Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pemilik Online Shop

Halosis.co.id, Jakarta – Sekarang ini online shop sudah menjadi sumber penghasilan anak muda dengan modal minim, karena online shop tidak membutuhkan toko fisik untuk memajang barang, hanya mengandalkan beberapa aplikasi sosial media seperti Instagram dan Facebook sebagai toko online. Ada juga system reseller atau pre-order dimana pemilik online shop tidak perlu mengeluarkan uang untuk stok barang, makanya gak heran kalau sekarang ini online shop sedang menjamur di sosial media.

Supaya jualan online semakin laris, Anda harus memiliki beberapa aplikasi yang menunjang untuk memantau transaksi dan mengolah materi posting, seperti:

 

Online Chatting

Tentuny Anda memerlukan aplikasi online chatting tersendiri untuk menerima pesanan dan menjawab pertanyaan dari customer Anda. Sekarang ini ada banyak aplikasi online chatting yang bisa digunakan oleh pemilik online shop karena tidak hanya digunakan untuk chatting saja, namun dilengkapi dengan fitur broadcast message, album foto, bahkan statistic pengikut.

Rekomendasi: Line@, WhatsApp, BBM, Line

 

Mobile Banking

Karena tidak memiliki toko fisik, tentunya Anda tidak akan menerima uang cash, melainkan menerima transaksi berupa transfer uang antar bank. Makanya aplikasi mobile banking untuk melakukan cek transaksi yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan. Sebelum menggunakan aplikasi mobile banking, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai bengguna mobile banking tersebut.

Rekomendasi: BCA Mobile, CIMB Clicks, BNI Mobile Banking, Mandiri Online, dll

 

Edit Foto

Foto merupakan salah satu factor utama yang membuat calon pembeli tertarik dengan produk Anda, jadi pastikanlah foto yang dipasang memiliki kualitas tinggi dan enak dilihat. Tergantung dari produk yang dijual, tapi calon pembeli buth informasi detail mengenai tampilan depan, samping, atau belakang produk yang dijual. Supaya tidak mengunggah banyak foto dalam satu periode dan mengganggu timeline pengikut Anda, sebaiknya gunakan kolase foto untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Hal ini juga berguna untuk mempermudah saat menulis keterangan, sehingga customer tidak perlu bingung mencari contoh tampilan produk. Selain itu, terkadang juga diperlukan editing untuk meningkatkan kecerahan foto.

Rekomendasi: VSCO Cam, PhotoGrid, Pic Collage, PicsArt, Adobe Photoshop Lightroom

 

Watermark

Supaya foto katalog tidak dicuri saingan, sebaiknya pasang watermark berupa logo online shop Anda.

Rekomendasi: InstaMark, My Watermark, Ezy Watermark

 

Save Instagram Post

Kalau Anda adalah reseller, tentu Anda butuh mengambil foto produk milik supplier, Anda harus rutin menyimpan dan mengunggah foto yang dimiliki oleh supplier Anda. Sedangkan jika Anda adalah pemilik online shop yang sering melakukan kerjasama dengan selebgram, gunakan aplikasi ini untuk repost foto ke akun milik Anda sendiri.

Rekomendasi: Instaave, Insta Download, Save & Repost for Instagram, Repost for Instagram

 

Leave a Reply