4 Strategi Balas Chat Pelanggan

Halosis.co.id, Jakarta – Salah satu bentuk komunikasi dengan pelanggan adalah melalui chat. Chat menjadi sangat penting karena merupakan perantara antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual-beli. Sebagai online seller, respon kamu sangat penting dan dapat mempengaruhi psikologi belanja pelanggan. Respon yang baik menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan bagi pelanggan.

Komunikasi yang baik dengan calon pelanggan akan membuka peluang penjualan, sedangkan bagi pelanggan akan membuka peluang melakukan repeat order. Oleh sebab itu, chat bukanlah suatu hal yang remeh, karena mampu mempengaruhi bagaimana kesan pelanggan terhadap toko online-mu, bagaimana performa pelayananmu, serta pengalaman berbelanjanya. 

chat merupakan pelanggan tidak Karena itu, kamu tidak bisa asal-asalan dalam membalas chat. Kamu harus benar-benar memperhatikan cara merespon pelanggan, seperti: bahasa yang digunakan, kecepatan dalam membalas, serta hal-hal lainnya. Supaya pelanggan jadi mau mendapatkan impresi yang baik darimu, yuk, simak strategi membalas chat pelanggan di bawah ini.


1. Fast Respon

Kunci pertama untuk menyenangkan hati pelanggan adalah dengan memberikan respon yang cepat. Pelanggan akan menjadi tidak sabaran jika sedang berhadapan dengan sesuatu yang mereka inginkan. Jangan sampai pelanggan menunggu terlalu lama, segeralah membalasnya, batas maksimal pelanggan menunggu adalah sekitar 20 menit.

Merespon pelanggan dengan cepat merupakan langkah awal agar komunikasimu dengan pelanggan berjalan lancar. Dengan komunikasi yang berjalan lancar, maka besar kemungkinan pelanggan akan melakukan transaksi jual-beli di toko online-mu. Selain itu, jika kamu merespon pelanggan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan berpengaruh buruk juga terhadap penilaian toko online-mu di mata pelanggan. 

Selain itu, biasanya dalam penilaian sebuah toko online, hal yang sangat berpengaruh adalah respon dari sebuah toko online, di luar penilaian produk. Karena, pelanggan akan senang jika diberikan pelayanan terbaik. Juga hal tersebut dapat mempengaruhi calon pelanggan untuk melakukan transaksi di toko online-mu.


2. Standby di Semua Platform

Agar tidak ada chat yang terlewatkan, sebaiknya kamu selalu standby di semua platform berjualan online yang kamu gunakan. Pastikan kamu sudah membuka semua tab toko online-mu sebelum membalas chat pelanggan, agar lebih mudah untuk memeriksanya. Karena jika ada chat pelanggan yang terlewatkan dari salah satu platform yang kamu gunakan, maka kamu juga sudah melewatkan peluang pemesanan dari pelanggan. Hal tersebut tentu akan sangat disayangkan jika terjadi.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu rajin mengecek pemberitahuan dan kotak masuk dari setiap platrform yang digunakan. Cobalah untuk sering mengeceknya, minimal dalam selang waktu 15-30 menit. Jangan pernah bosan untuk mengeceknya, karena kita tidak tahu kapan kesempatan itu akan datang. 


3. Gunakan Emoji

Emoji sudah menjadi bagian dari chat dan media sosial. Pelanggan akan lebih nyaman dan suka untuk chatting dengan online seller yang ramah. Maka dari itu, selipkanlah emoji seperti: 😊🤗 agar pelanggan tidak merasa canggung. Selain itu, menggunakan emoji juga melepas kesan kaku dan terkesan lebih friendly.

Jika kamu membalasnya dengan singkat dan tidak menggunakan emoji, maka pelanggan akan berpikir bahwa kamu adalah online seller yang jutek dan tidak ramah. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian di toko online-mu lho. Gunakan emoji yang sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan.


4. Buka Hingga Malam

Agar pelanggan dapat tetap mengorder di toko online-mu sekalipun di malam hari, bukalah toko online-mu hingga malam. Namun, pernyataan tersebut juga harus kamu pertimbangkan, karena tidak mungkin jika kamu melakukannya sendiri setiap hari. Hal tersebut tentu akan mengganggu jam istirahatmu, juga kesehatanmu. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, kamu harus menjaga kesehatan.

Sebaiknya, kamu memanfaatkan teknologi yang ada, seperti: chatbot. Dengan menggunakan teknologi tersebut, kamu tidak perlu khawatir lagi chat pelanggan tidak terbalas, atau ada kesempatan orderan yang terlewatkan. Chatbot dapat bekerja lebih cepat daripada manusia dalam memberikan jawaban terkait data dan permintaan pelanggan. 

Membuat pelanggan menjadi berlanggan memang tidak mudah, diperlukan kerja ekstra. Tapi, kamu gak usah khawatir, karena saat ini untuk memaksimalkan pelayanan jualan online-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halosis. Salah satu fiturnya adalah chatbot yang tentu akan sangat membantu kamu dan membuat berjualan online jadi lebih praktis. Juga masih banyak fitur-fitur dalam aplikasi Halosis yang dapat meringankan pekerjaanmu, seperti: mengelola stok barang, membuat laporan penjualan, bahkan mengelola promo untuk pelangganmu. Gimana, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis


Nah itu dia tadi, 4 strategi balas chat pelanggan biar jadi berlangganan. Seperti yang kita tahu bahwa pelanggan adalah raja, maka kamu harus memberikan pelayanan terbaik terhadapnya. Jika kamu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, bukan hanya pelanggan saja yang diuntungkan, tetapi kamu juga. Karena dengan begitu, maka citra toko online-mu akan meningkat dan membuat penilaian performa pelayanan toko online-mu bagus di mata pelanggan. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply