Atasi Persaingan Ketat Jualan Online dengan 4 Cara Ini!

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini, penjualan secara online semakin marak, apalagi setelah masyarakat Indonesia harus berkegiatan dari rumah karena pandemi COVID-19. Untuk mengurangi bepergian ke luar rumah, sebagian besar orang memilih untuk berbelanja secara online. Dengan adanya fakta tersebut, tidak heran kalau saat ini persaingan jualan online semakin ketat.

Persaingan yang semakin ketat ini tentu harus kamu sikapi dengan berpikir kreatif. Kamu harus bisa menemukan perbedaan atau poin plus yang membuat kamu lebih unggul dari pesaingmu dan membuat pelanggan lebih tertarik belanja di toko online-mu.

Ada banyak cara lain untuk bisa bersaing dalam berjualan online. Beberapa di antaranya akan dibahas pada artikel berikut ini.


1. Memberikan Pelayanan yang Berbeda

Berpikir kreatif menjadi sangat penting untuk dapat mengatasi persaingan jualan online yang semakin ketat ini. Salah satunya dengan memberikan pelayanan yang berbeda dengan toko online lain atau kompetitormu. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian pelanggan.

Amatilah bagaimana kompetitormu melayani pelanggan. Setelah kamu tahu bagaimana mereka melayani pelanggan, kamu bisa memberikan pelayanan yang berbeda atau bahkan lebih untuk menarik pelanggan.

Contohnya, jika toko pesaing melayani pelanggan dari pukul 09.00-21.00, kamu bisa memberikan pelayanan yang berbeda. Kamu bisa menggeser jam buka toko online-mu dan menyesuaikan dengan jam ramai pelanggan. Atau bahkan kamu bisa menambah jam operasionalmu, misalnya jadi pukul 07.00-23.00.


2. Jangkau Pelanggan Lebih Luas dengan Website

Saat ini banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk berjualan online, salah satunya adalah website. Penggunaan website untuk berjualan online memiliki beberapa keuntungan yang sulit kamu dapatkan di platform lain. Salah satunya adalah bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Seperti yang diketahui, website merupakan platform yang lebih universal dan mudah diakses siapapun.

Berbeda dengan marketplace yang jangkauannya terbatas. Lalu bagaimana dengan media sosial? Bukankah media sosial juga memiliki jangkauan yang luas? Betul, tetapi umumnya website lebih digemari pelanggan yang berada di luar jangkauan kita. Pelanggan akan lebih percaya untuk membeli di website toko online-mu dibandingkan melalui media sosial.

Selain itu, penggunaan website jauh lebih prestise dibandingkan platform lain karena kamu bisa lebih menonjolkan branding. Penggunaannya juga cenderung mudah dan bahkan bisa diakses sampai ke luar negeri. Dengan jangkauan yang luas, peluang untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor akan semakin terbuka lebar.


3. Jadikan Kekurangan Kompetitor Sebagai Kelebihan Toko Online-mu

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan studi banding. Studi banding yang dimaksudkan adalah mengamati toko online lainnya atau kompetitormu. Kamu bisa menganalisis apakah yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari kompetitormu.

Kamu bisa mencoba untuk berbelanja di toko online-nya, mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, bagaimana cara melayani pelanggannya, bagaimana jangka waktu pengirimannya atau ekspedisi yang digunakan, serta bagaimana kualitas barangnya. Setelah kamu mengetahui hal-hal tersebut, kamu jadi bisa belajar hal baru dari kompetitormu. Mungkin ada pelayanan atau hal lain yang selama ini tidak ada di toko online-mu dan hal tersebut baik, kamu bisa menerapkannya, atau bahkan memodifikasinya menjadi lebih baik.

Apa yang jadi kekurangan kompetitormu, usahakanlah untuk menjadi kelebihan toko online-mu. Misalnya, jika kompetitormu tidak cukup fast respon dalam membalas chat pelanggan. Kamu bisa menjadikannya kelemahan ini sebagai sebagai kelebihan toko online-mu, dengan mengutamakan merespon pelanggan atau fast respon. Pelanggan pun akan lebih senang dengan toko online yang fast respon


4. Memaksimalkan Promosi di Banyak Platform

Promosi sangatlah penting karena menjadi salah satu faktor pendorong kuat agar pelanggan untuk memutuskan berbelanja di toko online-mu. Namun, kamu bukanlah satu-satunya online seller yang melakukan promosi. Karena itu, kamu harus bisa membuat penawaran yang lebih menarik dibandingkan pesaingmu.

Maksimalkanlah promosi di banyak platform penjualan. Jangan hanya melakukan promosi di satu platform karena pasti jangkauannya akan sangat terbatas. Jika kamu memiliki banyak platform berjualan, gunakan semua platform untuk melakukan promosi.

Cara melakukan promosi di setiap platform tentu berbeda karena  penggunanya pun berbeda. Sebagai contoh, akan lebih baik jika kamu menggunakan kata-kata yang lebih baku saat membuat promosi di website, dibandingkan dengan media sosial. Saat kamu melakukan promosi di banyak platform, jangkauan pelangganmu akan lebih luas, dan itu artinya peluang penjualan meningkat.


Untuk mengatasi persaingan ketat dalam berjualan online, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan memberikan pelayanan ekstra pada pelanggan. Mungkin hal ini terlihat sulit dan melelahkan, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Dengan aplikasi Halosis, kamu bisa tetap berjualan 24 jam tanpa perlu melayani pelanggan. Fitur manajemen order 24 jam akan membantu kamu membalas setiap chat pelanggan dan memproses orderan secara real time.

Selain itu, kamu juga bisa memiliki laporan penjualan yang rapi, sehingga lebih mudah untukmu memonitor produk yang laris dan kurang laris. Dengan begini, kamu akan lebih mudah untuk membuat strategi penjualan lebih bersaing. Kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis

Leave a Reply