Cara Mengurangi Customer Hit & Run di Online Shop

Halosis.co.id – Istilah Hit and Run bukanlah hal yang baru lagi untuk mereka yang aktif berjualan atau belanja online. Dalam Bahasa Indonesia, Hit and Run artinya adalah tabrak lari, sebutan ini diberikan untuk calon pelanggan yang telah melakukan konfirmasi untuk membeli suatu produk, tetap tidak melakukan pembayaran.

Tidak sedikit online shop yang akan memblokir atau blacklist customer yang sering melakukan hit and run. Memang lelah rasanya untuk menanggapi banyak customer sekaligus namun ada banyak juga yang hit and run. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi customer melakukan hit and run, seperti berikut:

 

Terlalu hard-selling

Ada customer yang baru menanyakan mengenai produk yang dijual, dan sebagai penjual pasti ada keinginan untuk mempromosikan banyak jenis produk. Sebaiknya pelajarilah produk apa yang customer inginkan, sehingga tidak menawarkan terlalu banyak produk dan membuat customer bingung.

 

Jangan terlalu mendesak

Memaksakan customer untuk membeli suatu produk sebaiknya jangan dilakukan, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan informasi mengenai produk sehingga customer bisa tertarik untuk melakukan pembelian. Jika customer merasa terpaksa untuk membeli suatu produk, mereka dapat merasa risih dan berakhir menjadi customer hit and run.

 

Ingatkan customer

Secara sopan dan halus, ingatkan customer mengenai order yang sudah dibuatnya, karena ada kemungkinan pelanggan lupa untuk melakukan transfer atau kehilangan contact online shop Anda.

 

Jangan langsung blacklist

Jika customer memang tidak jadi melakukan pembelian, sebaiknya tidak langsung diblacklist atau diblokir contact-nya, informasikan kepada customer kalau Anda tidak bisa menahan produk lebih dari 1×24 jam, dan produk yang sebelumnya diorder akan dijual kepada customer lain. Ada kemungkinan mereka akan menjadi pembeli di kemudian hari, jadi sebaiknya tetap jaga hubungan baik dengan customer, dan tidak perlu menyebarluaskan customer yang diblacklist.

 

Berikan penawaran khusus

Jika customer terlihat sangat tertarik dengan produk Anda namun tiba-tiba menghilang, cobalah untuk follow up kembali dengan sopan, bahkan bisa dengan memberikan penawaran khusus, seperti potongan harga atau gratis ongkir. Dijamin hal ini akan bikin customer berpikir dua kali untuk membatalkan ordernya.

 

Semoga dengan cara-cara ini online shop Anda bisa mengurangi tingkat hit and run yang dilakukan customer. Jika butuh bantuan admin untuk follow up customer dan mengurus orderan online shop Anda, cobalah gunakan jasa admin online shop.

Leave a Reply