5 Konten Seru Buat Live Streaming bareng Pelanggan

Halosis.co.id, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencuri hati pelanggan, salah satunya dengan membangun komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik berarti komunikasi yang terjalin dua arah. Salah satu tipe konten yang memiliki komunikasi dua arah adalah konten interaktif.

Nah, salah satu contoh konten interaktif yang bisa kamu coba lakukan adalah live streaming.

Salah satu jenis konten interaktif yang akhir-akhir ini sedang booming adalah live streaming. Terutama selama pandemi COVID-19 berlangsung, banyak orang-orang sering membuat konten interaktif dengan live streaming di akun media sosialnya. Sebagai online seller, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini. Kamu bisa melakukan live streaming untuk pelangganmu.

Ada beberapa konten menarik yang bisa kamu coba untuk live streaming bareng pelanggan. Konten tersebut bisa menyangkut penjualanmu, atau di luar penjualanmu. Dengan begini kamu melakukan metode soft-selling dalam penjualanmu, karena pada dasarnya kamu ingin membangun interaksi dengan pelanggan, bukan berjualan. Setelah komunikasimu dengan pelanggan berjalan baik, kamu bisa mulai perlahan membicarakan mengenai produkmu. Nah, supaya kamu mendapat beberapa referensi dan gambaran mengenai live streaming tersebut, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. QnA

Questions and Answer atau lebih akrab disebut QnA adalah salah satu konten seru yang bisa kamu coba saat live streaming bareng pelanggan. Pelanggan bebas menanyakan apa saja mengenai toko online-mu, baik itu produk, harga, jasa ekspedisi, atau hal lainnya. Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut saat live streaming.

Jika followersmu belum terlalu banyak, biasanya interaksi yang terjadi juga tidak terlalu banyak. Karenanya, untuk membuat live streaming-mu lebih efektif, kamu bisa membuat pemberitahuan dari jauh-jauh hari dan mempersilakan pelanggan untuk memberikan pertanyaan. Setelah itu kamu bisa mengumpulkan pertanyaan yang masuk dan mulai memikirkan jawabannya.

Supaya QnA yang kamu buat bisa semakin seru, kamu bisa juga bisa mengajak pelanggan untuk menjawab pertanyaan yang ditujukan untukmu. Misalnya, kamu bisa melempar pertanyaan seperti, “Kalau kalian lebih suka model baju yang mana nih?”.
Konten ini juga menjawab pelanggan ya


2. Review Produk

Me-review produk jualanmu bisa menjadi salah satu konten live streaming bareng pelanggan yang menarik lho. Pasalnya, pelanggan jadi lebih tahu tentang produk jualanmu. Selain itu, kamu juga bisa semakin meyakinkan pelanggan dengan memperlihatkan detail atau keunggulan dari produkmu.

Dalam live streaming ini, kamu juga bisa membacakan atau bahkan menunjukkan beberapa testimonial pelanggan yang kamu dapatkan lewat chat atau pun komentar di media sosial. Dengan memberikan lebih banyak testimonial yang memuaskan, pelanggan akan semakin percaya dengan produkmu.


3. Tutorial

Kamu yang berjualan produk make up cocok banget membuat konten tutorial untuk live streaming bareng pelanggan. Konten jenis tutorial sangat menarik di mata pelanggan karena memberikan inspirasi penggunaan produk yang baik bagi mereka.

Selain alasan itu, pelanggan lebih tertarik karena konten tersebut memberikan manfaat bagi mereka. Pelanggan akan lebih antusias untuk menonton live streaming yang kamu buat dan tentu saja hal tersebut memberikan dampak positif bagi toko online-mu dan jangka panjangnya adalah pada penjualanmu.

Saat pelanggan menilai toko online-mu baik, maka tidak menutup kemungkinan pelanggan jadi lebih percaya dan tertarik melakukan transaksi jual-beli di toko online-mu. Juga, kamu berarti sudah memupuk kepercayaan terhadap pelanggan yang pernah membeli produk jualanmu dan membuka peluang mereka melakukan repeat order.


4. Rekomendasi

Rekomendasi menjadi konten menarik selanjutnya. Mengingat saat ini orang-orang lebih banyak melakukan kegiatan di rumah saja, rekomendasi jadi konten tepat yang juga seru untuk dijadikan live streaming bareng pelanggan. Banyak kegiatan yang sebelumnya sulit dilakukan jadi bisa dilakukan karena himbauan di rumah saja ini.

Itu sebabnya, kamu bisa memberikan rekomendasi bagi pelangganmu saat berada di rumah saja. Kamu bisa mengajak mereka untuk tetap produktif meskipun tidak keluar rumah. Misalnya, kamu bisa memberikan rekomendasi lagu-lagu yang cocok untuk menemani saat WfH, atau makanan-makanan enak tapi praktis untuk dicoba selama di rumah saja, bahkan drama-drama yang wajib ditonton biar kamu gak bosen di rumah aja.


5. Tips dan Trik

Tips dan trik merupakan konten menarik yang juga bermanfaat bagi penontonnya. Konten ini menjadi salah satu konten seru untuk live streaming toko online-mu lho. Pasalnya, kamu bisa membagikan hal yang bermanfaat untuk pelangganmu, dan tentu bisa menarik pelanggan untuk berkunjung ke toko online-mu.

Selain itu, konten yang satu ini bisa juga kamu hubungkan dengan produk jualanmu. Sebagai contoh, jika kamu menjual produk berupa tas, kamu mungkin bisa memberikan tips dan trik merawat tas kulit tanpa ribet, lalu kamu bisa menggunakan produk jualanmu untuk demo tips dan trik tersebut. Ingat, pelanggan akan lebih tertarik dengan konten yang memberikan manfaat bagi mereka.

Hal ini tentu bermanfaat bagi mereka dan akan mudah menarik perhatian pelanggan untuk bergabung dan menonton live streaming toko online-mu. Yang terpenting adalah bagaimana pelanggan tertarik untuk bergabung menonton terlebih dahulu, saat pelanggan sudah tertarik dan ikut bergabung, proses live streaming-mu lah yang akan menentukan pelanggan akan tetap menonton atau tidak. Namun, apabila cara penyampaian kamu menarik dan seru, pelanggan tentu akan betah menontonnya.


Nah itu dia tadi, 5 konten seru buat live streaming bareng pelanggan. Untuk menarik perhatian pelanggan, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang sebenarnya pelanggan butuhkan, saat kamu sudah mengetahuinya, kamu bisa menariknya sebagai ide konten untuk live streaming toko online-mu. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik untuk menonton live streaming yang kamu adakan.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply