Tips Jitu Bikin Video Promosi Produk di Instagram Jadi Lebih Menarik

Halosis.co.id, Jakarta – Video adalah jenis konten yang saat ini sangat sangat digemari. Faktanya, kebanyakan orang lebih suka menonton dibanding membaca. Objek yang bergerak membuat mata tidak bosan melihatnya.

Itu sebabnya, konten video penting untuk akun media sosial toko online-mu, terutama di platform Instagram. Konten video bisa jadi salah satu cara fresh untuk mempromosikan produkmu pada pelanggan. Pelanggan akan lebih tertarik melihatnya karena berbentuk video.

Kamu tentu ingin membuat konten video promosi produk yang menarik bukan? Kalau begitu, yuk, langsung cek tipsnya di bawah ini.


1. Mulai dari Sebuah Cerita

Video promosi produk tidak harus selalu menawarkan produk dan berisi CTA saja. Justru, video yang menarik harus punya alur cerita dan tidak terlalu hardsell. Dengan membuat sebuah cerita, pelanggan akan merasa lebih penasaran dan ingin terus menonton.

Cerita yang berkesan adalah cerita yang bisa mempengaruhi emosi pelanggan. Untuk bisa mempengaruhi emosi, kamu harus bisa membuat cerita yang relevan dengan pelanggan. Jika pelanggan sudah terkesan, sangat besar peluang bahwa mereka akan memberikan like, comment, bahkan membagikan video-mu.


2. Maksimalkan di 3 Detik Pertama

3 detik pertama dalam sebuah video promosi adalah 3 detik yang sangat krusial. Apa yang ditampilan dalam durasi singkat ini akan menentukan, apakah pelanggan akan melanjutkan menonton atau melewatinya. Jika kamu ingin pelanggan tetap menonton videomu sampai akhir, pastikan 3 detik pertama videomu sudah maksimal. Artinya, buat semenarik mungkin, entah itu dari segi visual atau pun tulisan.

Kamu harus menemukan apa yang menjadi daya tarik lebih dari videomu. Jika kamu sudah mengetahuinya, maka taruhlah hal tersebut di 3 detik pertama videomu. Kalau kamu menggunakan copy sebagai daya tarik lebih dari videomu, kamu bisa mengambilnya dari keyword ceritamu.


3. Jangan Lupa Mengedit Video

Video yang menarik tentunya adalah video yang matang secara eksekusi. Untuk mempercantik tampilan video dan menguatkan videomu dengan tambahan musik atau voice over, kamu tentu harus mengeditnya.

Proses editing bisa diibaratkan kesempatan terakhir untuk membuat videomu lebih sempurna. Misalnya ada beberapa bagian dari videomu yang kurang pencahayaan, atau suaranya terlalu kecil. Itu semua bisa kamu edit dan dimaksimalkan. Kamu juga bisa menambahkan backsound untuk membuat telinga pelanggan nyaman. Atau, jika kamu suka mendesain, kamu bisa menambahkan beberapa graphic element untuk videomu. Semua tergantung kebutuhan videomu.


4. Gunakan Thumbnail yang Menarik Saat Diunggah

Faktor lain yang bisa membuat video promosi produkmu terlihat lebih menarik adalah thumbnail video. Meskipun kelihatannya hanya sebuah hal kecil, tetapi thumbnail memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pelanggan. Thumbnail yang menarik akan membuat pelanggan tertarik untuk mengklik videomu dan memutarnya.

Saat kamu memilih thumbnail untuk videomu, usahakan untuk menggunakan gambar yang eye-catchy dan judul yang membuat orang penasaran. Kamu bisa mengambilnya dari bagian video yang dirasa paling menarik. Atau jika kamu ingin lebih maksimal, kamu bisa membuat gambar khusus untuk dijadikan thumbnail.


Nah, itu dia tadi tips jitu bikin video promosi produk di instagram jadi lebih menarik. Gimana, mudah kan menerapkan tipsnya? Meskipun perlu banyak usaha untuk membuat pelanggan tertarik menonton videomu, namun hal itu akan sebanding dengan hasilnya.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply