Bingung Milih Hashtag? Ini 8 Aturan yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Menentukan Hashtag

Halosis.co.id, Jakarta – Memilih hashtag untuk postingan Instagram kadang memang menarik, kadang membingungkan. Karena terlalu antusia memilih hashtag, kita juga bisa malah membuat hashtag yang tidak “mengena” di market, khususnya di Instagram. Untuk itu, ada 8 aturan yang perlu kamu perhatikan untuk menentukan hashtag untuk olshop mu.

Mudah Diingat

Buatlah hashtag yang mudah diingat orang. Mudahnya, jika target konsumer adalah orang Indonesia, maka buatlah hashtag dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris yang common use.

Singkat dan Simple

Berhubungan dengan kriteria hashtag yang mudah diingat, tentu hashtag yang singkat dan simple akan sangat membantu target konsumer untuk mengingat hashtag-mu.

Relevan dengan Produk

Jangan membuat hastag yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan produk olshop-mu. Jangan sampai orang sulit mengingat hashtag mu hanya karena hashtag yang kamu buat tidak ada kaitannya dengan produkmu.

Buat Sebuah Tagline, Jangan Hanya Nama Brand

Sama seperti brand-brand besar lainnya yang memiliki tagline, sebut saja Nike dengan Just Do It! Berapa banyak yang ngak tau tagline Nike? Nike sejak awal menggunakan sebuah tagline yang menarik dan relevan dengan produknya. Jadi olshop-mu pun bisa meniru apa yang dilakukan Nike.

Gunakan Dimana-mana

Tidak hanya di caption Instagram dan hashtag, gunakan juga tagline atau hashtag yang menjadi ciri khas mu di semua area bisnismu. Misalnya di packaging, di broadcast message, postingan sosial media lain. Gunakan dimana-mana agar setiap orang melihat brand olshop-mu, mereka akan mengingat hashtag (tagline) mu.

Dapat Dimengerti

Kalau olshop mu menjual sepatu, janganlah gunakan #jualanbaju, #jualancelana atau hashtag lainnya yang tidak ada hubungannya dengan brand olshop mu. Juga gunakan bahasa yang familiar, jangan gunakan bahasa yang tidak umum, singkatan yang tidak biasa orang gunakan. Intinya, komunikasikan hashtag yang kamu buat dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Konsisten

Instagram memberikan ruang bagi kamu untuk menggunakan sampai 30 hashtag dalam satu kali posting. Cobalah berbagai variasi hashtag yang memberikan dampak paling baik untuk produk olshop-mu. Dan ketika kamu menemukannya, gunakanlah dengan konsisten.

Research

Mencoba kombinasi hashtag juga bagian dari research. Selain itu, cobalah mengintip olshop tetanggamu dan perhatikan apa yang mereka lakukan. Tidak ada salahnya meniru, tirulah dan lakukan lebih baik.

Semoga dengan 8 aturan pemilihan hashtag diatas, kamu jadi semakin pro dalam menentukan hashtag untuk setiap postingan di olshop Instagram mu yaa..

Ayo share hashtag mu di comment dan jangan lupa mention akun Instagram olshop mu di comment supaya kita bisa saling follow. 🙂

Leave a Reply