6 Tips Memilih Selebgram yang Tepat Untuk Online Shop

Halosis — Sebelumnya, Halosis pernah membahas mengenai tips memilih model endorse di YouTube, Instagram, dan Twitter, kali ini Halosis akan fokus membahas mengenai tips memilih selebgram yang tepat untuk online shop Anda. Kebanyakan online shop memang sudah tahu bagaimana cara kerja endorse artis, namun terkadang belum memilih influencer atau selebgram yang tepat untuk bisnis online shopnya. Sebenarnya apa saja kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih selebgram?

(Sumber foto: https://starngage.com/top-30-fashion-influencer-di-indonesia/)

1. Track record

Jika Anda sudah memilih selebgram untuk diajak bekerja sama, cek timeline Instagram-nya terlebih dahulu, apakah selebgram tersebut pernah endorse produk atau usaha sejenis dengan yang ingin Anda promosikan. Jika pernah mempromosikan produk sejenis, bagaimana hasilnya jika dilihat dari engagement seperti jumlah likes dan comments di Instagram post tersebut. Jika belum pernah mempromosikan produk sejenis, perhatikan beberapa posting selebgram yang lain untuk jadi patokan, namun perlu diingat juga bahwa hasilnya dapat berbeda antara promosi produk satu dengan lainnya.

 

2. Interaksi

Carilah selebgram yang suka membalas komentar dari followersnya. Selebgram yang rajin berinteraksi dengan followers biasanya memiliki followers yang lebih sering memberikan komentar, sebaliknya selebgram yang jarang berinteraksi dengan followers biasanya hanya mendapatkan jumlah komentar yang lebih sedikit.

Tidak hanya itu saja, interaksi yang bagus juga bisa dilihat dari tulisan caption menarik yang ditulis oleh selebgram. Ada selebgram yang suka menuliskan caption lucu, ada juga yang suka menulis caption panjang seperti sedang bercerita. Salah satu interaksi yang baik adalah yang mengajak followersnya untuk melakukan sesuatu, seperti tag teman, memberikan komentar, atau menjawab pertanyaannya, sehingga tingkat interaksinya lebih tinggi dibanding yang lain.

(Sumber foto: http://www.indonesiatatler.com/fashion-beauty/fashion/5-fashion-influencers-that-will-inspire-your-wardrobe)

3. Background

Ketahuilah apa hobi selebgram yang ingin Anda ajak bekerja sama, pilihlah selebgram yang memiliki ketertarikan yang sama dengan bisnis Anda. Karena, followers akan mencari referensi dari selebgram yang latar belakangnya sesuai. Ketika selebgram mempromosikan produk yang mereka sukai, maka promosi tersebut lebih terlihat alami karena followersnya pun tahu kalau mereka memiliki hobi dalam hal tersebut karena timeline mereka juga diisi dengan posting yang serupa.

 

4. Pengguna Instagram Business

Pilih selebgram yang sudah menggunakan Instagram Business, supaya Anda bisa meminta laporan statistik Instagramnya. Jika diperlukan, Anda juga bisa meminta laporan aktivitas atau followers Instagram-nya, seperti lokasi, rentang umur, jenis kelamin, dan jam aktif followersnya.

(Sumber foto: http://www.indonesiatatler.com/fashion-beauty/fashion/5-fashion-influencers-that-will-inspire-your-wardrobe)

5. Kooperatif

Sebaiknya pilih selebgram yang tidak memiliki prosedur terlalu panjang dan rumit. Kebanyakan selebgram yang sudah terlalu terkenal biasanya memiliki banyak antrian posting, sehingga membutuhkan banyak waktu untuk dipromosikan. Pilih selebgram yang mudah diajak kerja sama, supaya produk yang dipromosikan juga difoto dan diupload dengan baik dan jelas.

 

6. Waktu keep photo

Kebanyakan selebgram memiliki batas waktu untuk keep photo endorsement di timeline mereka. Tanyakanlah batas waktu kepada selebgram supaya Anda tidak kaget saat photo atau video Anda tiba-tiba hilang dari feed selebgram tersebut.

 

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk memilih selebgram yang tepat sesuai dengan bisnis online Anda ya!

Leave a Reply