ChatBot untuk CRM yang Lebih Baik

Halosis.co.id, Jakarta – Customer Relation Management adalah elemen penting bagi bisnis yang sukses. CRM adalah tempat dimana Social Media sangat membantu bisnis.

Kita semua tahu bahwa media sosial membuat kita lebih dekat dengan pelanggan kita. Dengan adanya Chatbot, kita dapat membuat keterlibatan dengan pelanggan secara Real-Time.

Aplikasi Pesan Instan seperti Telegram dan Vine telah meluncurkan bot di platform mereka. Facebook mengumumkan Bots for Messenger Platform pada Konferensi F8 tahunan yang diadakan pada bulan April 2016 lalu. Sejauh ini, ada sekitar 12.000 bot yang dibuat di Platform Messenger.

Anda tahu bahwa pasti ada beberapa alasan kuat mengapa Chatbot digunakan secara luas sekarang in, sebut saja:

Chatbot digunakan dalam aplikasi chatting dan jumlah pengguna layanan aplikasi juga meningkat drastis. Messenger dan WhatsApp telah melewati angka 1 miliar pengguna masing-masing, dan jumlahnya pun terus bertambah.

Sebuah survei yang dilakukan oleh HeyWire Business mengungkapkan bahwa:

  • 53% konsumen yang berusia 18-34 tahun mengatakan bahwa mereka lebih suka menggunakan media elektronik – email, web chat, teks atau sosial media – dibandingkan telepon untuk menghubungi customer service
  • 79% frustrasi dengan pilihan customer service yang tersedia
  • 31% mengatakan bahwa penting bagi teks untuk menjadi pilihan customer service yang tersedia

Chatbot dapat digunakan secara efisien untuk menyediakan layanan 24/7 kepada pelanggan. Chatbot dapat bekerja lebih cepat daripada manusia dalam memberikan jawaban terkait data dan permintan. Selain itu, Anda tidak peru mempekerjakan karyawan untuk customer service. Dengan deminikan, hal ini memenuhi persyaratan efektivitas biaya pemasaran Anda.

Tren Chatbot tidak akan meninggalkan industri pemasaran digital tanpa meninggalkan tanda nyata pada tahun 2017 ini.

Leave a Reply