Bukan Cuma Buat Senang-senang, Ini Pentingnya Konten Fun untuk Sosmed Jualan

Halosis.co.id, Jakarta – Dalam dunia bisnis, ada sebuah istilah ‘content is king’ (konten adalah raja). Artinya, konten yang kamu tampilkan adalah kunci keberhasilan pemasaran yang kamu lakukan. Untuk online seller, konten adalah hal tepenting dalam pemasaran lewat media sosial.

Jenis konten media sosial ada berbagai macam. Ada konten yang jenisnya edukatif, informatif, inspiratif, hard-selling, hingga konten yang sifatnya menghibur atau fun. Setiap jenis konten tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Banyak online seller yang menganggap bahwa konten fun tidak terlalu penting. Tetapi, sebenarnya, konten fun adalah konten yang harus ada di akun media sosial toko online-mu lho.

Konten yang bersifat fun adalah jenis konten yang paling digemari dan dicari. Konten jenis ini juga bisa membuatmu bisa lebih dekat dengan pelanggan. Tidak sampai di situ saja, masih banyak alasan penting lain, kenapa kamu harus sering post konten fun di medsos OL shop-mu. Yuk, simak alasan lainnya di bawah ini!


1. Menyegarkan Tampilan Akun

Alasan pertama, kenapa konten fun penting adalah karena bisa menyegarkan tampilan akun medsos OL shop-mu. Konten fun memang bukan konten utama yang harus kamu tampilkan di medsos OL shop-mu. Namun pelanggan akan mudah merasa bosan jika kamu hanya posting konten seputar produk. Karena itu, penting menyisipkan konten fun agar ada sesuatu yang baru dan menarik.

Melalui konten fun, kamu juga bisa lebih bebas untuk berekspresi. Mulai dari bahasa komunikasi, desain, mood, dan mediumnya. Jika biasanya kamu hanya mengunggah desain flat, kamu bisa bermain dengan medium video. Pelanggan biasanya lebih tertarik dengan konten video.

Selain itu, untuk isinya, memang baik jika konten tersebut masih memiliki benang merah dengan jualanmu. Namun, tidak ada yang salah juga jika kamu membuat konten fun yang tidak relate dengan jualanmu


2. Menghibur Pelanggan

Tujuan konten fun sudah pasti untuk menghibur pelanggan. Disadari atau tidak, semua manusia memiliki kebutuhan akan hiburan. Entah itu untuk melepas penat, mencari inspirasi, atau untuk alasan lainnya. Jadi jangan heran kalau hampir semua orang suka melihat konten-konten menghibur di media sosial.

Pelanggan yang sehari-hari sudah disibukkan dengan beragam kegiatan, butuh sesuatu untuk menyegarkan pikirannya. Kamu bisa mencari-cari konten fun seperti apa yang kira-kira lebih disukai oleh target audience-mu. Kamu bisa mengetahuinya melalui insight yang kamu dapatkan dari pelanggan


3. Meningkatkan Engagement

Selanjutnya adalah meningkatkan engagement. Hal ini karena konten fun lebih bersifat umum dan tidak hanya tertarget pada sekelompok orang secara spesifik. Hal ini membuat jangkauan konten fun akan jauh lebih luas. Jika konten fun yang kamu buat relevan dengan banyak orang, peluang kontenmu menjadi viral akan sangat besar.

Selain itu, penggunaan hashtag juga sangat mempengaruhi penjangkauan audience. Gunakanlah hashtag-hashtag terkait dan yang banyak digunakan. Kamu bisa memakai 20-30 hashtag dalam satu unggahan agar hasilnya lebih maksimal. 


4. Meningkatkan Brand Awareness

Brand sangat penting bagi sebuah toko online. Salah satu yang bisa meningkatkan brand awareness toko online-mu adalah konten fun. Mengapa demikian? Karena konten ini bisa mengundang calon pelanggan untuk berkunjung ke toko online-mu. Dengan begitu, calon pelanggan akan lebih aware dengan toko online dan produk jualanmu.

Saat pelanggan sudah menyadari toko online-mu, kamu akan lebih mudah untuk dekat dengan pelanggan. Terlebih lagi, saat kamu membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, pelanggan akan lebih percaya dengan toko online-mu


Wah, ternyata ada banyak manfaat yang kamu dapatkan saat membuat konten fun untuk medsos OL shop-mu ya. Kamu sudah sering membuat konten berjenis fun di medsos OL shop-mu belum? Atau jangan-jangan, kamu bahkan belum bisa mengelola medsos OL shop dengan maksimal?

Kamu tidak perlu khawatir lagi karena Halosis punya Social Media Team yang bisa bantu kamu buat konten-konten yang menarik. Tim kami sudah berpengalaman dalam membantu online seller berjualan, sehingga bisa lebih memahami kebutuhan dan target audience-mu.

Penasaran dengan service yang kami tawarkan? Kamu bisa klik di sini untuk melihat detailnya dan menggunakan jasa tim sosmed Halosis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa melihat instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply