Fungsi Hashtag dan Alasan Mengapa Hashtag Diperlukan untuk Bisnis Online.

Halosis.co.id, Jakarta – Kalau kita menggunakan Instagram, pasti kita familiar dengan salah satu fitur dari Instagram yang namanya Hashtag (#). Apa sih fungsi hashtag? Kenapa perlu hashtag untuk bisnis online?

Hashtag sebagai Identitas

Dengan adanya hashtag kamu dapat menunjukan identitas akun Instagram mu dengan lebih spesifik, terutama jika bicara soal produk. Misalnya kamu dapat menggunakan #jualanbaju untuk jualan baju, #jualansepatu untuk jualan sepatu. Bahkan untuk makanan dan restoran pun ada hashtag-hashtag yang dapat menunjukan identitasmu seperti #foodism, #instafood, dll.

Hashtag sebagai Strategi Marketing

Kita juga dapat menggunakan hashtag sebagai cara untuk menentukan target konsumer dan postioning produk kita. Misahlnya kita dapat menggunakan #bajumurah, #taslucu, #bajutermurah, dll. Kamu dapat sesuaikan dengan brand yang kamu buat untuk online shop mu.

Hashtag Untuk Nambah Like n Followers

Dengan memposting produk kamu di Instagram dan menggunakan hashtag-hastag populer, kamu memberikan kesempatan pada postingan mu untuk berada di recent posting di features search Instagram, sehingga user Instagram lain yang sedang membuka kumpulan hashtag yang spesifik kamu gunakan, akan dapat melihat postingan mu. Nah semakin banyak hashtag yang kamu pakai, semakin banyak juga kesempatan posting mu masuk ke kategori recent posting. Tapi ini hanya berlaku untuk postingan baru, tidak untuk postingan lama. Dengan munculnya di feed recent posting, ada kesempatan orang melihat, men-like dan mem-follow akun Instagram mu.

Hashtag juga banyak digunakan untuk menjadi trending topics di beberapa sosial media. Tapi untuk bisnis online, tentu tidak perlu berpikir jauh kesana untuk menjadi trending topic. Cukup rajin posting, pakai hashtag dan rajin follow orang, pasti followers mu akan naik. Maksimalkan hashtag adalah kuncinya untuk menempatkan produkmu di “Lapak” yang tepat.

 

Selamat mencoba hashtag yaa!

Berikutnya akan ada hashtag-hashtag terpopuler yang sering digunakan olshop di Indonesia.. 🙂

Leave a Reply