Jualan Online di Facebook vs Instagram, Mana Lebih Efektif?

Halosis.co.id, Jakarta – Penggunaan platform media sosial untuk berjualan online saat ini sangatlah digemari. Bagi online seller, berjualan melalui media sosial jauh lebih mudah dan cenderung lebih murah dibandingkan platform lainnya. Sedangkan dari sisi pelanggan, pelanggan suka berbelanja di media sosial karena sangat mudah dan frekuensi membuka media sosial yang tinggi.

Saat ini, media sosial yang paling sering digunakan untuk melakukan kegiatan jual-beli online di Indonesia adalah Facebook dan Instagram. Kedua platform ini memiliki keunggulan masing-masing. Cara berjualan di Facebook dan Instagram pun tidak bisa disamakan. Lalu, mana yang lebih efektif, Facebook atau Instagram? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.


Kenali Jenis Pelanggan

Agar penjualanmu bisa efektif, kamu harus mengenali jenis pelanggan di masing-masing platform karena keduanya berbeda. Mulai dari rentang usia, kebiasaan, serta pekerjaan yang bisa mempengaruhi strategi pemasaranmu.

Pelanggan yang menggunakan Facebook biasanya memiliki rentang usia 25 sampai dengan 50 tahun. Untuk pengguna wanita, pekerjaannya rata-rata adalah ibu rumah tangga dan karyawan. Sedangkan untuk pengguna pria, pekerjaannya rata-rata adalah buruh. Pengguna Facebook memiliki kecenderungan lebih suka membaca postingan dengan caption yang panjang.

Sedangkan pelanggan yang menggunakan Instagram biasanya adalah remaja sampai dewasa, dengan rentang usia 14 sampai 27 tahun. BErtolak belakang dengan pengguna Facebook, pengguna Instagram cenderung lebih mengutamakan konten visual dalam sebuah postingan. Selain itu, postingan dengan caption yang panjang juga biasanya dihindari.

Jenis pelanggan di Facebook dan Instagram jauh berbeda. Agar penjualanmu maksimal, kamu harus bisa menilai, apakah target pasar yang ingin kamu jangkau lebih banyak di Instagram atau Facebook. Perbedaan ini juga tentu akan membuat kamu lebih bijak dalam menyesuaikan konten, berinteraksi, berinteraksi, dan mengatur promosi.


Keunggulan Facebook

Facebook memiliki fitur unik yaitu fanpage. Fanpage sebenarnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan akun personalmu. Namun Fanpage, tidak membatasi jumlah pertemanan sehingga memungkinkan siapa pun untuk bisa berinteraksi dengan siapa pun. Dengan fitur Fanpage, jangkauan penjualanmu akan semakin luas.

Selain itu, di Facebook memiliki fitur grup yang bisa menambah koneksi dan pertemanan-mu. Kamu bisa bergabung dengan banyak grup yang relevan untuk memasarkan produk jualanmu. Tidak hanya sebatas berjualan, kamu juga bisa bergabung dengan grup komunitas online seller untuk saling membantu satu sama lain. Misalnya, jika kamu menjual tas wanita dan berada di Jakarta Barat, kamu bisa bergabung dengan grup jual tas online Jakarta Barat.


Keunggulan Instagram

Instagram punya fitur unik bernama explore. Fitur ini adalah tempat untuk menemukan banyak konten yang sudah disesuaikan dengan ketertarikan masing-masing pengguna akun. Kalau kamu menggunakan hashtag yang tepat, besar peluang kamu akan masuk ke dalam explore audience yang punya ketertarikan dengan produkmu.

Namun, tidak semua postingan bisa masuk ke fitur explore. Agar postinganmu bisa masuk ke fitur explore, kamu tidak boleh mengunci akunmu. Unggahan dari akun yang dikunci tidak bisa masuk ke fitur explore. Selanjutnya, pastikan kamu mengunggah konten yang menarik sehingga meningkatkan engagement. Konten dengan engagement yang tinggi mudah masuk ke fitur explore.

Selain fitur explore, ada beberapa fitur instagram story yang bisa kamu manfaatkan juga, yaitu fitur quiz, ask me a question, polling, serta dm me. Fungsi dari fitur-fitur tersebut adalah untuk memancing interaksi dengan pelanggan.


Manage 2 Platform Sekaligus

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja keunggulan menggunakan Facebook dan Instagram untuk berjualan online? Keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Namun tidak menjadi masalah jika kamu mau berjualan di kedua platform tersebut.

Bingung bagaimana kelolanya kalau berjualan di dua platform sekaligus? Tenang saja, akun toko online-mu bisa dikelola oleh Tim Sosmed Profesional Halosis. Tim Halosis akan membantumu menyiapkan semua konten (termasuk desain dan caption), memposting konten di Instagram & Facebook, memperluas jangkauan akunmu dengan Ads, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan jasa sosmed Halosis, engagement postingan-mu bisa meningkat dan followers-mu pun bertambah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi bagaimana mengelola akun media sosial toko online-mu.
Kamu jadi tertarik untuk menggunakan jasa Tim Sosmed Halosis? Klik di sini untuk pilih paket jasanya ekarang juga!

Leave a Reply