Kejar Target Terus? Hati-hati, Kamu Juga Butuh Istirahat!

Halosis.co.id, Jakarta – Target yang bisa tercapai tentu akan membuat kita merasa senang. Semangat mengejar target bahkan sampai melampaui tujuan memang bagus sih, tapi dampak dari mengejar target secara terus menerus juga tidak baik lho. Ada kalanya kamu harus beristirahat dari rutinitas dan menikmati hidupmu.

Sebenarnya apa saja pentingnya beristirahat? Yuk simak alasannya berikut ini:


1. Menjadi Pemanis dalam Hidup

Istirahat di sela-sela rutinitas bisa diibaratkan sebagai pemanis dalam kehidupan. Terjebak dalam rutinitas yang itu-itu saja tentu bisa membuat kamu menjadi jenuh. Supaya kamu terhindar dari rasa bosan dengan rutinitasmu, kamu bisa beristirahat sejenak dan menikmati me time. Kamu bisa mengisi waktu me time-mu dengan pergi berjalan-jalan, membaca buku, menonton, melakukan hobi lain, atau bahkan bermalas-malasan di rumah. 


2. Memberikan Energi Positif

Tidak hanya menjadi pemanis dalam hidup, istirahat juga bisa memberikanmu lebih banyak energi positif. Tanpa kamu sadari, aktivitas yang kamu lakukan setiap hari bisa saja mengikis energi positif yang ada dalam dirimu. Kalau di pagi hari kamu mulai merasa malas untuk bangun, bekerja, bersekolah, ataupun berjualan, ini tandanya kamu perlu me-recharge energi positifmu. Salah satu cara paling mudah adalah dengan beristirahat. Setelah beristirahat beberapa waktu, kamu pasti akan kembali merasa segar dan penuh dengan energi positif. 

3. Mengembalikan Fokus


Bekerja keras memang baik, tapi bekerja terlalu keras belum tentu membuahkan hasil yang maksimal. Rasa lelah, stres, dan tekanan besar karena terlalu banyak bekerja terkadang bisa membuatmu kehilangan fokus. Kalau sudah kehilangan fokus, kamu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Untuk menenangkan pikiran dan tubuh, kamu perlu beristirahat. Setelah mengistirahatkan diri dari aktivitas sejenak, kamu bisa kembali melanjutkan rutinitas dengan fokus yang tinggi.


4. Memanjakan Diri

Tubuhmu bukan robot yang bisa bekerja terus menerus. Bahkan robot pun bisa mengalami error saat dalam kondisi tertentu. Sesekali ambillah waktu istirahat untuk memanjakan dirimu. Memanjakan diri terkadang diperlukan sebagai bentuk relaksasi dan refreshing. Memanjakan diri tidak selalu perlu mengeluarkan banyak uang. Kamu bisa memilih cara memanjakan diri yang sesuai dengan budget-mu.


5. Kesempatan untuk Berinteraksi

Waktu untuk beristirahat tidak melulu harus dihabiskan seorang sendiri. Kadang, kamu juga bisa memanfaatkan waktu rehatmu untuk berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa pergi nongkrong atau hangout dengan keluarga atau teman-temanmu. Ngobrol dan bertukar pikiran dengan orang lain bisa membantumu melepaskan penat sekaligus dapat banyak insight atau ide-ide baru dari lawan bicaramu.


6. Memberikan Kesempatan untuk Memahami Diri Sendiri

Beristirahat juga sebenarnya punya makna yang lebih dalam. Saat kamu mengambil waktu sejenak untuk keluar dari rutinitasmu, kamu sedang memberikan kesempatan untuk lebih mengenal dirimu sendiri. Saat kamu bekerja terlalu fokus untuk mengejar target, tanpa disadari kamu telah memberikan celah untuk melupakan dirimu sendiri, apa yang sebenarnya kamu butuhkan, apa yang sebenarnya penting untuk dirimu sendiri.


7. Lebih menikmati hidup

Hidup di dunia ini tujuannya untuk dinikmati. Percuma saja kalau kamu bekerja begitu keras tapi kamu sendiri tidak bisa menikmatinya. Kamu bisa menyisihkan sedikit waktumu untuk menikmati hidup dan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Kualitas hidup yang baik adalah ketika kamu bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi, keluarga dan pekerjaanmu.


Itu dia 7 fungsi beristirahat yang mungkin kamu lupakan selama ini. Jangan lupa, kerja keras itu baik, tapi kerja keras juga harus diimbangi dengan istirahat. Semoga artikel ini bermanfaat! Untuk dapatkan info menarik lainnya seputar jualan online, follow instagram Halosis @halosisofficial

Leave a Reply