4 Tips Jadikan Konten Video Instagram Maksimal

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini, akun media sosial sebuah toko online tidak hanya berisi konten jualan saja. Tak jarang Instagram online shop punya banyak konten hiburan, informatif, bahkan edukasi. Keberagaman konten dibuat agar pelangganmu tidak bosan melihat akun media sosial toko online-mu. Pelanggan juga membutuhkan konten lain untuk sebagai selingan yang sekaligus bisa menambahkan engagement akun online shop-mu.

Visual yang menarik akan membuat mata kita nyaman dan mampu mengalihkan perhatian. Begitu pula jika konten akun media sosial toko online-mu memiliki visual yang menarik, pelanggan akan dengan mudah teralihkan perhatiannya. Kamu bisa bermain dengan konten video, jika konten berupa gambar flat dirasa sudah membosankan. Dengan begitu, pelanggan pun akan tersegarkan kembali kebutuhan visualnya dengan melihat konten video yang kamu buat.

Membuat konten video tentu membutuhkan usaha yang lebih banyak dibandingkan dengan membuat konten biasa. Hal ini dikarenakan konten video berisi scene per-scene, sehingga kamu membutuhkan kesabaran serta upaya lebih. Bagaimana kamu bisa membuat mata pelanggan tidak ingin berhenti untuk melihat konten videomu, dan menontonnya sampai habis, bahkan diulang berkali-kali. Tentu salah satu faktor penyebabnya adalah visual serta desain yang menarik. Tetapi, sebelum hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar konten videomu bisa menarik perhatian pelanggan lho. Nah, supaya konten video instagram buatanmu lebih maksimal, yuk, simak tipsnya di bawah ini.


1. Tentukan Konten yang Akan Dibahas

Sebelum membuat konten video, kamu harus menentukan terlebih dahulu konten apa yang mau kamu buat. Sebaiknya, dalam pemilihan konten ini, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Carilah tipe-tipe konten video yang disukai dengan target marketmu agar konten yang kamu buat tepat sasaran.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset terkait hal apa yang saat ini sedang tren atau booming. Saat kontenmu berkaitan dengan hal yang sedang tren, kemungkinan besar konten tersebut akan lebih mudah dicari dan bisa menarik perhatian audience di luar target marketmu.


2. Buat Storyboard

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan sesudah menetapkan konten yang akan dibahas adalah membuat storyboard. Jika kamu belum mengetahui storyboard, storyboard adalah penggabungan narasi dan sketsa visual sebuah cerita. Jadi, kamu bisa menggambar terlebih dahulu kira-kira bagaimana gambaran konten video yang akan kamu buat nanti.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu dalam membuat video, karena dengan adanya storyboard kamu jadi lebih terarah dalam pengambilan gambar dan editing. Selain itu, storyboard bisa memudahkan kamu melihat hal-hal apa yang sekiranya harus ditambahkan dan dikurangi dari videomu. Storyboard bisa dibuat tidak hanya satu saja, tetapi kamu bisa membuat beberapa alternatif, sehingga kamu bisa membandingkannya dan memilih yang terbaik dari beberapa alternatif yang sudah kamu buat.


3. Eksekusi dengan Persiapan yang Matang

Jika kamu sudah membuat storyboard, kamu bisa mulai mengeksekusi konten tersebut. Namun, perlu diingat, sebelum kamu melakukan eksekusi video, kamu harus memiliki persiapan yang matang. Persiapan matang yang dimaksud adalah segala peralatan yang dibutuhkan, hal-hal yang terkait dengan proses pembuatan video, serta faktor pendukung lainnya dipastikan sudah siap.

Dengan persiapan yang matang, kamu akan lebih mudah melakukan eksekusi video. Hal ini dilakukan juga agar meminimalisir waktu yang terbuang akibat harus mencari peralatan yang kurang atau hal-hal lain yang kurang. Dengan menyiapkan segala hal dengan matang, maka kamu telah melakukan efisiensi waktu juga. 


4. Edit Video Semenarik Mungkin

Setelah tiga poin di atas dilakukan, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengedit video. Tujuan dari mengedit video sudah pasti untuk memaksimalkan videomu, mungkin ada beberapa pencahayaan yang kurang, atau mungkin juga ada beberapa scene yang harus dipotong.

Selain untuk memperbaiki, mengedit video juga bisa membuat videomu menjadi lebih menarik lho. Kamu bisa menambahkan efek-efek visual atau graphic element, kamu juga bisa menambahkan musik latar untuk videomu agar semakin maksimal.

Kamu bisa menggunakan aplikasi berbayar maupun gratis, online ataupun offline untuk mengedit video. Jika kamu pemula dalam mengedit video, gunakanlah aplikasi yang mudah digunakan, seperti: vivavideo, windows movie maker, atau inshot. Jika kamu sudah sedikit lebih memahami tentang mengedit video, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti: filmora, adobe premiere pro, adobe after effects, dan masih banyak lagi.


Membuat konten video untuk instagram media sosial toko online-mu memang dibutuhkan upaya lebih. Mungkin hal ini sedikit merepotkan dan memakan waktu lebih. Namun pengorbanan yang kamu lakukan pastinya sepadan karena konten video memang lebih banyak diminati saat ini.

Supaya bisa membuat banyak konten video instagram dengan kualitas yang lebih bagus dan tidak mengganggu jualan online, kamu bisa pakai aplikasi Halosis. Fitur-fitur aplikasi Halosis siap bantu kamu kelola toko online dengan lebih cerdas, cepat, dan cermat. Cuma butuh waktu 3 menit untuk registrasi dan kamu bisa segera pakai aplikasi Halosis.  Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website Halosis atau hubungi kami lewat Instagram.

Leave a Reply