Mengapa Konten Video Penting untuk Sosial Mediamu? Ini Dia Jawabannya

Halosis.co.id, Jakarta – Video merupakan salah satu jenis content killer yang paling banyak ditemukan di media sosial. Mulai dari konten untuk seru-seruan bersama pelanggan, seperti games, sampai konten informatif yang dikemas seperti berita

Kenapa konten video sangat penting untuk media sosial dan lebih mudah jadi content killer? Simak alasannya di bawah ini.


1. Orang Lebih Suka Menonton dibanding Membaca

Sesuai dengan target audience kamu yang adalah orang Indonesia, konten video menjadi pilihan yang tepat. Menurut penelitian, 90% orang Indonesia lebih suka menonton ketimbang membaca. Ini artinya, video lebih mudah menyasar target audience-mu lebih cepat dan tepat.

Konten video bersifat dinamis sehingga membuat audience lebih mudah tertarik untuk menontonnya. Selain itu, bagi sebagian orang menonton jauh lebih menyenangkan dan tidak membosankan.


2. Memiliki Bahasa Universal

Meskipun sebuah video terkadang tidak menggunakan bahasa verbal untuk menyampaikan pesan di dalamnya, tetapi penonton masih bisa mengerti. Penonton bisa paham karena video memiliki bahasa yang universal. Hal tersebut bisa dilihat dari gerak tubuh, ekspresi, atau mood dari video tersebut.

Karena memiliki bahasa yang lebih universal, video lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Konten yang berisi hanya foto atau banyak tulisan mungkin mudah dipahami sebagian orang. Namun untuk sebagian orang lainnya, konten yang padat dengan tulisan cenderung sulit untuk dicerna.


3. Lebih Menarik untuk Dibagikan

Kebanyakan video dibuat menggunakan suara atau musik sebagai penunjang. Audio atau suara membuat video lebih mudah untuk menyalurkan emosi pada penontonnya. Emosi inilah yang biasanya menggerakkan penonton untuk membagikannya ke orang lain.

Sebgaian besar orang tentunya akan dengan sukarela membagikan konten yang menyentuh hati atau sangat relevan dengannya. Selain itu, di media sosial, semakin banyak videomu dibagikan audience, semakin banyak juga video itu akan ditonton.


4. Meningkatkan Engagement

Karena lebih menarik, universal, dan mudah dibagikan, tingkat engagement sebuah video biasanya lebih tinggi dibandingkan konten foto. Dengan meningkatnya engagement, besar kemungkinan audience yang terjangkau bisa lebih luas.

Peningkatan engagement ini bisa dimaksimalkan lagi dengan menggunakan hashtag yang tepat. Dengan hashtag-hashtag yang relevan, videomu bisa dijangkau lebih banyak orang.


Nah, ternyata konten video itu penting ya untuk sosial media toko online-mu. Kamu bisa meningkatkan engagement, kamu juga bisa dipercaya oleh pelanggan, dan bisa menjangkau pelanggan lebih luas.

Apakah kamu sekarang sudah kepikiran untuk buat konten video? Apapun yang akan kamu bahas di konten videomu, usahakan untuk sesuai dengan kebutuhan target audience-mu. Supaya konten yang kamu buat tepat sasaran dan tidak sia-sia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply