Tips Jitu Tambah Followers Instagram Secara Organik

Halosis.co.id, Jakarta – Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah followers Instagram sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah online shop. Jika memposisikan diri sebagai pembeli, kamu juga pasti akan lebih mudah percaya dengan akun instagram yang punya banyak followers. Karena itu, tidak sedikit online seller yang melakukan kecurangan dengan membeli followers. 

Cara ini dulu mungkin sangatlah populer karena dipercaya sangat efektif. Dengan sedikit effort dan budget, kamu bisa mendapatkan sampai ratusan ribu followers baru. Namun saat ini Instagram semakin ketat menyeleksi akun-akun pasif atau bahkan yang merupakan bot. Begitu akun-akun ini terdeteksi sebagai akun pasif atau bot instagram akan langsung menghapus akun-akun ini. 

Jika kamu membeli followers, mayoritas akun yang akan memfollow kamu adalah akun-akun semacam ini. Karena itu jumlah followers yang kamu dapatkan tidak akan bertahan lama. Sudah banyak kejadian, online seller kecewa karena jumlah followers yang dibeli hanya bertahan beberapa hari, lalu kembali ke jumlah semula. 

Bagaimanapun juga, kamu tidak perlu khawatir karena kamu selalu punya peluang untuk menambah followers dengan cara organik. Kamu mau tahu bagaimana caranya? Simak tips dari Halosis berikut ini.


1.  Mengunggah Konten yang Berkualitas

Jika kamu mau mendapatkan banyak followers, pastikan konten-konten yang kamu tampilkan adalah konten yang berkualitas. Kualitas sebuah konten bisa dinilai dari tiga hal, yaitu isi konten, tampilan visual, dan caption yang kamu buat. Ketiganya haruslah berkualitas, supaya orang tertarik untuk memfollow akun instagrammu. 

Dari segi jenis konten, kamu harus pastikan bahwa konten-konten yang kamu berikan adalah konten yang menarik dan variatif. Audience pasti akan bosan jika kamu mengupload konten-konten yang mirip atau sejenis dalam waktu yang berdekatan. Karena itu kreasikan konten-konten yang kamu punya dengan semaksimal dan sevariatif mungkin. 

Dari sisi tampilan visual, pastikan kamu juga menampilkan yang terbaik. Baik berupa gambar maupun tampilan grafis, pastikan kualitas visual yang kamu upload sudah memenuhi standar resolusi instagram. Kamu juga harus membuat tampilan visual yang sangat eye catching agar bisa dengan mudah menarik perhatian pelanggan.

Bagian terakhir dari konten yang harus kamu perhatikan adalah caption. Pastikan caption yang kamu buat membantu menjelaskan visual yang kamu tampilkan. Caption tidak harus selalu kaku. Kamu bisa memperlakukan caption sebagai ajang untuk membuka interaksi dengan pelanggan. Karena itu, sebaiknya kamu sebisa mungkin menulis caption dengan sangat komunikatif.


2. Posting di Jam Ramai

Cara berikutnya adalah dengan posting di jam-jam ramai orang membuka Instagram. Jam-jam awal kamu memposting sebuah konten adalah jam-jam paling rawan untuk menentukan keberhasilan postinganmu. Jika di jam-jam awal postinganmu sudah ramai dengan likes dan comment, maka hampir bisa dipastikan, kontenmu akan bisa menjangkau banyak orang. 

Jika kamu ingin konten yang kamu buat dilihat lebih banyak orang, kamu harus memposting konten di jam-jam terbaik traffic instagrammu. Kalau menggunakan akun bisnis, kamu bisa melihatnya pada menu insight, bagian audience. Namun kalau kamu menggunakan akun biasa, kamu bisa coba untuk memposting di jam 11 – 1 siang (jam makan siang) dan jam 7 – 9 malam (sebelum tidur).


3. Maksimalkan Penggunaan Hashtag

Selain memposting di jam-jam ramai, kamu bisa memaksimalkan hashtag untuk memperluas jangkauan kontenmu. Hashtag yang tepat pada konten dan waktu yang tepat akan membuat postinganmu viral. Karena itu, pastikan kamu selalu update dengan hashtag-hashtag yang sedang trending di media sosial, khususnya instagram. 

Di Instagram kamu bisa menggunakan hingga 30 hashtag dalam satu postingan. Namun bukan berarti semakin banyak kamu menggunakan hashtag semakin bagus hasilnya. Kunci utamanya adalah pastikan hashtag relevan dengan konten yang kamu tampilkan. Saat kamu menggunakan hashtag yang tidak relevan, audience tidak akan tergerak untuk memberikan like atau komentar.


4. Promosikan Akun ke Orang Terdekat

Jangan malu untuk mempromosikan akun instagram OL shop-mu ke teman atau keluarga! Meminta orang terdekat untuk memfollow akun jualanmu tentu lebih mudah daripada harus memaksa orang yang tidak kamu kenal. Karena itu, mintalah dukungan dari mereka untuk memfollow akun IGmu.

Cara ini juga adalah salah satu cara marketing yang bagus. Kamu bisa sesekali meminta mereka untuk merepost postingan mu atatu merekomendasikannya ke followers mereka. Dengan cara ini siapa tahu, ada banyak orang yang tertarik, mau berkunjung, memfollow, dan berbelanja di IG OL shop-mu.


5. Selalu Membalas Komentar

Hal berikutnya yang juga bisa membantumu meningkatkan followers di instagram adalah membalas komentar. Dengan membalas komentar, kamu menjaga interaksi dan relasimu dengan pelanggan maupun orang yang baru pertama kali berkunjung ke IGmu. 

Pelanggan setia OL shopmu pasti merasa senang dan sangat mengapresiasi jika kamu membalas komentarnya. Sedangkan untuk orang yang baru pertama kali berkunjung ke OL shop-mu, mereka pastinya akan mendapat impresi yang baik, jika komentarnya dibalas.

Selain itu kamu harus memperhatikan dan benar-benar membalas komentar di menit-menit awal setelah postinganmu tayang. Ini adalah jam-jam krusial untuk mendongkrak engagement IG OL shop-mu.


6. Berikan Like pada Akun Lain

Instagram bukan hanya tentang akun OL shopmu. Ada lebih dari 1 milyar pengguna aktif bulanan Instagram. Karena itu, kamu harus tetap melakukan interaksi dan aktivitas lain yang berhubungan dengan pengguna lainnya.

Semakin sering kamu berkontribusi dengan memberikan like dan comment untuk akun lainnya, semakin baik. Instagram akan menganggap akunmu sebagai akun yang aktif dan akan lebih membantu postingan-postinganmu masuk ke explore.

7. Mengadakan Giveaway

Salah satu cara ampuh lainnya untuk meningkatkan jumlah followers instagram adalah dengan mengadakan giveaway atau aktivitas semacamnya. Syarat utama dari activity yang kamu buat adalah memfollow akun IG OL shop-mu. Dengan begini, akan ada banyak akun baru yang memfollow akun IG OL shop-mu.

Untuk membuat orang tertarik dengan activity yang kamu buat, kamu harus menyediakan hadiah menarik. Hadiah yang kamu siapkan tidak perlu mahal. Jumlah atau nilai dari hadiah bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Atau cara termudahnya, kamu bisa memberikan produkmu sebagai hadiahnya. Namun perlu diperhatikan untuk menyesuaikan kesulitan syarat memenangkan hadiah dengan jumlah hadiah yang didapatkan. Jangan sampai kamu memberikan syarat yang terlalu sulit, untuk hadiah yang tidak seberapa.


Nah itu dia tadi, 7 tips mengelola media sosial toko online-mu. Memang cukup banyak yang harus kamu lakukan jika mau mendapatkan followers banyak secara organik. Tapi dengan hasilnya pasti akan setimpal.

Jika kamu merasa kesulitan untuk membuat konten yang menarik dan mengelola aku IG OL shop-mu, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekarang kamu bisa menggunakan jasa tim sosmed profesional dari Halosis. 

Halosis Social Media Team bisa membantu kamu membuat konten-konten yang menarik, yang mencakup isi konten, tampilan visual, dan caption. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu repot untuk mencari hashtag dan mengupload konten karena semuanya juga akan dikerjakan oleh tim sosmed Halosis. Selain itu, Halosis akan membantu kamu meningkatkan traffic melalui Ads di instagram dan Facebook. Kamu juga akan mendapatkan laporan bulanan untuk memudahkanmu memantau perkembangan akun IG OL shopmu. 

Kamu benar-benar tinggal terima beres untuk semua konten yang akan disiapkan oleh tim sosmed Halosis. Kamu bisa klik di sini untuk mendaftar penggunaan jasa tim sosmed Halosis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply