6 Tips Jualan Baju Online Laku Keras

Halosis.co.id, Jakarta – Kamu punya bisnis online di bidang fashion, khususnya pakaian? Atau kamu tertarik untuk menjual barang-barang fashion? Pilihanmu tidak salah karena produk fashion memang merupakan produk yang paling diminati dan banyak dicari baik secara offline maupun online.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, tren penjualan produk fashion secara online kian meningkat. Pasalnya pencarian produk fashion secara online bisa dikatakan jauh lebih mudah dan praktis. Varian yang tersedia pun biasanya lebih banyak karena kamu bisa melihat semua produk yang dijual melalui katalog atau pun media sosial toko online yang kamu minati.

Nah, agar penjualan toko online-mu semakin meningkat, kamu harus memperhatikan hal-hal penting seperti promosi penjualan, dan strategi dalam memasarkan produk fashion yang kamu jual. Untuk lebih lengkapnya, mari simak beberapa tips untuk meningkatkan penjualanmu berikut ini:


1. Foto Produk dengan Kualitas yang Baik

Faktor utama yang mendorong orang membeli produk fashion secara online adalah karena visualnya. Karena itu, foto produk memegang peranan yang sangat penting dalam menjual produk fashion. Foto produk dengan kualitas yang baik pasti akan terlihat lebih menarik.

Selain itu, kebanyakan pelanggan lebih menyukai produk pakaian digunakan model dibanding sekedar digantung atau dilipat saja. Alasannya adalah karena calon pembeli jadi jauh lebih mudah untuk membayangkan produk asli yang kamu jual apabila dikenakan.

Namun, selain hal tersebut, kamu juga harus memperhatikan angel pengambilan gambar produkmu, pencahayaan, resolusi foto, serta simple editing foto. Mulailah dengan hal kecil seperti memperhatikan kualitas foto ini jika kamu mau usaha pakaian online-mu laku keras. 


2. Membuat Katalog

Untuk mempermudah pelanggan membeli pakaian di toko online-mu, cobalah buat katalog produk yang bisa kamu bagikan di sosial media. Dengan melakukan hal ini, usaha pakaian online-mu jadi terlihat lebih rapi dan terpercaya. Pelanggan akan dimanjakan dengan visual-visual produkmu, sehingga membuka peluang untuk pelanggan membelinya.

Selain itu, fungsi dari sebuah katalog adalah untuk menampilkan produkmu secara lebih detail dan lengkap, misalnya menampilkan beberapa variasi warna, juga detail bahan.

Kalau kamu berjualan di media sosial, sebaiknya kamu memisahkan akun media sosial utama dan akun katalog. Jika diunggah di akun media sosial utama toko online-mu tentu jadi terlalu banyak. Kamu juga bisa membuat akun khusus untuk katalog produkmu baik di instagram maupun whatsapp untuk mempermudah pelanggan mengakses informasi produkmu.


3. Menghadirkan Inovasi

Walaupun peminatnya sangat banyak, penyedia produk fashion di dunia online juga tidak kalah banyaknya. Karena itu kamu harus membuat sebuah inovasi yang mampu menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja di toko online-mu.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat model baju yang saat ini sedang tren saat ini, lalu kamu membuat sedikit modifikasi untuk menjadikan produkmu lebih istimewa. Kamu juga bisa membuat produk percobaan dengan hasil desainmu sendiri, atau bahkan menjual produk lain yang memiliki motif yang sama dengan baju yang kamu jual. 


4. Punya Ciri Khas

Tips berikutnya adalah membangun sebuah ciri khas. Ciri khas bisa datang dari berbagai hal, misalnya dari produk yang kamu jual atau cara pengemasannya. Produk yang unik dan memiliki model terbatas misalnya, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Jika kamu belum mampu membuat ciri khas pada produkmu, kamu isa mendapat nilai lebih dari bentuk kemasan.

Kamu bisa mencoba mengemas produk dengan lebih estetik. Sebagai contoh, kamu bisa mengemas produkmu dengan gaya membungkus kado, atau menyelipkan sebuah kartu ucapan dengan gaya hand lettering, sehingga pelanggan merasa dirinya sangat spesial. Dengan hal tersebut, pelanggan akan merasa seperti mendapat sebuah kiriman hadiah kalau belanja di toko online-mu. 


5. Buat Promo Menarik

Bukan hanya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan produk saja, ternyata yang tidak kalah penting adalah cara pemasarannya. Pelanggan akan dengan mudah teralihkan perhatiannya saat ada penawaran yang menarik.

Karena itu, buatlah pemasaran yang unik untuk menarik perhatian pelangganmu seperti penawaran terbatas, promo bundling, diskon, atau promosi lainnya. Sebaiknya kegiatan promo ini dilakukan minimal 3 bulan sekali.


6. Pakai Jasa Endorser


Beriklan menjadi salah satu kewajiban seorang pengusaha. Untuk lebih banyak menarik pelanggan dan membuat produkmu laku keras, kamu bisa memasang iklan produkmu di sosial media. Buatlah visual iklan yang menarik sehingga mudah dilihat oleh pelanggan. Untuk menampilkan visual yang menarik, kamu bisa lho menggunakan jasa endorser.

Saat ini, penggunaan jasa endorser sangat berpengaruh bagi bisnis fashion. Produk fashion merupakan salah satu produk yang paling banyak diendorse oleh artis atau selebgram. Pengaruh yang besar ini tentu akan memberikan peluang lebih besar pada penjualan pakaianmu. Dengan menggunakan jasa endroser, produk kamu akan lebih mendapat banyak engagement.


Itu dia tips biar jualan pakaian online-mu bisa laku keras. Sekarang kamu jadi lebih tahu deh cara biar pakaian online yang kamu jual lebih laku. Jangan lupa untuk terus berinovasi dan up-to-date dengan dunia fashion.
Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply