalah amati menggunakan kacamata pelanggan bagaimana toko online-mu. Apa saja yang sekiranya perlu diperbaiki atau diperbarui. Biasanya saat kita melihat sendiri kita tidak akan sadar, tapi saat kita berusaha menempatkan diri sebagai pelanggan, mungkin akan banyak hal-hal yang sebelumnya tidak terlihat dan harus diperbaiki. Atau, kamu juga bisa bertanya pada teman-temanmu tentang bagaimana tanggapan mereka mengenai toko online-mu.

Feedback yang kamu dapatkan nantinya bisa kamu jadikan bahan evaluasi untuk toko online-mu. Tidak hanya evaluasi dari segi konten di media sosial, feedback yang kamu dapat juga bisa membantumu mengevaluasi produk yang kamu jual. Mungkin saja, saat ini kamu omzetmu menurun drastis karena produk yang kamu jual bukanlah sesuatu yang banyak dicari orang saat ini.


2. Tetap Posting Secara Teratur

Media sosial toko online-mu sangat sangat perlu untuk diperhatikan. Pelanggan akan menilai juga bagaimana konten-konten di sosial mediamu. Jadi, jangan asal-asalan dalam mengunggah sebuah konten di akun media sosial toko online-mu, karena hal tersebut akan menentukan penilaian pelanggan terhadap toko online-mu. Tetap unggah konten secara teratur dan hubungkan dengan situasi yang relevan saat ini.


3. Buat Lebih Unik

Buatlah media sosial toko online-mu terlihat lebih unik. Selain untuk menarik perhatian pelanggan, hal ini dilakukan untuk menyegarkan kembali toko online-mu. Visual-visual yang menarik akan memanjakan mata pelangganmu, sehingga mereka betah mengunjungi akun toko online-mu yang akan membuka peluang penjualanmu.


4. Manfaatkan Trending di Media Sosial

Cobalah mengamati apa yang tengah ramai di media sosial. Hal ini bisa membuatmu mendapatkan peluang besar untuk menggaet pelanggan. Bukan hanya itu saja, mungkin juga kamu akan mendapat lebih banyak impresi dari pengguna media sosial tersebut yang belum jadi pelangganmu, dengan begitu kamu mendapatkan kesempatan memiliki pelanggan baru.

Cara paling mudah untuk mengikuti trend media sosial adalah dengan menggunakan hashtag. Dengan menggunakan hashtag, pelanggan jadi lebih mudah menemukan toko online-mu. Gunakan hashtag-hashtag yang berkaitan dengan produk atau trend sebanyak mungkin.


Nah itu dia tadi tips mengatasi toko online-mu yang lagi sepi. Sekarang kamu jadi tahu cara mengatasi toko online yang sepi deh, yang penting kamu nggak boleh bosan untuk terus up-to-date dan berpikir out of the box.
Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply