Hindari Stres di Masa Pandemi COVID-19 dengan Tips Ini

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini, Indonesia masih terus berjuang melawan pandemi COVID-19. Seluruh masyarakat Indonesia merasakan dampak yang begitu besar karena pandemi ini. Tidak hanya secara finansial, tapi juga secara psikologis.

Saat ini banyak sekali orang yang sedang mengalami stres. Entah akibat kehilangan pekerjaan, profit bisnis yang menurun drastis, kebangkrutan, atau karena alasan lainnya.

Stres di masa seperti ini mungkin tidak bisa dihindari. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menghadapi stres dengan baik. Mau tahu cara ampuh untuk atasi stres di masa seperti ini? Simak tipsnya di bawah ini!


1. Hadapi dengan Tenang dan Pikiran Positif

Ketika mengalami suatu masalah atau sedang berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan, kamu harus tetap tenang. Bersikap tenang akan membuatmu bisa berpikir lebih jernih dan logis. Kamu juga akan lebih mudah mengambil keputusan saat kamu tenang.

Selain tenang, kamu harus selalu menanamkan mindset yang postif atas kondisi sulit yang sekarang kamu alami. Cobalah melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang sedang menghadapi kesulitan ini. Yakinlah bahwa situasi sulit ini pasti berakhir.


2. Atur Fokus Jangka Pendek

Kamu mungkin sudah merencanakan banyak hal untuk tahun ini. Namun kenyataannya, rencanamu harus berubah drastis karena situasi. Untuk bisa menghadapi permasalahan seperti ini, maka cobalah untuk berpikir lebih realistis.

Buatlah daftar plan B untuk jangka pendek. Saat ini yang paling terpenting adalah bagaimana caranya bisa bertahan. Meskipun sebenarnya baik, namun mengingat kondisi yang tidak pasti, akan lebih bijak jika kamu membuat rencana untuk jangka pendek. 


3. Makan, Tidur, dan Olahraga Secara Teratur

Salah satu pengaplikasian fokus jangka pendek untuk bertahan adalah dengan hidup sehat. Mulailah lakukan kebiasaan sehat dengan jadwal yang teratur. Itu semua dilakukan agar tubuhmu tetap sehat dan fit.

Makanlah makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur-sayuran. Sebaliknya, hindari makan junk food, karena tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan jam makanmu. Sebaiknya kamu sarapan sebelum jam 9 pagi, makan siang saat waktu istirahat (sekitar jam 12-1 siang), serta makan malam sebelum jam 8 malam. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih. Kurang lebih 2,7 liter perharinya untuk wanita. Sedangkan untuk pria membutuhkan 3,7 liter perhari. 

Selain itu, pola tidur juga harus diperhatikan. Hindari tidur larut malam. Waktu tidur yang ideal adalah jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi. Dengan waktu tidur tersebut, kamu bisa mendapatkan waktu beristirahat yang berkualitas. Pastikan kamu sudah memiliki waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam. Karena, kurang dari jam tersebut, konsentrasimu di siang hari akan terganggu.

Setelah makan dan tidurmu teratur dan benar, akan lebih lengkap lagi jika kamu berolahraga. Kamu bisa menjaga tubuhmu tetap ideal, terutama bagi wanita. Namun, yang terpenting adalah agar tubuhmu tetap segar dan fit. Sehingga, kamu tidak mudah terserang penyakit. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti push-up, sit-up, squat jump, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melakukannya sekitar 20-30 menit perhari, jadi tidak terlalu memakan banyak waktu tapi tubuh bisa tetap sehat.


4. Tetap Terhubung dengan Orang-orang Terdekat

Manusia adalah makhluk sosial. Tidak heran, jika manusia harus hidup bersosialisasi dengan yang lain. Untuk menghindari stres di masa pandemi COVID-19 ini kamu harus tetap terhubung dengan orang-orang terdekatmu. Kamu bisa bercerita dan mencurahkan isi hatimu kepada keluarga, sahabat, ataupun temanmu.

Tujuannya untuk mengurangi beban di hatimu. Saat kamu bercerita, tanpa menerima masukkan dari orang lain pun, kamu akan merasa lebih lega. Bahkan, hanya sekedar mengobrol ringan bertanya kabar pun, bisa membuat suasana hati membaik.


5. Batasi Penggunaan Sosmed

Tidak bisa dipungkiri, saat ini penggunaan sosmed telah mempengaruhi kehidupan kita. Ada banyak pengaruh sosmed yang sebenarnya tidak terlalu baik untuk diri sendiri. Sebagai contoh, mungkin kamu sering melihat unggahan dari akun teman-temanmu atau orang-orang yang kamu ikuti di sosmed yang dapat membuat kamu merasa insecure.

Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, tidak sedikit berita hoax yang beredar di sosmed. Kamu harus bijak menyaring informasi-informasi yang ada. Itu sebabnya, sebaiknya kamu membatasi penggunaan sosmed. Sebaiknya, penggunaan sosmed tidak lebih dari 2 jam perhari. Karena bisa menimbulkan tekanan psikologis.

Kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk berkegiatan di dunia nyata. Jika kamu sudah terbiasa membatasi penggunaan sosmed, maka kamu akan lebih mudah untuk tidak terlalu bergantung pada sosmed. Tentunya, kamu juga akan semakin bijak dalam bersosial media.


6. Lakukan Hal-hal yang Membuat Kamu Bahagia

Tips selanjutnya agar kamu terhindar dari stres adalah dengan melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia. Dengan melakukan hal menyenangkan, suasana hatimu akan terjaga. Kamu bisa menyalurkan hobimu yang mungkin sudah lama tidak bisa dilakukan.

Mungkin, kamu juga suka menonton, kamu bisa maraton drama atau film yang kamu sukai. Selain itu, ada banyak cara lain yang bisa membuat kamu bahagia, seperti mendengarkan musik, memasak, bermain game, makeup atau mungkin menulis. Semua tergantung pada apa yang bisa membuat kamu bahagia. 


Nah, itu dia 6 tips ampuh atasi stres di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Stres adalah hal yang wajar terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menghadapi stres tersebut. Pandemi COVID-19 ini memang merugikan banyak orang. Namun kamu harus tetap melihat sisi positifnya.

Manfaatkanlah waktu ini sebaik mungkin dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau bisa menambah pendapatan. Misalnya dengan berjualan online dari rumah. Kamu bisa mulai berjualan online dengan modal kecil.

Semoga tips ini bermanfaat ya. Nah, kalau kamu mau tahu tips-tips seputar jualan online lainnya, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply