Tingkatkan Kepuasan Berbelanja Pelanggan dengan Cara Ini

Halosis.co.id, Jakarta – Pelanggan yang berbelanja di toko online-mu tentu ingin memiliki pengalaman berbelanja terbaik. Begitupun kamu sebagai online seller, pasti ingin membuat pelanggan puas dengan pelayanan toko online-mu. Karena, dengan begitu, akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Kepuasan berbelanja pelanggan menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan karena hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan pelanggan. Jika pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang baik di toko online-mu, peluang pelanggan melakukan repeat order terbuka lebar.

Menurut livework studio, 96% pelanggan yang merasa tidak puas tidak memberikan keluhan, namun 91% dari mereka akan pergi dan tidak kembali berbelanja lagi. Itu sebabnya, penting untuk kamu meningkatkan kepuasan berbelanja pelanggan toko online-mu agar kejadian buruk tidak terjadi. Tetapi, sebelum kamu bisa meningkatkan kepuasan berbelanja pelanggan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan kepuasan berbelanja pelanggan, seperti membuat pelanggan tidak menunggu sehingga kecewa, berperilaku sopan, dan masih banyak hal lainnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk, langsung simak pembahasannya di bawah ini.


1. Fast Respon

Salah satu yang membuat pelanggan puas berbelanja di sebuah toko online adalah respon online sellernya yang cepat dan tidak membuat pelanggan menunggu. Tujuan pelanggan berbelanja online adalah agar mereka tidak perlu menunggu waktu tertentu untuk berbelanja. Itu sebabnya, penting bagi kamu untuk merespon pelanggan dengan cepat.

Merespon secara cepat ini juga tentunya harus diiringi dengan tindakan dan tutur kata yang benar. Pasalnya, fast respon bukan hanya berlaku dalam hal membalas chat pelanggan, tetapi juga mengirim barang. Jika paket pesanan pelangganmu bisa datang tepat sesuai waktu estimasinya, pelanggan tentu akan senang, terlebih lagi saat paket pesanan pelanggan datang sebelum waktu estimasi sampainya, pelanggan akan merasa puas, dan tentu hal ini menjadikan nilai lebih untuk toko online-mu.


2. Ramah dan Dekat dengan Pelanggan

Pelanggan ingin dilayani dengan baik oleh online seller, maka dari itu mulailah dari hal yang membuat pelanggan merasa senang dan nyaman. Salah satunya adalah dengan berlaku ramah dan lebih dekat dengan pelanggan. Misalnya, jika kamu membalas chat pelanggan, sudah pasti kamu harus membalasnya dengan bahasa yang sopan dan baik.

Kamu juga bisa membalasnya dengan bahasa yang lebih santai, semuanya tergantung bagaimana target market-mu. Jika target market-mu adalah anak muda, kamu mungkin bisa lebih santai dan membuat beberapa jokes yang sedang digemari oleh anak muda. Atau menggunakan bahasa-bahasa yang kekinian. Tetapi hal ini tentu tidak dapat kamu lakukan ketika berhadapan dengan orang dewasa atau orang tua.

Selain itu, agar untuk memberikan kesan ramah, selipkanlah emoji di setiap chat. Biasanya, online seller akan menggunakan emoji-emoji berikut untuk membalas chat pelanggan: 😊☺️😉😁😄. Penggunaan emoji-emoji tersebut tentunya disesuaikan dengan balasan chat-mu ya. Pelanggan akan lebih nyaman dan santai saat berbicara dengan online seller yang ramah, serta pelanggan akan segan dengan balasan chat online seller yang kurang bersahabat, hal tersebut bisa menjadikan pelanggan enggan berbelanja di toko online-mu lho. Maka dari itu, penting untuk bersikap ramah dan dekat kepada pelanggan.


3. Menerima Saran dan Kritik Pelanggan

Bukan hal yang aneh apabila online seller mendapatkan saran atau bahkan kritikan dari pelanggan. Hal tersebut sudah menjadi resiko online seller dalam berjualan online. Maka dari itu, terimalah setiap saran dan kritikan apapun dari pelanggan.

Justru, dengan adanya saran dan kritikan pelanggan, toko online-mu bisa jadi lebih baik lagi. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih kepada pelanggan yang sudah memberikan saran maupun kritikan. Ingat, untuk merespon pelanggan dengan sopan dan baik, sekalipun mungkin kritikan pelanggan sedikit tidak enak di hati, namun tetaplah berusaha bersikap baik pada pelanggan. Dengan begitu, keprofesionalitasanmu sebagai online seller akan terlihat oleh pelanggan.


4. Berikan Reward

Siapa yang tidak senang diberi hadiah? Begitupun pelanggan. Pelanggan akan sangat senang jika mendapatkan hadiah dari online seller. Tidak perlu hadiah yang mewah, dimulai dari hal sederhana pun sudah bisa memberikan kesan di hati pelanggan.

Terutama, jika pelanggan tersebut sudah berlangganan di toko online-mu, sebaiknya untuk mempertahankan pelanggan tersebut, berikanlah reward. Reward bisa bermacam-macam jenisnya, tinggal kamu sesuaikan dan atur sebaik mungkin. Misalnya, kamu membuat kartu belanja pelanggan menggunakan stempel, jadi pelanggan bisa mendapatkan reward dengan mengumpulkan stempel tersebut. Pelanggan bisa mendapat stempel saat berbelanja di toko online-mu, misal satu stempel berlaku untuk satu kali transaksi. Saat jumlah stempel sudah memenuhi syarat, pelanggan akan mendapat reward dari toko online-mu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan reward pelanggan dengan memberikan satu barang yang paling pelanggan sukai di toko online-mu, atau memberikan barang best seller pada pelanggan. Semua cara tersebut bisa kamu sesuaikan dan pikirkan secara matang. 


Ternyata, memberikan reward adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan berbelanja pelanggan di toko online. Reward untuk pelanggan bisa diberikan dalam beberapa bentuk, slaah satunya dengan promosi spesial. Kalau sampai sekarang kamu masih bingung bagaimana caranya membuat reward dalam bentuk promosi yang bisa disesuaikan dengan pelanggan, berarti kamu belum tahu aplikasi Halosis.

Dengan Aplikasi Halosis kamu bisa membuat dan menyesuaikan promo dengan pelanggan. Atur promo untuk pelanggan tertentu jadi lebih mudah. Selain itu, masih ada banyak fitur aplikasi Halosis lainnya yang bisa memudahkanmu berjualan online, seperti manajemen order 24 jam, hitung ongkir otomatis, laporan penjualan dan masih banyak lagi.

Dengan aplikasi Halosis, penjualan online-mu bisa maksimal tanpa harus ribet dan kebanyakan mikir. Yuk, bikin akun aplikasi Halosis sekarang! 

Leave a Reply