Media Sosial Lain yang Perlu Dicoba

Halosis.co.id, Jakarta – Banyak marketers yang telah meremehkan Instagram, Snapchat, atau Vine. Orang-orang melihat platform-platform tersebut sebagai tempat bermain pribadi dan hanya berguna bagi orang-orang yang berbagi konten di antara mereka. Namun, Instagram menawarkan peluang iklan dan pemasaran yang menarik untuk bisnis. Snapchat adalah salah satu platform yang sangat fleksibel dan menarik jika dikaitkan dengan kampanye konten inovatif tentunya.

Jadi, gabungkan strategi sosial media Anda dan pilihlah pesan yang tepat untuk platform yang tepat. Anda bisa memiliki Snapchat Stories, Facebook Instant Articles, Google Hangouts, LinkedIn, dan lain sebagainya.

 

Instagram

  • Instagram memiliki sekitar 400 juta pengguna aktif
  • Jika Anda seorang marketer yang berorientasi pada Facebook, Anda sebenarnya bisa menjalankan iklan Facebook yang sama di Instagram juga
  • Jika target pelanggan Anda adalah remaja, Anda harus tahu bahwa 32% remaja di Amerika Serikat menyatakan Instagram sebagai sosial media favorit mereka, dan hampir 90% pengguna Instagram berusia di bawah 35 tahun
  • Jika Anda memiliki bisnis di industri makanan, Anda perlu tahu bahwa makanan favorit di Instagram adalah pizza
  • Berbicara mengenai konten video dan streaming, jangan lupa juga bahwa video Instagram memiliki rata-rata sharing 24 jam

 

Pinterest

  • Pada tahun 2015, Pinterest memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif
  • Kalau sebagian besar produk atau layanan Anda adalah wanita, Pinterest adalah platform yang disukai oleh 42% wanita online di seluruh dunia
  • Seandainya Anda belum menjelajahi sosial media ini, Anda harus tahu bahwa rata-rata 66% dari seluruh konten yang disematkan (pinned) oleh pengguna adalah milik brand
  • Belum lama ini, Pinterest mengumumkan fitur pencarian visual baru yang memungkinkan pengguna mengklik item pada gambar dan membuka pencarian baru. Pencarian visual sangat cok untuk marketer yang ingin mempromosikan dan menjual produk tertentu. Jika Anda menjual produk dan memasangnya di Pinterest, penguna bisa mengklik foto tersebut dan mengarahkan pengguna ke hasil pencarian lain untuk produk yang sama atau serupa, dan begitu juga sebaliknya

 

LinkedIn

  • Ada yang mengatakan bahwa kalau Anda tidak memiliki halaman perusahaan di LinkedIn, maka artinya Anda tidak ada. Ini adalah cara ain untuk mengatakan bahwa lebih dari 3 juta perusahaan memiliki akun LinkedIn. Namun, hanya 17% bisnis kecil di Amerika Serikat yang sudah menggunakan LinkedIn
  • LinkedIn menggunakan aplikasi SlideShare dan aplikasi pembaca berita Pulse sejak 2012
  • Mereka membuka platform penerbitan mereka untuk semua anggota sejak 2014
  • Halaman perusahaan LinkedIn yang dirancang dengan baik meningkatkan peringkat mesin pencarian dan ramah SEO.
  • Data terbaru menunjukkan bahwa 50% anggota LinkedIn lebih terbuka dan bersedia untuk membeli dari perusahaan jika mereka terlibat di LinkedIn
  • LinkedIn memungkinkan Anda menyukai dan berbagi konten sebagai perusahaan; melibatkan anggota lainnya; targetkan pesan Anda ke audiens tertentu, dll

 

Ini hanyalah beberapa contoh bagaimana platform lama namun kurang dimanfaatkan dapat berubah menjadi pertanda keberadaan perusahaan, citra, dan branding cerdas.

Leave a Reply