5 Strategi Jitu Branding Lewat Bio Instagram

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini berjualan online bisa dilakukan di berbagai macam platform, seperti website, marketplace, dan media sosial. Salah satu platform media sosial yang sering dijadikan sebagai tempat berjualan online adalah instagram. Di aplikasi instagram, kamu dapat membuat akun media sosial sendiri untuk toko online-mu. Saat kamu berhasil membuat akun tersebut, maka kamu akan diminta menulis bio atau keterangan singkat mengenai akunmu. 

Nah, seberapa penting sih bio instagram ini terhadap branding toko online-mu? Jawabannya tentu saja sangat penting! Mengapa? Karena bio adalah fondasi paling krusial untuk branding profil instagrammu dan nantinya memberikan impresi pertama pelanggan terhadap toko online-mu. 

Semua informasi yang tercantum dalam bio instagrammu harus bisa mencerminkan dan mewakili brand-mu secara keseluruhan. Lalu bagaimana caranya bisa memperkenalkan secara keseluruhan tapi terbatas pada maksimum karakter yang dapat digunakan? Biar kebingunganmu terjawab, yuk, simak strategi jitunya di bawah ini!


1. Kenalkan Apa yang Kamu Jual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja memperkenalkan produk yang kamu jual. Tujuan utama adanya bio di instagram adalah untuk mendeskripsikan secara singkat bagaimana pengguna akun tersebut. Jika kamu berjualan online, sudah pasti kamu harus memperkenalkan terlebih dahulu produk-produk apa saja yang kamu jual.

Untuk lebih optimal, sebaiknya kamu lebih menonjolkan apa keunggulan dan manfaat produkmu. Gunakan kata-kata singkat yang bisa langsung mewakili keunggulan dan manfaat produkmu, misalnya kamu bisa menggunakan kata : original, multifungsi, best quality, dan lain-lain. 


2. Gunakan Emoji Populer

Dalam menuliskan bio instagram, selain harus memperhatikan tulisan, kamu juga bisa memanfaatkan emoji. Penggunaan emoji pada akun instagrammu akan memberikan kesan friendly, dan tidak terlalu kaku. Selain itu, penggunaan emoji bisa mewakili kata-kata yang dirasa akan panjang jika diketik.

Kamu bisa menggunakan emoji berikut ini sebagai alternatif. Emoji 🙂😊 agar terlihat ramah, emoji 🔥⭐ untuk menarik perhatian, atau juga bisa menggunakan emoji 👇☎️ untuk mempertegas CTA (Call To Action). Gunakan emoji-emoji yang sering digunakan dan populer, kamu juga bisa menggunakan emoji yang sesuai dengan deskripsi yang dibuat.


3. Sertakan Call to Action

Selanjutnya, penting untuk menyertakan CTA (Call To Action) pada bio instagrammu. Mengapa dikatakan penting? Karena dengan menyertakan CTA, pelanggan akan lebih jelas dengan akun toko online-mu, misalnya jika mereka ingin mengorder atau bertanya tentang produkmu.

Pakailah kata-kata yang singkat namun jelas, seperti : follow, hubungi, add, download, order. Penggunaan CTA juga memberikan peluang untuk pelanggan membeli produkmu.


4. Cantumkan Link Website

Strategi selanjutnya adalah dengan mencantumkan link website toko online-mu. Mencantumkan link website di bio instagram toko online-mu akan memudahkan pelanggan untuk mengakses toko online-mu dengan produk-produk yang lebih lengkap dan terperinci. Selain itu, kamu bisa mempersingkat URL dengan menggunakan bit.ly. Cara ini juga bisa membuat link toko online-mu mendapatkan lebih banyak klik.

Selain itu, bagi kamu yang tidak memiliki website pribadi, tidak perlu khawatir, karena kamu masih tetap bisa memasukkan link whatsappmu, atau kamu bisa juga memasukkan link line dan e-mail, atau kontak lain yang bisa dihubungi.


5. Tuliskan dengan Ringkas

Strategi selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menulisnya dengan ringkas. Adanya keterbatasan karakter yang dapat ditulis dalam bio instagram, membuat kamu harus menulisnya secara ringkas dan jelas. Kamu dapat menulis maksimal 150 karakter untuk menjelaskan tentang brand-mu.

Usahakan untuk tidak menulis hal yang bertele-tele dan bersifat pengulangan agar lebih optimal. Untuk mempersingkat penjelasan, kamu bisa menggunakan pointer. Selain itu, penggunaan pointer juga membuat tulisanmu terlihat lebih rapi. 


Nah itu dia tadi 5 strategi jitu membangun branding lewat bio instagram. Gimana, kamu sekarang jadi tahu dong 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply