Chatbot Platform dan Masa Depan Bisnis Online di Indonesia.

HALOSIS.CO.ID, Jakarta – Kegiatan jual beli online kini sangat digemari baik oleh pembeli maupun penjual. Dari 2 sisi memang jual beli secara online lebih efisien dan lebih cepat. Selain jual beli online di marketplace dan E-commerce, jual beli secara online juga masih menggunakan model lama yaitu dengan chat base order. Chat base order ini sebenarnya jauh lebih cepat dan mudah dilakukan baik dari sisi pembeli maupun penjual, walaupun dari segi keamanan, transaksi melalui e-commerce memang lebih aman. Chat base order ini biasanya membuat seorang penjual harus siap sedia membalas chat dari pembeli dan biasanya pertanyaan atau alur komunikasinya tidak jauh berbeda antara pembeli 1 dengan pembeli lainnya. Oleh karena itu, kini beberapa messenger sudah mulai menyediakan fasilitas chat bot untuk membantu penjual atau bisnis online menangani repetitive action yang baisa dilakukan oleh admin, kini dapat dilakukan oleh chat bot.

Chatbot di Bisnis Internasional

Sebenarnya chat bot platform ini sudah banyak digunakan di bisnis internasional, selain untuk kebutuhan peningkatan sales, chatbot juga dapat digunakan untuk beberapa kegiatan yang memiliki repetitive action misalnya seperti:

 

  • Interaksi dengan supplier. Chatbot dapat di design untuk melakukan beberapa hal berkaitan dengan supplier seperti :

 

    1. Menjawab pertanyaan spek yang standard.
    2. Memberikan informasi invoice.
    3. Memberikan informasi pembayaran seperti nominal, tanggal dan lain-lain.

Daripada melatih orang untuk melakukan sesuatu secara terus-menerus, lebih baik jika menggunakan sumber daya manusia ke fungsi yang lebih penting. Lagipula, dengan chatbot mungkin biaya diawal lebih besar, namun akan dapat digunakan jangka panjang. Sedangkan melatih orang, belum tentu akan bekerja lama di posisi tersebut.

 

  • Penerimaan Rekrut. Chatbot juga dapat di design untuk mengelola proses rekrutmen seperti :

 

    1. Menyeleksi CV dari pelamar kerja yang sesuai dengan kriteria tertentu.
    2. Menjawab pertanyaan umum dari pelamar, seperti alamat kantor, jam kerja, fasilitas, dll.
    3. Mengkontrol proses rekrutmen, menyelesaikan projek rekrutmen, dan lain-lain.

Dengan adanya chatbot platform yang baik, akan sangat mengurangi beban gaji karyawan dan mengurangi biaya pelatihan serta biaya rekrutmen karyawan.

 

  • Pengurus Kegiatan HRD untuk Internal. Kegiatan sehari-hari HRD untuk perusahaan sangatlah banyak karena mencakup kebutuhan karyawan. Jika perusahaan besar yang punya banyak karyawan, namun segalanya masih dilakukan secara manual, maka akan menghambat proses kerja tim HRD itu sendiri. Oleh karena itu, design chatbot dapat memberikan solusi misalnya seperti :

 

    1. Pengambilan cuti, izin dan teguran keterlambatan.
    2. Claim tunjungan kesehatan
    3. Permintaan slip gaji.

Fungsi Chatbot

Seperti yang sudah beberapa kali disampaikan sebelumnya bahwa dengan adanya chatbot, akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Karyawan akan dapat difokuskan untuk pekerjaan yang lebih penting dan lebih membutuhkan analisa manusia. Sedangkan chatbot dapat menggantikan fungsi yang berulang. Dengan adanya chatbot, bisnis tidak lagi terpaku pada jam kerja. Karena chatbot dapat bekerja 24 jam. Misalnya untuk taking order, yang biasanya hanya terpaku pada 8 jam kerja per hari, kini order dapat dilakukan 24 jam dan admin tinggal merekap semua order dalam sehari di keesokan harinya.

Dengan adanya chatbot, kita juga dapat membuat analisa kebiasaan dari pelanggan atau karyawan kita. Analisa kebiasaan dari interaksi dengan chatbot misalnya dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan, seberapa efektif kinerja mereka selama 8 jam kerja, memberikan saran perkembangan, menyarankan best practice yang terjadi di industri.

Halosis – Asisten virtual Toko Online mu!

Nah sudah mulai familiar dengan chatbot? Kini saatnya kamu mengetahui apa itu Halosis. Halosis sendiri adalah platform chatbot di Indonesia untuk jual beli melalui sosial media. Saat ini kami menawarkan solusi agar toko online mu dapat menerima order 24 jam tanpa perlu membayar admin untuk mengelola messenger mu. Chatbot ini hanyalah 1 diantara banyak fitur yang ditawarkan Halosis. Misalnya seperti integrasi stok, upload produk ke sosial media, dan lain-lain. Untuk tahu lebih banyak, coba cek website kami di Halosis.co.id dan dapatkan free trial untuk toko onlinemu!

Leave a Reply