Tips Cari Model Endorse di Sosial Media (Instagram, Youtube, Twitter).

Halosis.co.id, Jakarta – Sekarang ini marak banget yang namanya endorser. Kini nggak hanya selebritis yang punya sosial media dengan followers ribuan bahkan jutaan, tapi siapa pun yang punya paras menarik, percaya diri dan kreatif juga bisa memiliki ribuan bahkan jutaan followers. Jadi mencari public figure untuk di endorse kini bukan hal yang sulit, tapi tentu ada trik and tips cara memilih public figure untuk di endorse. Nah apa aja tuh?

 

Rasanya ngak cukup kalau kita memilih public figure untuk di endorse berdasarkan opini semata, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya :

  1. Kita perlu menentukan segmentasi brand olshop kita, apakah sesuai dengan followers dari para public figure yang akan kita endorse.
  2. Menentukan sosial media platform yang sesuai dengan segmen kita. Kita perlu juga ricek kira-kira mana platform sosial media yang paling sesuai dengan brand olshop kita.
  3. Mengetahui public figure/influencer yang paling populer di masing-masing platform, yang tentunya sesuai dengan target market kita.

Hal diatas adalah hal awal yang perlu kita lakukan untuk menentukan siapa dan dimana kita akan melakukan endorsement.

Instagram saat ini memang menjadi platform sosial media yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, sebanyak 79 juta account hanya dari Indonesia, gimana gak potensial membuka dan memasarkan olshop mu di Instagram? Kita perlu menentukan segmen dan target market dari 79 juta user Instagram tersebut. Nah beberapa hal yang perlu kita ketahui lagi yaitu :

Berdasarkan Kelamin.

Setiap orang, baik user pria atau wanita memiliki ketertarikan untuk mem-follow konten yang berbeda-beda. Tapi mereka semua pasti memiliki at least beberapa ketertarikan. Misalnya, pria cenderung banyak mem-follow akun yang memiliki konten travelling, adventure, joke/parody. Sedangkan wanita cenderung mem-follow gosip, food, and online shop.

Berdasarkan Umur.

Setiap generasi memiliki kecenderungan mem-follow akun yang berbeda-beda. Tapi tetap ada kesamaan yang dapat ditemukan dari setiap generasi, yaitu mereka pasti mem-follow selebritis. Untuk lebih spesifik, range umur 16-25 cenderung aktif dengan akun-akun joke/parody dan online shop. Range umur 26-29 lebih cenderung mem-follow konten travelling, dan juga online shop. Sedangkan untuk generasi di range umur 30-35, mereka mem-follow konten kuliner dan jokes yang ada di Instagram.

Setelah memahami segmen dan target market dari brand olshop mu, kini kita siap untuk memilih endorser yang cocok dengan identitas brand olshop mu. Tidak ada jaminan bahwa setiap uang yang kamu keluarkan untuk endorsement pasti akan kembali, untuk itu kamu juga harus pintar-pintar mengatur scenario konten endorse mu untuk menarik di mata target market yang ada. Ada survey kecil mengenai apa yang dilakukan para user ketika melihat konten Instagram dari celebs/influencer, berikut data menariknya:

Sebanyak 34% dari responden yang di survey menyatakan bahwa mereka tidak melakukan apa-apa ketika melihat konten postingan dari celebs/influencer yang dia follow. Sedangkan 66% mengaku melakukan sesuatu dengan postingan yang ada. Kebanyakan dari mereka hanya sekedar memberikan Likes dan hanya sedikit yang memberikan comment atau mention ke akun teman lainnya.

Data-data ini penting untuk diketahui agar kita tidak kaget atau bingung atas response yang diberikan dari followers endorser kita.

Berikut beberapa list top account di Instagram yang bisa kita survey tentang aktivitas para followers Instagram.

  1. @dagelan
  2. @raisa6690
  3. ayutingting92
  4. raffinagita1717
  5. riaricis1795

Untuk twitter, orang kini lebih banyak menggunakan Twitter untuk mengikuti berita. Berita bisa dalam bentuk gosip atau info terkini yang sedang terjadi. Sayangnya data statistik yang didapat dari Blog.Jakpat.net memang tidak menunjukan banyak aktivitas di Twitter. Hanya 29% responden yang menyatakan melakukan retweet atas berita-berita yang ada.

Beberapa top twitter account dari Indonesia misalnya @radityadika dan @raffiahmadlagi

Youtuber atau vlogging kini juga menjadi trend tersendiri di Indonesia. Pria cenderung mengikuti konten Youtube yang berbau joke dan parody sedangkan wanita banyak mengikuti konten yang berbau tutorial makeup, memasak, hairdo, dll.

Selain itu, banyak kesamaan di kalangan pengguna Youtube di Indonesia adalah mereka mengikuti konten movie dan video clip dari lagu-lagu populer di dunia international. Sayangnya hanya 29% yang menyatakan akan melakukan subscribe dan hanya 6% yang memberikan komentar di setiap video yang dilihatnya.

Beberapa top Youtube Account yang ramai diikuti oleh user dari Indonesia misalnya:

  1. Raditya Dika
  2. Stand Up Comedy
  3. Vevo
  4. Taylor Swift Vevo
  5. The Return of Superman
  6. KBS WOrld.

Demikian tips &trik serta beberapa informasi yang baik untuk kami miliki sebelum memilih endorser untuk brand olshop-mu.

Jangan lupa mention kami di Instagram @halosisofficial untuk hasil endorse mu ya!

Selamat mencoba!

1 comment

Leave a Reply