7 Kata Ajaib yang Bisa Bikin Jualan Online Laku!

Halosis.co.id, Jakarta – Copywriting memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pelanggan. Itu sebabnya, penggunaan kata-kata untuk berkomunikasi dengan pelanggan harus kamu perhatikan. Bukan hanya dalam berkomunikasi melalui chat, tetapi juga dalam menuliskan deskripsi produk, membuat promosi, serta konten jualanmu.

Jika kamu ingin jualan online-mu laku, mulailah untuk lebih memperhatikan setiap kata yang digunakan dalam berjualan. Kamu harus tahu, kata-kata apa saja yang dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat dan memungkinkannya untuk segera melakukan pembelian.

Nah, supaya kamu lebih tahu kata-kata apa saja yang bisa bikin jualan online-mu laris manis, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Gratis

Dengan menggunakan kata gratis, promo yang kamu buat akan terlihat sangat menguntungkan. Kata gratis memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kondisi psikologis pelanggan saat berbelanja. Menggunakan kata ‘gratis’ mampu menarik calon pelanggan untuk mau tahu lebih lanjut akan produkmu atau bahkan mencoba membelinya.

Sebagai contoh, jika kamu menjual baju, celana, serta sabuk seharga Rp250.000 Mungkin secara sekilas, promo ini tidak akan terlalu menarik. Namun kalau kamu menggunakan kata gratis, seperti “Beli baju dan celana seharga Rp250.000 gratis sabuk ikat pinggang”, akan terlihat jauh lebih menarik. Padahal kamu menawarkan barang dengan nominal yang sama, namun ketertarikan pelanggan berbeda. Dengan menambahkan kata gratis, pelanggan terhipnotis untuk membeli.

Kata gratis juga bisa digunakan dalam versi lain, sepert: gratis ongkir, atau beli 1 gratis 1. Penggunaan kata gratis ongkir akan menarik perhatian pelanggan karena harga total belanja adalah harga sesungguhnya, tanpa ada biaya tambahan ongkir. Sedangkan untuk penggunaan kata beli 1 gratis 1 ini sepertinya sudah sangat familiar di telinga pelanggan dan tentu merupakan penawaran menarik karena pelanggan cukup membayar 1 produkmu tapi mendapat 2 produk. 


2. Bonus

Tidak jauh berbeda dengan kata ‘gratis’, kata sakti dalam marketing yang selanjutnya adalah bonus. Penggunaan kata bonus dalam sebuah promo toko online-mu pun juga berpengaruh tak kalah besar. Pasalnya, pelanggan akan merasa senang jika ia membeli produkmu lalu mendapat tambahan lainnya sebagai bonus. 

Bonus ini bisa berupa produk yang sama dengan produk yang dibeli, atau bisa juga produk lainnya yang mendukung produk yang dibeli. Misalnya, jika produk yang dibeli adalah smartphone maka sebagai bonusnya bisa berupa aksesoris handphone seperti case atau headset.

Atau kamu juga bisa memberikan bonus produk yang tidak berkaitan dengan produk yang dibeli pelanggan. Kamu bisa memberikan produk yang memiliki stok masih banyak. Hal tersebut diterapkan agar tidak ada produk yang terbuang. Selain itu, hal tersebut juga membantu kamu untuk menyeimbangkan stok barang yang satu dengan yang lain. 


3. Asli

Pelanggan dengan gengsi besar akan memilih untuk membeli barang yang asli dibandingkan dengan barang KW atau tiruan. Karena itu kata ‘asli’ akan sangat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli. Namun kamu juga tidak boleh membohongi pelangganmu dengan menggunakan kata ‘asli’ untuk menjual barang KW. Karena cepat atau lambat, originalitas suatu barang pasti akan teruji.

Keaslian suatu produk dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan karena adanya perasaan bangga ketika bisa membelinya. Sekalipun bukan pelanggan yang memiliki gengsi tinggi, dengan membeli dan menggunakan produk asli, pelanggan akan mendapat kepuasan tersendiri. Pelanggan yang mengutamakan kualitas barang juga akan mencari barang yang original. Itu sebabnya penting untuk menyantumkan kata asli atau original dalam deskripsi produkmu.


4. Aman

Agar meyakinkan pelanggan untuk membeli barang jualanmu, kamu bisa menggunakan kata aman. Kata aman akan memberi kesan terjaga dan mengutamakan keselamatan pelanggan. Pada dasarnya, pelanggan mengininkan keamanan saat membeli sebuah produk secara online.

Sebagai contoh: jika kamu menjual kosmetik, kamu bisa menyelipkan kata ‘aman’ untuk semua jenis kulit (tentunya sesuai dengan kenyataan). Kata-kata tersebut akan meyakinkan pelanggan bahwa produkmu aman dan dapat dipercaya. Selain itu juga, kamu bisa menggunakan kata aman jika ingin berbicara tentang pengemasan produkmu. Misalnya: produk ini aman, karena pengemasannya menggunakan bubble wrap. Menjaga kualitas barang dengan packing yang rapi dan aman merupakan salah satu bentuk tindakan dari kata aman. 


5. Dijamin


Kata dijamin bisa memicu emosional pelanggan seperti keamanan dan kepercayaan. Pada dasarnya, pelanggan takut untuk rugi atau mendapati barang yang dibelinya tidak sesuai dengan ekspektasi. Dengan menjamin pembelian pelanggan berarti kamu mengurangi kemungkinan resiko kerugian yang akan dialami oleh pelanggan. Maka dari itu, sangat penting untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap toko online-mu dengan menggunakan kata dijamin. 

Selain kata dijamin, kata yang masih memiliki makna yang sama adalah kata ‘garansi’. Kata ini sering digunakan dalam sebuah promosi sebagai jaring pengaman atau sebuah janji dari online seller untuk pelanggan, bahwa mereka akan puas dengan pembeliannya.

Kepuasan pelanggan menjadi hal utama yang harus dijamin oleh online seller. Jika pelanggan puas dengan toko online-mu, maka kemungkinan pelanggan akan melakukan repeat order, dan bagi calon pelanggan tentu akan menimbulkan rasa ingin membeli produkmu.


6. Murah

Kata selanjutnya yang digemari oleh pelanggan adalah kata murah. Keyword ini seringkali digunakan oleh beberapa toko online agar barang jualannya laku dan mudah dicari. Biasanya pelanggan akan menambahkan kata ini saat mencari produk yang ingin dibelinya. Alasan utamanya tentu saja untuk mendapatkan harga terbaik dari suatu produk.

Jika kamu menggunakan kata murah, maka kamu telah membuka pintu peluang agar lebih banyak pelanggan yang mampir ke toko online-mu. Dengan begitu, setidaknya kamu telah menarik pelanggan untuk melihat produkmu dan berkunjung ke toko online-mu. Namun, penggunaan kata murah tidak bisa digunakan begitu saja, tetap harus didukung kata lainnya.

Kata murah ini bisa dijadikan kata utama untuk menarik perhatian pelanggan, namun setelahnya tetap buat pelanggan percaya bahwa kualitas barangmu juga baik. Misalnya sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kata-kata di poin-poin sebelumnya, seperti: murah dan asli, atau murah dan aman, atau bisa juga murah tapi gak murahan. 


7. Terpercaya

Selain kata-kata di atas, kata berikut juga memiliki peran penting yang bisa bikin jualan online-mu laku, yaitu terpercaya. Kata ‘terpercaya’ memberikan kesan bahwa toko online-mu memiliki reputasi yang bagus. Jika reputasi bagus, maka pelanggan akan lebih percaya untuk melakukan transaksi pembelian.

Penggunaan kata terpercaya ini memberikan suatu keyakinan pada pelanggan bahwa produkmu tidak perlu diragukan lagi. Dengan kata terpercaya, kepercayaan pelanggan terhadap produkmu memiliki manfaat yang baik baginya akan meningkat. Selain itu, jika pelanggan sudah membeli produkmu dan merasa puas, maka pelanggan akan mempromosikannya tanpa diminta kepada teman-temannya. Oleh karena itu, sangat penting mendapat kepercayaan dari pelanggan. 


Nah itu dia tadi, 7 kata ajaib yang bisa bikin jualan online kamu laku. Namun, yang paling terpenting di atas semuanya itu adalah kejujuran. Kamu harus tetap memiliki integritas dalam berjualan online. Kamu tidak bisa asal sembarangan menggunakan kata dengan kenyataan yang tidak sesuai, itu berarti kamu tidak bertanggungjawab. Tetaplah berkata jujur dengan menggunakan bahasa yang semenarik mungkin. Dengan begitu, maka jualan online-mu bisa laku. 

Berjualan online memang tidak mudah. Selain harus memikirkan promosi, kamu juga masih harus memikirkan persoalan pengelolaan toko online. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk mempermudah kamu dalam berjualan online, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Halosis. Fitur-fitur aplikasi Halosis akan membantu kamu mengelola toko online dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Daftar dan gunakan aplikasi Halosis sekarang juga!

Leave a Reply