Sering Mengulang dan Menggunakan Banyak Hashtag? Hati-Hati Kena “Shadowbanning” di Instagram

Halosis.co.id, Jakarta – Salah satu fungsi hashtag adalah agar postingan kita muncul di salah satu channel hashtag yang kita gunakan. Tapi bagaimana kalau Instagram memiliki sistem algoritma yang ternyata malah memblokir postingan kamu dari beberapa channel tertentu? Membuat postingan mu tidak dapat terlihat oleh akun-akun yang tidak mem-follow mu?

Emang bisa?? Kok gitu?

Yes… Baca terus penjelasan dari Halosis..

Shadowbanning

Instagram user secara umum menyebut pemblokiran ini sebagai shadowbanning. Mungkin shadowbanning tidak akan dialami oleh akun-akun personal, namun untuk beberapa akun yang menggunakan Instagram sebagai akun bisnis, mungkin perlu melakukan pengecekan apakah akun kamu kena shadowbanning oleh Instagram..

Cara Mengeceknya

Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan mengunjungi website ini shadowban.azurewebsites.net atau dengan cara yang lebih kompleks yaitu dengan menggunakan akun instagram lain. Kemudia buka channel hashtag yang kamu gunakan pada postingan yang ingin kamu cek, lalu coba cari postingan mu pada channel hashtag tersebut. Kalau ketemu, berarti aman. Kalau gak ketemu, mending cek ke website (link) diatas. Hehehehe

Sulit untuk menyadari bahwa suatu posting kita terkena shadowbanning. Karena semua terlihat sangat normal. Salah satu cara mengetahuinya misalnya dengan mengecek tingkat engagement dari postingan kita, jika mengalami penurunan yang drastis dari postingan sebelumnya, ada kemungkinan itu karena terkena shadowban. Tapi untuk mengetahui engagement, hanya dapat diakses dengan akun bisnis Instagram.

Kenapa bisa kena shadowban?

Beberapa alasan mengapa kamu di banned :

  • Menggunakan BOT dan menggunakan jasa penambah followers.
  • Menggunakan Hashtag yang sama dan berulang-ulang.
  • Menggunakan Hashtag tertentu yang sudah di banned oleh Instagram.

Nah dengan mengetahui hal ini, sekarang kamu bisa lebih hati-hati dalam menggunakan hashtag di olshop mu. Jangan gunakan terlalu banyak dan berulang-ulang hashtag yang sama supaya terhindar dari Shadowbanning 🙂

Leave a Reply